Cara Mengecek Tingkat SPAM Suatu Alamat IP

Cara Mengecek Tingkat SPAM Suatu Alamat IP

Setiap pengguna yang berselancar di internet jarang memikirkan terkait reputasi dari alamat IP yang ia gunakan, padahal itu sangat penting dan juga merupakan suatu privasi. Ketika alamat IP masuk daftar blacklist, itu akan sangat menyusahkan, karena beberapa aksi pada website akan dibatasi, mulai dari memasuki website tersebut, berkomentar, dan lain-lain.

Apakah kamu ingin mengetahui terkait alamat IP yang kamu gunakan saat ini terkena daftar blacklist? Jika iya, maka artikel ini sangat cocok untuk kamu. Karena di sini, saya akan menjelaskan apa itu spam, mengapa alamat IP bisa terkena spam, dan bagaimana cara mengecek tingkat spam pada suatu alamat IP.

Apa itu SPAM?

SPAM adalah aktivitas mengirimkan konten secara massal tanpa izin dari penerima. Tujuan dari SPAM biasanya adalah untuk mempromosikan produk atau jasa tertentu, atau untuk melakukan penipuan atau serangan siber. Aktivitas spam sangat merugikan karena bisa mengganggu privasi dan keamanan pengguna di internet.

Salah satu contoh melakukan spam adalah mengirimkan email ke banyak penerima secara terus-menerus. Contoh lainnya adalah berkomentar di banyak website dengan indikasi yang sama atau dalam tujuan promosi yang mana keluar dari topik pembahasan.

Mengapa Alamat IP Bisa Terkena SPAM?

Alamat IP adalah nomor unik yang diberikan kepada setiap perangkat yang terhubung ke internet. Alamat IP bisa digunakan untuk mengidentifikasi lokasi geografis, jenis perangkat, dan penyedia layanan internet (ISP) dari pengguna tersebut. Namun alamat IP juga bisa digunakan untuk melacak aktivitas online pengguna tersebut (namun terbatas).

Salah satu cara untuk melacak aktivitas online pengguna adalah dengan menggunakan database blacklist atau daftar hitam yang berisi alamat IP yang terindikasi sebagai pelaku SPAM. Database blacklist ini dikelola oleh organisasi-organisasi seperti Spamhaus, XBL, PBL, DBL, Zen Block List, dan masih banyak lagi. Database blacklist ini bisa digunakan oleh ISP atau pemerintah untuk memblokir akses ke layanan email atau konten lainnya dari alamat IP tersebut.

Mengecek Tingkat SPAM Suatu Alamat IP

Pertama-tama siapkan terlebih dahulu alamat IP yang akan di cek. Jika sudah, silakan ikuti beberapa langkah mudah di bawah ini:

  1. Buka website Spamhaus.
  2. Ketik alamat IP pada kolom yang tersedia di sana.

    Ketik Alamat IP

  3. Lalu klik tombol Lookup dan tunggu prosesnya selesai.
  4. Jika tampil notif “IP has no issues“, itu tandanya alamat IP tidak masuk daftar blacklist apa pun.

    Mengecek Tingkat SPAM Alamat IP

Jika alamat IP yang kamu cek terbukti masuk daftar blacklist, maka di sana akan tampil peringatan terkait apa penyebabnya. Dan apabila itu hanya 1 daftar saja, maka itu tidak menjadi masalah alias normal terjadi. Berbeda apabila masuk lebih dari 2 daftar, maka alamat IP tersebut sudah ditandai oleh banyak organisasi dan seharusnya untuk diganti.

Baca juga: Cara Mengecek Informasi Alamat IP Secara Lengkap

Bagaimana Jika Alamat IP Pribadi Masuk Daftar Blacklist?

Di Spamhaus, alamat IP dari beberapa ISP akan selalu masuk daftar blacklist, namun hanya masuk pada satu daftar saja yang mana itu normal. Tapi apabila sekiranya ada lebih dari satu daftar, maka sebaiknya untuk mengubah alamat IP yang digunakan saat ini dengan cara me-restart WiFi atau perangkat yang dipakai.

Solusi lainnya adalah memakai VPN untuk melindungi privasi alamat IP. Sehingga alamat IP yang kamu pakai terbebas dari tindakan spam yang menimbulkan masuk ke daftar blacklist.

Kesimpulan

Dengan mengetahui cara ini, kamu bisa lebih waspada untuk menghindari tindakan spam yang akan merusak reputasi alamat IP yang kamu gunakan. Ingat, selalu gunakan internet dengan bijak dan bertanggung jawab. Jika ada komentar dan saran, sangat dipersilakan untuk berkomentar.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *