Cara Kalibrasi Baterai Samsung Supaya Lebih Akurat

Cara Kalibrasi Baterai Samsung Supaya Lebih Akurat

Jika kamu sering mengalami masalah seperti baterai cepat habis atau ketidakakuratan persentase baterai yang ditampilkan, kalibrasi baterai dapat menjadi solusi yang efektif. Dalam artikel ini, saya akan menjelaskan langkah-langkahnya secara mudah khusus untuk ponsel Samsung.

Kalibrasi baterai merupakan proses penting untuk menjaga performa dan keakuratan pengukuran baterai pada ponsel. Terkadang baterai dapat menunjukkan persentase yang tidak tepat atau tidak sesuai dengan kapasitas sebenarnya. Oleh karena itu, kalibrasi baterai dapat membantu mengoptimalkan kinerja baterai dan memastikan persentase yang ditampilkan lebih akurat. Mari kita simak langkah-langkahnya berikut ini.

Tutorial Kalibrasi Baterai di Ponsel Samsung

Hanya ada dua langkah saja yang perlu diterapkan, ini tidak sulit dan bisa dilakukan dengan cepat. Akan tetapi untuk ponsel Samsung yang tergolong lama, memungkinkan metode ini tidak berfungsi, karena kedua cara ini menggunakan metode USSD khusus (panggilan telepon) untuk meng-kalibrasi baterai.

1. Reset Statistik Baterai di Samsung

Tahap pertama adalah memastikan statistik baterai direset untuk mendapatkan persentase yang akurat dari 0% sampai 100%. Ini perlu untuk dilakukan, apalagi terhadap ponsel yang tiba-tiba mati saat baterai masih belum habis 0%. Jadi ini juga menjadi solusi untuk masalah sejenis itu.

Caranya sangat mudah, silakan buka panggilan telepon, kemudian ketik *#9900# dan nantinya menu akan tampil.

Silakan gulir ke bawah dan klik pada opsi Batterystats reset. Dan setelah itu kamu bisa melanjutkan langkah berikutnya.

Reset Statistik Baterai Samsung

2. Charging Ponsel Sampai 100%

Selanjutnya silakan cas/charging ponsel sampai 100%. Lebih bagus lagi jika kondisi ponsel mati supaya proses kalibrasi lebih maksimal. Dan pastikan tidak ada gangguan sama sekali pada saat proses charging berlangsung.

Dan ketika sudah 100%, silakan lepas dan lanjutkan tahap ketiga di bawah.

3. Cek dan Tes Performa Baterai

Pastikan ponsel dalam kondisi hidup dan baterai terisi 100%. Lalu silakan buka panggilan telepon dan ketik *#0228# dan kemudian informasi baterai akan tampil pada layar.

Yang harus kamu lakukan adalah menekan tombol Quick Start, lalu sistem ponsel akan memulai ulang secara cepat. Setelah itu cek pada bagian Level. Jika level persentase baterai tidak berkurang, maka itu normal.

Tes Performa Baterai

Masih belum selesai, pada persentase baterai 50%, silakan ulangi lagi. Dan hingga sampai 20%, silakan ulangi sekali lagi untuk yang terakhir. Lalu biarkan ponsel kehabisan baterai sampai paling sedikit 1% dan kemudian charging kembali sampai 100% tanpa ada hambatan.

Dan proses kalibrasi telah selesai. Silakan cek apakah kini tingkat persentase baterai sudah akurat? Ketahui pula bahwa melakukan kalibrasi juga dapat mengatasi beberapa masalah terhadap baterai, misalnya ngedrop akibat sistem salah membaca persentase, dan lain sebagainya.

Baca juga: Cara Mengatasi Baterai Boros Setelah Update Ponsel

Kesimpulan

Tiga langkah di atas penting untuk dilakukan semuanya mulai dari yang pertama. Itu dimulai dari mereset statistik baterai, charging ponsel, hingga mengecek tingkat akurasinya. Proses ini mudah untuk dilakukan, hanya menyita waktu pada saat proses charging saja. Tapi jangan khawatir karena hasilnya akan sepadan dari apa yang kamu lakukan.

Apabila kode USSD panggilan di atas tidak berfungsi pada ponsel Samsung kamu, maka solusi lain yang dapat kamu terapkan adalah melakukan kalibrasi baterai secara manual. Itu pernah saya bagikan juga pada artikel berjudul Kalibrasi Baterai Manual, silakan ikuti langkahnya di situ ya.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *