Mengubah Versi Ubuntu Colaboratory dari 18.04 Menjadi 20.04

Mengubah Versi Ubuntu Colaboratory dari 18.04 Menjadi 20.04

Secara default, versi Ubuntu yang disediakan pada Google Colaboratory adalah 18.04. Walau pada versi tersebut berbagai hal terkait machine learning mampu untuk dijalankan dengan baik, akan tetapi ada saatnya seseorang membutuhkan versi di atasnya, yaitu 20.04.

Setiap versi Ubuntu selalu dirilis dalam jangka waktu dua tahun. Jika dihitung mulai dari tanggal artikel ini dibuat, versi 18.04 telah berumur sekitar 4 tahun. Walaupun bagi kita 4 tahun merupakan waktu yang tergolong lama, akan tetapi versi tersebut masih sangat populer digunakan hingga sekarang.

Google Colaboratory tidak menyediakan opsi untuk menggunakan versi Ubuntu sesuai keinginan. Jadi satu-satunya opsi yang bisa dilakukan adalah meng-upgrade secara manual melalui cell dengan menjalankan beberapa perintah shell.

Upgrade Ubuntu 18.04 ke 20.04 di Colaboratory

Satu hal yang harus kamu ketahui adalah, proses upgrade melalui cell ini tidak bisa dilakukan normal seperti meng-upgrade dari terminal Ubuntu. Karena seolah sistem membatasi supaya pengguna tidak melakukan hal tersebut, tapi bukan berarti ini terlarang.

Di Github ada pengguna yang membagikan beberapa baris perintah yang bisa dipakai untuk meng-upgrade versi Ubuntu di Colaboratory. Dan setelah saya coba ternyata itu berhasil meski harus menunggu sedikit lama. Dan berikut ini kode perintahnya:

!apt-mark unhold libnccl-dev libnccl2 libcudnn8 > /dev/null
!apt update > /dev/null 2>&1 
!apt -y upgrade > /dev/null 2>&1 
!apt -y full-upgrade > /dev/null 2>&1 
!apt -y autoremove > /dev/null 2>&1
!apt install ubuntu-release-upgrader-core
!rm /usr/bin/python3
!ln -sf /usr/bin/python3.6 /usr/bin/python3 > /dev/null 2>&1 
!do-release-upgrade -f DistUpgradeViewNonInteractive; > /dev/null 2>&1
!echo done

Sebagai tambahan apabila kamu ingin tahu sourcenya dari mana, silakan klik di sini untuk mengetahui diskusi terkait hal ini.

Proses upgrade berlangsung sekitar 30 menit. Jadi yang harus kamu lakukan adalah menunggu saja sampai muncul balasan “done” setelah menjalankan perintah diatas pada cell.

Jika sudah, silakan cek menggunakan perintah !cat /etc/os-release untuk mengetahui versi Ubuntu yang dipakai sekarang.

Apabila disana tertulis 20.04, berarti proses upgrade telah berhasil.

Apakah Metode Ini Aman untuk Diterapkan?

Ya, selama tak ada larangan dari ketentuan Google Colaboratory, maka perintah di atas aman untuk dijalankan. Tapi sepertinya mereka mungkin akan menerapkan versi 20.04 di masa mendatang, karena versi 22 (Jammy) saja bahkan sudah tersedia untuk sekarang ini.

Baca juga: Cara Mengubah DNS Ubuntu Melalui Terminal

Mengapa Prosesnya Butuh 30 Menit?

Karena ini sama halnya melakukan upgrade OS secara penuh sehingga prosesnya lama. Cukup tunggu saja sambil melakukan browsing, tapi jangan sampai menutup tab Colaboratory supaya prosesnya tidak dihentikan oleh sistem.

Kenapa Perintahnya Tidak Menampilkan Hasil?

Sebab perintah di atas berjalan secara diam, sehingga segala output dari stdout langsung dibuang ke “/dev/null“. Jadi apabila menunggu lama tidak ada hasil outputnya, maka itu merupakan hal yang normal. Cukup tunggu saja sampai muncul output “done“.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *