Cara Mengatasi Aplikasi Keluar Sendiri di Android

Cara Mengatasi Aplikasi Keluar Sendiri di Android

Pernahkah kamu mengalami masalah dimana aplikasi Android tiba-tiba keluar sendiri? Masalah seperti ini memang menjadi hal yang membingungkan karena pikiran kita terfokus untuk menyalahkan ponsel, dan memiliki keinginan untuk membantingnya sesekali.

Padahal tidak seluruhnya masalah ini disebabkan karena spesifikasi ponsel yang kurang mumpuni, justru bisa saja hanya masalah sepele dari kompatibilitas aplikasi yang kurang cocok dengan ponselnya atau hanya sebatas dari sisi aplikasi saja.

Dan apabila kamu mengalami masalah ini, ada beberpa solusi mudah yang bisa kamu lakukan, silakan simak solusinya mulai dari yang pertama.

Mengatasi Aplikasi Android Keluar Sendiri

1. Restart HP

Coba cara yang paling mudah terlebih dahulu, yaitu me-restart atau memulai ulang ponselnya. Karena bisa saja masalahnya hanya berupa kegagalan sistem sementara yang mengakibatkan aplikasi keluar-keluar sendiri, jadi bukan disebabkan karena sisi aplikasi.

Memulai ulang perangkat diyakini bisa mengatasi berbagai macam kesalahan sistem sementara. Contohnya WiFi bermasalah, signal susah muncul, atau bahkan interaksi pada aplikasi seperti tidak bisa menghubungkan VPN pada suatu aplikasi.

2. Hapus Cache dan Data Aplikasi

Langkah kedua adalah menghapus cache dan juga data sekaligus pada aplikasi. Dengan menghapusnya tidak akan mempengaruhi terhadap akun pada dalam aplikasi tersebut karena telah tersimpan secara online. Sedangkan yang dihapus hanyalah data internal saja. Jadi tidak perlu khawatir.

Kecuali jika jenis aplikasi yang kamu hapus adalah sebuah game offline, maka hal ini akan mempengaruhi progress permainan didalamnya yang harus mengulang dari awal. Tapi ingat, itu hanya berlaku pada game offline, tapi tidak berlaku pada game online.

Untuk menghapus cache dan data sangatlah mudah, silakan menuju Pengaturan > Aplikasi > Pilih Nama Aplikasinya > Ketuk pada opsi Hapus Cache dan Data. Dan selesai, setelah itu coba untuk membuka aplikasinya, apakah kini sudah tidak keluar lagi?

3. Pasang Ulang Aplikasi Melalui Play Store

Masalah kompatibilitas bisa saja menjadi penyebab mengapa aplikasi tersebut keluar sendiri. Kebanyakan orang yang mengalami hal ini adalah mengunduh berkas aplikasi (APK) melalui website yang mana tidak tahu betul apakah itu cocok untuk ponselnya atau tidak.

Untuk mendapatkan kecocokan versi aplikasi sesuai ponselnya, sangat disarankan untuk memasangnya kembali melalui Play Store. Dan kecocokan yang diterapkan pada Play Store ini tidak dilihat sebatas dari merk ponsel, melainkan dari sisi hardware ponsel.

Jadi apa yang harus dilakukan? Silakan hapus terlebih dahulu aplikasinya, dan kemudian unduh kembali aplikasinya melalui Play Store.

4. Menggunakan Aplikasi Alternatif

Apabila sampai cara ke-tiga masih tidak mengatasi masalahnya, saya sangat merekomendasikan untuk memasang aplikasi alternatif dari itu, karena ada kemungkinan masalah ini memang disebabkan dari sisi spesifikasi ponsel yang kurang dari minimal kebutuhan aplikasi.

Contoh alternatifnya adalah memasang versi Lite. Itu merupakan versi mini dari suatu aplikasi dan kebanyakan media populer telah memiliki versi Lite tersebut.

Tak masalah menggunakan versi Lite atau Mini, karena kegunaannya sama saja. Karena kita tidak perlu memaksakan aplikasi besar untuk dijalankan pada ponsel dengan spesifikasi yang tergolong rendah, karena akan mengakibatkan force close atau keluar-keluar dengan sendirinya.

Baca juga: 5 Kegunaan Penting dari Aplikasi Antivirus


Tiga cara mudah itu dapat kamu coba, siapa tahu masalahnya terbilang ringan dan cara pertama pun bisa langsung berhasil. Kendala ini akan lebih sering di alami bagi pengguna yang meng-oprek ponselnya, salah satu contohnya adalah bergonta-ganti Custom ROM.

Jadi bisa disimpulkan bahwa tidak semua custom ROM itu mendukung untuk segala aplikasi, contohnya pada stock ROM kamu bisa memasang aplikasi Google Camera, namun pada Custom ROM aplikasi tersebut langsung keluar sendiri saat dibuka, jadi bisa disimpulkan bahwa ini merupakan kesalahan dari kompatibilitas.

Tapi hal itu juga bisa terjadi sebaliknya, misalnya stock rom tidak mendukung aplikasinya namun di custom ROM bisa. Inilah mengapa segala hal selalu memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri, bahkan untuk ponsel kelas atas sekalipun.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.