Cara Tethering V2Ray di HP ke PC

Melakukan tethering atau hotspot terhadap koneksi yang ter-enkripsi seperti V2Ray pada dasarnya membutuhkan perangkat Android yang telah di-root. Alternatifnya apabila perangkat tidak di-root, maka bisa mengimplementasikan proxy server, sehingga perangkat lain yang berada di jaringan yang sama dapat menggunakan tunneling tersebut melalui port yang telah dibuka.

Pada aplikasi V2RayNG telah disediakan opsi untuk membagikan koneksi melalui jaringan lokal. Jadi pengguna lain yang berada di jaringan yang sama (hotspot), bisa menggunakan Proxy Client untuk menikmati koneksi tunneling tersebut.

Dalam kasus ini, yang dibahas adalah melakukan tethering dari HP ke PC. Jadi Proxy Client yang dibutuhkan pada PC adalah Proxifier. Itu merupakan program pengelola proxy terbaik dan juga gratis yang bisa kamu unduh melalui Google.

1. Aktifkan Fitur Berbagi Proxy di Aplikasi V2RayNG

Secara default fitur proxy sharing yang ada di V2RayNG tidak aktif, sehingga harus diaktifkan lebih dahulu melalui pengaturan. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Buka menu Settings di aplikasi V2RayNG.

    Menuju Pengaturan V2RayNG

  2. Kemudian gulir ke bawah dan aktifkan opsi Allow connections from the LAN.

    Mengaktifkan Berbagi Proxy di V2Ray

  3. Setelah itu hidupkan tunneling di V2RayNG.
  4. Jika sudah terhubung, sekarang hidupkan hotspot pada ponsel.

    Mengaktifkan Hotspot di Ponsel Android

Tahap awal sudah berhasil kamu lakukan. Kini jaringan tunneling telah di-bind pada port 10808 untuk proxy jenis SOCKS5 atau port 10809 untuk proxy jenis HTTP. Selanjutnya adalah proses penggunaan proxy tersebut pada PC.

2. Menyambung ke Hotspot dari HP dan Mengatur Proxy

Silakan aktifkan WiFi pada PC atau laptopnya, setelah itu sambungkan ke hotspot yang telah dibuat pada ponsel tadi. Dan pada kondisi ini meski telah terhubung tetapi konektivitas tidak akan melewati jalur tunneling, karena masih belum mengatur proxynya.

Nah untuk mengatur proxy tersebut, pastikan kamu telah memasang aplikasi Proxifier. Jika sudah, silakan buka dan ikuti langkah di bawah ini untuk mengatur konfigurasinya.

  1. Buka Proxifier.
  2. Klik ikon Proxy Servers seperti gambar di bawah ini.

    Klik Ikon Proxy Servers

  3. Kemudian klik tombol Add.

    Klik Tombol Add di Proxifier

  4. Pada Address, isikan 192.168.43.1 dan pada portnya silakan isi 10808.

    Mengisi IP dan Port V2Ray dari HP

  5. Atur Protocol sebagai SOCKS5.
  6. Apabila sudah, klik tombol Check.
  7. Jika proxy berhasil merespon, silakan klik OK.

    Proxy Berhasil Terhubung

  8. Setelah itu klik OK sekali lagi untuk menyimpan.
  9. Dan selesai, kini kamu berhasil terhubung dengan jaringan tunneling yang ada di HP.

Pada kondisi tertentu, proxy bisa saja tidak merespon ketika dicek, hal tersebut terjadi karena perangkat PC belum mendapatkan alamat IP ketika menyambung ke hotspot. Jadi apabila kamu mengalaminya juga, silakan tunggu sekitar 1 menit setelah PC terhubung ke WiFi, kemudian buka Proxifier dan cek proxynya sekali lagi.

Baca juga: Cara Menggunakan Netmod HTTP Injector di PC

3. Mengecek Status Terhubung

Untuk memastikan kembali apakah saat ini PC sudah terhubung dengan tunneling V2Ray yang ada di HP, silakan cek alamat IP dengan mengetik “whats my ip” di Google. Jika alamat IP sesuai dengan server V2Ray yang digunakan, maka itu tandanya PC sudah tersambung dengan benar.

Sedangkan apabila sekiranya masih tidak dapat mengakses internet atau mungkin alamat IP tidak sesuai, maka silakan coba untuk mengulangi langkah penambahan proxy di Proxifier. Bisa jadi kamu melewatkan sesuatu sehingga proxy belum tersimpan dengan benar.

Cukup itu saja tutorial yang dapat saya bagikan. Untuk proses setup ini hanya awalnya saja yang tergolong ribet, tetapi apabila kamu telah berhasil melakukannya sekali saja, maka kedua kalinya dan seterusnya akan terasa lebih mudah untuk diterapkan.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *