Mengatasi WordPress Error: Call to undefined function trailingslashit()

Mengatasi WordPress Error: Call to undefined function trailingslashit()

Baru-baru ini saya mendapatkan masalah baru pada WordPress, di mana terjadi kegagalan pada saat proses pembaruan yang mengakibatkan situs web tidak bisa dibuka dan muncul pesan error “Call to undefined function trailingslashit()” ketika di cek melalui error_log.

Pesan error tersebut merujuk pada beberapa file yang ada di folder wp-includes yang mana itu merupakan file inti dari WordPress itu sendiri. Jadi memang bisa dikatakan hal ini terjadi karena adanya file corrupt pada saat proses pembaruan berlangsung.

Untuk mengatasi hal ini, saya hanya perlu melakukan beberapa langkah sederhana, dan apabila saat ini kamu mengalaminya juga, silakan langsung ikuti cara mengatasinya di bawah ini.

Mengatasi Call to undefined function trailingslashit() di WordPress

Pertama-tama, silakan download file WordPress yang paling terbaru melalui situs web WordPress.org. Kemudian masuk ke File Manager atau FTP pada website, dan unggah file WordPress
(ZIP) terbaru yang baru saja diunduh tadi.

Mengunduh WordPress Versi Terbaru

Berikutnya adalah mengganti nama folder wp-includes menjadi wp-includes-bak, dan sebenarnya boleh saja dihapus, namun untuk jaga-jaga sebaiknya di ganti namanya saja.

Mengubah Nama Folder Wp Includes

Setelah itu, silakan ekstrak file ZIP dari file WordPress versi terbaru tadi ke folder baru supaya tidak ada konflik.

Mengekstrak File WordPress Terbaru

Lalu salin folder wp-includes menuju direktori utama situs WordPress berada. Dan apabila sudah, silakan coba akses situsnya, pasti kini sudah bisa dibuka tanpa muncul error lagi.

Salin Folder Wp Includes ke Direktori Utama Instalasi WordPress

Jika situs web sudah bisa dibuka, tak ada salahnya untuk menghapus folder wp-includes-bak karena itu tidak lagi dibutuhkan.

Kesimpulannya, kamu hanya perlu mengunduh file ZIP WordPress versi terbaru, kemudian mengganti folder wp-includes saja. Karena masalah ini hanya berpengaruh pada beberapa file yang berada di folder tersebut dan tidak menyebar ke folder yang lainnya.

Baca juga: Tips Sebelum Mengubah Tema WordPress Supaya Tidak Error

Penyebab Masalah ini Terjadi

Berdasarkan pengalaman saya sendiri, masalah ini terjadi karena adanya proses pembaruan yang tidak normal. itu bisa dari proses pembaruan otomatis yang terhenti di tengah jalan, atau barangkali sistem tidak dapat melakukan pembaruan itu pada proses background.

Contohnya begini, kamu melakukan pembaruan versi WordPress dan ditengah-tengah prosesnya kamu menutup halaman pembaruan tersebut dan sayangnya sistem tidak bisa melanjutkan prosesnya di latar belakang. Sehingga terjadilah file corrupt dan muncullah kesalahan ini.

Sebagai jaga-jaga, apabila penyedia server web atau hosting menyediakan fitur backup otomatis, maka saya sangat menyarankan untuk mengaktifkan itu. Karena bagaimanapun kendalanya selama memiliki file cadangan, pikiran akan terasa tenang.

Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *