Mengenal Meta Verified: Centang Biru Berbayar di FB dan IG

Mengenal Meta Verified: Centang Biru Berbayar di Facebook dan Instagram

Meta Verified adalah layanan berlangganan yang memberikan akses ke badge centang biru yang pada umumnya sulit didapat oleh pengguna di Instagram dan Facebook. Dalam artikel ini, kita akan membahas bagaimana cara kerjanya, berapa biayanya, dan siapa saja yang bisa mendaftar layanan tersebut.

Apa itu Meta Verified?

Jadi, Meta Verified adalah bundel berlangganan untuk kreator di Instagram dan Facebook. Inilah beberapa kelebihan yang didapatkan ketika pengguna berlangganan layanan tersebut:

  • Verifikasi akun (termasuk badge centang biru)
  • Perlindungan dari akun palsu
  • Stiker eksklusif
  • Jangkauan yang lebih luas

Langganan Meta Verified biayanya sekitar $14,99/bulan jika kamu mendaftar melalui aplikasi iOS dan Android. Atau kamu bisa membayar $11,99/bulan dengan mendaftar melalui web. (Namun opsi web hanya tersedia untuk Facebook saja).

Siapa yang Bisa Mendapatkan Meta Verified?

Perlu diketahui sebelumnya bahwa saat ini Meta Verified hanya tersedia untuk individu, bukan merek. Dan berikut ini beberapa persyaratan untuk mendaftar layanan tersebut:

  • Akun harus mewakili orang (individu) yang sebenarnya, bukan perusahaan atau merek.
  • Pemilik akun harus berusia 18 tahun atau lebih.
  • Akun diwajibkan untuk mengaktifkan autentikasi dua faktor.
  • Dan akun harus memiliki riwayat posting sebelumnya.

Badge Meta Verified dan badge yang terverifikasi untuk akun terkenal memang terlihat sama. Keduanya mendapat tanda centang biru yang familiar. Kedua jenis verifikasi menunjukkan bahwa akun tersebut telah melalui proses verifikasi.

Cara Berlangganan Meta Verified dan Mendapatkan Centang Biru

Mendaftar Meta Verified prosesnya cukup sederhana. Kamu bisa melakukannya dari aplikasi Instagram, Facebook, atau melalui web Facebook. Berikut ini langkah-langkah untuk mendaftar, silakan ikuti dengan baik.

  1. Buka aplikasi Instagram atau Facebook, dan dari profil kamu, menuju Pengaturan.
  2. Ketuk Pusat Akun, lalu ketuk menu Meta Verified.
  3. Ketuk nama akun yang relevan, tinjau daftar manfaat, lalu ketuk Lanjutkan.
  4. Atur atau cek kembali metode pembayaran kamu dan ketuk tombol Bayar Sekarang.
  5. Lengkapi proses verifikasi dan unggah foto ID kamu. Pastikan ID kamu harus sesuai dengan nama profil dan foto di akun Instagram atau Facebook.

Proses mendaftar ini rata-rata memakan waktu sekitar 48 jam, namun ini juga bisa lebih lama sampai 1 minggu. Mohon untuk diketahui juga bahwa Meta Verified saat ini belum sepenuhnya tersedia untuk banyak negara, akan tetapi sesuai berita yang disampaikan dari Meta, bahwa layanan ini akan terus meluas seiring berjalannya waktu.

Baca juga: Tips Mencegah Facebook Membagikan Data Pribadi Kamu

Kesimpulan

Jadi, sampai di sini sudah paham kan tentang Meta Verified? Normalnya centang biru ini hanya bisa didapatkan oleh para tokoh yang berpengaruh di dunia, seperti selebriti, aktor, dan lain-lain. Namun dengan adanya Meta Verified ini, semua orang bisa turut untuk mendapatkannya untuk memastikan bahwa itu merupakan akunnya yang otentik.

Badge centang biru berbayar ini pada dasarnya diawali oleh Twitter, dan bahkan mereka pun memiliki jenis badge yang berbeda, yaitu bisnis dan individu. Apakah kedepannya Meta juga akan meniru seperti itu? kita lihat saja.

Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *