Cara Cek Performa Situs Web Langsung dari Browser

Pernahkah kamu merasa kesal ketika sedang asyik-asyiknya berselancar di internet, tiba-tiba situs yang kamu kunjungi lelet banget? Atau mungkin kamu sebagai pemilik website itu merasa bingung kenapa pengunjung situs sepi-sepi aja? Nah bisa jadi masalahnya ada pada performa situs web kamu lho.

Performa situs web itu penting banget. Kecepatan website merupakan salah satu faktor utama yang dapat memengaruhi pengalaman pengunjung saat mengakses sebuah situs. Jika website lambat untuk dimuat, tentunya pengunjung cenderung akan merasa kesal dan meninggalkan situs tersebut.

Tapi tak perlu khawatir, sebagai pemilik website tersebut, kamu bisa memulai untuk mengetahui penyebabnya, salah satu caranya adalah dengan mengecek performa situs web langsung dari browser, dan ini sangat mudah sekali.

Cara Cek Performa Situs Web Melalui Browser

Karena kebanyakan browser berbasis Chromium, maka fitur untuk mengecek performa tersedia untuk banyak browser populer. Misalnya Chrome, Edge, Opera, dan lain-lain. Fitur tersebut terintegrasi dengan Lighthouse, yang mana merupakan salah satu layanan pengecek performa situs web oleh Google.

Berikut ini tata cara untuk mengecek performa situs web langsung dari browser, silakan simak dan ikuti dengan baik.

  1. Buka situs web yang ingin dicek.
  2. Kemudian tekan kombinasi tombol CTLR+SHIFT+I pada keyboard.
  3. Lalu dialog developer mode akan muncul, silakan menuju menu Lighthouse.

    Menuju Menu Lighthouse

  4. Apabila sudah, klik pada tombol Analyze page load.

    Memulai Pengecekkan Performa Situs Web

  5. Tunggu prosesnya selesai, dan hasil pengecekkan akan muncul.

    Mengecek Performa Situs Web Melalui Browser

Cara di atas hanya bisa diterapkan melalui perangkat desktop saja. Tapi jika kamu sedang menggunakan ponsel, masih bisa kok melakukannya dengan langsung mengunjungi Google Pagespeed Insight untuk melakukan pengecekkan.

Hasil mungkin akan berbeda sedikit jika dilakukan pengecekkan melalui layanan yang berbeda, sebab cara di atas langsung mengecek dari sisi browser. Jadi loading hingga menangkap script dan lain-lain langsung diterapkan dari browser dan koneksi internet kamu.

Cek Performa Website Menggunakan Layanan Pihak Ketiga

Sebenarnya ada banyak cara untuk mengecek performa situs web. Tapi yang termudah adalah dengan menggunakan Google PageSpeed Insights seperti yang sudah saya sarankan untuk pengguna ponsel.

Caranya gampang banget. Kamu tinggal buka situs PageSpeed Insights di browser kamu, lalu masukkan URL website yang ingin kamu periksa pada kolom yang tersedia, klik tombol Analyze, dan tunggu beberapa saat hingga proses pengecekkan selesai.

Dan setelah selesai, kamu akan mendapat hasil pengecekkan kecepatan serta performa website untuk perangkat desktop ataupun ponsel.

Hasil Pengecekan Performa Website

Selain itu ada juga GTmetrix. Dengan alat tersebut, kamu dapat mengetahui nilai kecepatan website kamu dengan indikator A sampai F. Nilai A menunjukkan bahwa website sudah memiliki performa yang bagus.

Sama seperti PageSpeed Insights, GTmetrix juga akan memberi rekomendasi untuk mengatasi masalah yang dialami website dari hasil penilaiannya. Jadi kedua alat ini dapat kamu pertimbangkan untuk mengecek performa website secara akurat.

Baca juga: Konversi Gambar ke Base64 dan Kegunaannya pada Website

Kesimpulan

Secara keseluruhan, performa situs web itu penting banget ya. Dengan mengecek performa situs web secara berkala menggunakan layanan speed test tool seperti Google PageSpeed Insights atau GTmetrix, kamu bisa mengetahui seberapa cepat laju loading dan juga hal apa saja yang masih kurang dan harus ditingkatkan lagi.

Pengecekkan melalui layanan tersebut atau langsung dari developer mode di browser memiliki hasil yang nyaris sama. Jadi tak masalah jika kamu mengikuti upaya perbaikan dari layanan tersebut atau dari browser, karena nantinya hasilnya akan sesuai.

Jangan sampai pengunjung kabur hanya karena situsmu lelet ya. Jadi tunggu apa lagi, cek performa situs webmu sekarang juga.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *