Mengatasi Koin Tidak Masuk di Coinomi

Coinomi adalah aplikasi dompet kripto yang tersedia untuk pengguna mobile maupun desktop. Bagian terbaik saat menggunakan aplikasi ini adalah kinerjanya yang mudah dan simpel untuk proses pengiriman ataupun penerimaan koin. Namun semua aplikasi dompet kripto pasti memiliki kekurangan, salah satunya adalah koin yang tidak kunjung masuk ke dompet.

Apabila kamu mengalami masalah ini juga, sebaiknya untuk tidak panik selama telah mengirimkan koin ke alamat yang tepat. Perlu diketahui bahwa Coinomi menyimpan keseluruhan alamat wallet dari yang lama hingga yang baru, jadi meski mengirim ke alamat sebelumnya pun juga masih bisa tanpa ada masalah.

Nah kendala yang menyebabkan koin tidak kunjung masuk ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satunya adalah proses sinkronisasi Blockchain yang tidak diperbarui dengan benar, dan di sini akan saya bahas mengenai beberapa kendala dan solusi terkait hal ini.

Solusi Koin Tidak Kunjung Masuk di Coinomi

Beberapa hal di bawah ini merupakan penyebab umum mengapa koin yang kamu kirimkan ke dompet Coinomi tidak masuk, dan setiap penyebab pasti memiliki solusi. Tak perlu menunggu lama lagi, silakan simak mulai dari yang pertama.

1. Blockchain Belum Tersinkron dengan Benar

Coinomi menampilkan status pembaruan Blockchain di bagian pojok, di mana ketika itu telah tersinkron sepenuhnya, ikonnya akan berubah menjadi warna hijau. Ada pun penyebab di mana proses sinkronisasi macet, dan hal ini dikarenakan jaringan server atau node yang digunakan pada Coinomi mengalami masalah sementara.

Blockchain Tersinkron pada Coinomi

Jadi ketika status sinkronisasi Blockchain tidak berwarna hijau, itu tandanya terjadi delay pada penampilan transaksi atau bahkan proses transaksi yang berlangsung. Kamu tak perlu cemas terkait hal ini, karena ketika Blockchain telah tersinkron dengan benar, transaksi akan segera muncul dan koin kamu akan masuk pada dompet.

2. Transaksi Koin Belum Menerima Block atau Konfirmasi

Koin yang masih berada pada mempool sedang menunggu block untuk mulai dikonfirmasi. Proses penerimaan block tersebut tergantung dari koin atau token yang digunakan. Jika di Bitcoin, rata-rata untuk mendapatkan satu block konfirmasi adalah sekitar 15 sampai 30 menit.

Selama ID transaksi sudah dapat terlacak, kamu tidak perlu khawatir lagi dan hanya perlu menunggu saja sampai itu muncul pada dompet Coinomi. Kurang lebihnya paling lambat memakan waktu sampai 1 jam.

Contoh Transaksi pada Mempool

Kecuali jika transaksi masuk pada orphan block, maka biasanya membutuhkan waktu 2 kali lipat dari normal, karena transaksi tersebut akan dialihkan kembali pada mempool untuk menerima block baru.

3. Terjadi Maintenance pada Coinomi

Maintenance yang berlangsung juga dapat menjadi penyebab koin tidak kunjung masuk. Hal ini dikarenakan server sedang mengalami offline sementara, entah itu untuk perbaikan, upgrade, atau hal-hal yang lainnya.

Normalnya Coinomi memberitahukan adanya maintenance ini melalui halaman berita yang bisa dilihat dari aplikasi, baik itu maintenance terjadwal ataupun tidak. Tapi kamu akan lebih mudah mengecek setiap pembaruan terhadap aplikasi tersebut dengan mengikuti akun sosial media Coinomi.

Baca juga: Cara Percepat Proses Transaksi Bitcoin

Kesimpulan

Saldo atau koin yang kamu kirimkan akan segera muncul pada dompet Coinomi sesegera mungkin selama alamat yang kamu tuliskan sudah benar. Keterlambatan ini bisa disebabkan oleh ketiga hal di atas.

Yang pertama disebabkan karena proses sinkronisasi yang tidak benar (status ikon belum hijau). Yang kedua disebabkan karena transaksi belum menerima konfirmasi dan masih berada di mempool. Dan yang ketiga adalah terjadi maintenance dari sisi Coinomi.

Kamu berhak untuk mengirimkan tiket kepada Coinomi selama memiliki bukti transaksi, dan mereka pasti akan menjawab dan memberikan solusi yang tepat untuk mengatasi hal ini.

Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *