Cara Melewati Gambar Captcha Otomatis dengan AI

Cara Melewati Gambar Captcha Otomatis dengan AI

Setiap kali mengunjungi suatu website, kadang kita akan diminta untuk memasukkan kode keamanan yang dikenal sebagai captcha. Biasanya captcha itu berupa gambar yang berisi kombinasi angka dan huruf yang sulit dibaca oleh manusia. Tujuannya adalah untuk menghindari serangan spam dan bot otomatis yang dapat merusak sistem. Namun captcha seringkali menjadi hambatan bagi pengguna yang harus menghabiskan waktu untuk memasukkan kode yang sulit dibaca.

Seiring dengan perkembangan teknologi, kini ada cara baru untuk melewati captcha dengan lebih mudah dan cepat. Artificial Intelligence atau lebih mudah disingkat sebagai AI, dapat membantu kita untuk memecahkan kode captcha secara otomatis. Ingin mengetahui bagaimana itu berfungsi? Simak penjelasannya di bawah ini.

Apa itu AI?

Sebelum membahas terkait langkah-langkahnya, mungkin kita perlu melakukan pengenalan singkat terhadap AI supaya lebih paham. Jadi AI atau kecerdasan buatan adalah kemampuan mesin untuk meniru dan menyelesaikan tugas yang biasanya membutuhkan kecerdasan manusia.

AI dapat mempelajari pola dan data untuk melakukan tugas yang kompleks, seperti pengenalan wajah, pembuatan bahasa alami, dan bahkan memecahkan kode captcha. Banyak perusahaan yang telah menyediakan layanan AI, salah satu contohnya adalah Google yang saat ini memiliki layanan AI untuk mengenali jenis gambar, dan alat tersebut dinamai sebagai Google Vision.

Melewati Gambar Captcha dengan AI Secara Otomatis

AI dapat melewati captcha dengan berbagai metode. Salah satu yang sering digunakan dari dulu disebut Optical Character Recognition atau OCR. Metode ini memungkinkan AI untuk membaca dan mengenali huruf dan angka pada captcha, lalu mengubahnya menjadi teks yang dapat dibaca oleh manusia. Dan hingga saat ini tersedia metode yang lebih mutakhir sehingga pengenalan gambar berdasarkan obyek atau bahkan audio (suara) pun juga mampu dipecahkan dengan tingkat akurasi tinggi oleh AI.

Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Buka browser Google Chrome.
  2. Silakan daftar akun di website NoCaptchaAI.
  3. Setelah itu salin API Key pada akun tersebut.

    Salin API Key di Website Nocaptcha

  4. Jika sudah, pasang ekstensi Chrome dengan langsung mengunduh file CRX yang tersedia di sana.

    Install Ekstensi Bernama NoCaptcha

  5. Ketika ekstensi telah terpasang, silakan buka dan tempelkan API Key yang telah disalin tadi.

    Tempel API Key di Ekstensi

  6. Sekarang coba buka website yang memiliki kode captcha. Maka ekstensi tersebut akan menyelesaikan tantangan captcha secara otomatis.

NoCaptchaAI untuk saat ini memberikan gratis 200 penyelesaian captcha tiap harinya. Menurut saya itu sudah lebih dari cukup untuk penggunaan browsing. Dan jenis captcha yang didukung masih beberapa, namun tingkat akurasinya memang tidak diragukan lagi.

Keuntungan dan Kekurangan Penggunaan AI untuk Melewati Captcha

Tentunya ini dapat memberikan keuntungan bagi pengguna, seperti waktu yang lebih efisien dan menghindari kesalahan dalam memasukkan kode captcha secara terus menerus khususnya bagi orang tua.

Dan kekurangannya adalah beberapa layanan captcha menjadi tidak berguna untuk melawan robot. Walau kita tahu kegunaan captcha adalah melawan spam dan bot, akan tetapi adanya AI yang bisa melewatinya, itu membuktikan bahwa layanan captcha tersebut tidak effisien dalam memberantas robot.

Baca juga: Ketik Captcha Bisa Dapat Uang, Begini Caranya

Kesimpulan

Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, penggunaan AI untuk melewati captcha menjadi solusi yang efisien dan akurat. Tetapi kita harus tetap berhati-hati dan memastikan bahwa penggunaan AI untuk melewati captcha tidak melanggar ketentuan terhadap situs web.

Suatu saat layanan captcha sangat memungkinkan untuk berkembang dalam melawan AI supaya proses otomatis seperti ini tidak diperkenankan lagi. Itu hanya butuh waktu saja atau mungkin sudah mulai merangkak dari sekarang.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *