Cara Menggabungkan File PDF Jadi Satu

Cara Menggabungkan File PDF Jadi Satu

Menggabungkan file PDF merupakan hal yang biasa dilakukan untuk mengarsipkan banyak dokumen, sehingga itu tidak terpisah-pisah dan bisa langsung ditemukan. Selain itu, menjadikan banyak dokumen menjadi satu juga akan mempermudah pengguna dalam membagikannya ke rekan nantinya.

Untuk melakukan hal tersebut sebenarnya bisa dilakukan menggunakan suatu program, namun di artikel ini saya ingin membagikan cara paling cepat dalam melakukannya, yakni secara online dan menggunakan layanan website yang 100% gratis.

Tutorial Menggabungkan File PDF Menjadi Satu

Sebelum melakukannya, saya hanya ingin memastikan file PDF yang ingin kamu gabungkan tidak berisi informasi sensitif, seperti username atau password didalamnya. Jadi apabila terdapat informasi sensitif, silakan di-edit dan dihilangkan terlebih dahulu sebelum digabungkan.

Dan berikut ini tata cara menggabungkannya:

  1. Buka situs web CombinePDF.
  2. Klik tombol Unggah File.

    Klik Tombol Unggah File

  3. Pilih beberapa file PDF yang ingin digabungkan.

    Pilih File PDF yang Ingin Digabungkan

  4. Setelah itu klik tombol Gabungkan.

    Klik Tombol Gabungkan

  5. Tunggu sekejap, dan kemudian notifikasi download akan muncul pada browser.

    Menggabungkan File PDF Menjadi Satu

  6. Dan selesai, silakan lihat hasil gabungannya dari file PDF yang kamu download itu tadi.

Proses menggabungkan file PDF menjadi satu hanya berlangsung hitungan detik saja. Kecuali jika ada banyak sekali file yang kamu unggah, tentunya prosesnya akan berlangsung sedikit lama.

Dan jika sekiranya tombol Combine tidak bisa di-klik, itu tandanya proses upload dokumen PDF masih belum selesai. Jadi silakan tunggu proses uploadnya selesai semua dan setelah itu pasti tombolnya akan bisa di-klik.

Baca juga: Cara Mengubah File Word Menjadi Gambar JPG

Apakah Aman Menggabungkan File PDF Secara Online?

Website Combine PDF hanya menyimpan file PDF yang diunggah selama 1 jam dan setelah itu dihapus secara permanen. Layanan tersebut sudah sangat berpengalaman dalam menyediakan berbagai alat online untuk kebutuhan banyak pengguna, jadi dapat dipastikan aman.

Namun untuk melindungi privasi lebih baik lagi, saya juga menyarankan untuk menghapus informasi yang bersifat sangat penting pada dokumen PDF sesuai yang saya himbau diatas tadi. Ini hanya sebagai tindakan pengaman saja. Jadi setelah proses menggabungkan selesai, kamu bisa menempel lagi informasi penting yang dihapus tadi.

Berapa Maksimal File PDF yang Bisa Digabungkan?

Total maksimal file yang dapat di-unggah adalah 20. Jadi apabila kamu ingin menggabungkan lebih dari 20 file, saya sarankan untuk mengulangi lagi dengan menambahkan file hasil gabungan.

Oh iya, kamu bisa mengurutkan penggabungan dengan mengubah setiap nama file PDF dengan nomor yang berurutan. Sehingga nantinya file PDF nomor 1 akan berada di paling atas.

Jika ada yang ingin ditanyakan lebih mengenai tutorial menggabungkan file PDF, silakan tuliskan kendalanya pada kolom komentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.