Cara Install CMake Versi Terbaru di Ubuntu

Cara Install CMake Versi Terbaru di Ubuntu

CMake merupakan alat yang digunakan untuk melakukan kompil terhadap kode C++. Biasanya ketika memasang CMake melalui perintah APT akan mendapatkan versi yang lama. Sedangkan suatu projek terkadang membutuhkan versi CMake yang lebih tinggi dari itu.

Walau cara paling mudah memasang suatu paket atau alat di Ubuntu adalah melalui perintah APT, akan tetapi untuk mendapatkan versi yang terbaru harus menggunakan cara lain. Hal ini karena repository yang disediakan sistem pada versi Ubuntu tertentu tidak diperbarui, jadi bukan hanya CMake saja yang mendapat versi lama.

Dan disini akan saya bagikan beberapa cara termudah untuk memasang CMake versi terbaru. Silakan simak terlebih dahulu beberapa caranya, dan kemudian tentukan cara mana yang sekiranya paling mudah untuk dilakukan.

Hapus CMake Versi Lama Terlebih Dahulu

Sebelum memulai untuk memasangnya, ada baiknya untuk menghapus terlebih dahulu versi CMake yang saat ini terpasang, supaya nantinya tidak perlu memilih-milih versi lagi, alias langsung memakai versi yang terbaru.

Gunakan perintah dibawah ini untuk menghapus:

sudo apt remove --purge --auto-remove cmake

Memasang CMake Versi Terbaru

Pada saat artikel ini dibuat, versi CMake terbaru adalah 3.24.x, namun saya pastikan cara ini bisa diterapkan terus untuk kedepannya dalam mendapatkan versi yang terbaru. Dan berikut ini beberapa caranya:

1. Menggunakan Snappy

Menurut saya menggunakan Snappy adalah cara paling tercepat layaknya memakai APT, karena keduanya sama-sama merupakan package manager, jadi memasang alat dapat dilakukan dengan sekali klik saja.

Jika kondisinya saat ini belum memasang Snappy, silakan pasang terlebih dahulu menggunakan perintah dibawah ini:

sudo apt install snapd -y

Dan jika Snappy sudah terpasang, langsung saja pasang CMake versi terbaru dengan perintah berikut:

sudo snap install cmake --classic

Tunggu beberapa saat sampai proses instalasi selesai, dan kemudian gunakan perintah cmake --version untuk memastikan kembali versi CMake yang terpasang.

2. Menggunakan APT (Memperbarui Repository)

Karena repository original di Ubuntu masih menyediakan versi CMake yang lama, maka dengan itu kamu bisa menggantinya dengan source yang menyediakan CMake versi terbaru.

Berikut ini perintah untuk menyiapkan pemasangan, supaya tidak ada perintah yang kurang untuk keperluan nantinya.

sudo apt update && \
sudo apt install -y software-properties-common lsb-release && \
sudo apt clean all

Kemudian gunakan perintah ini untuk mendapatkan signing key dari Kitware:

wget -O - https://apt.kitware.com/keys/kitware-archive-latest.asc 2>/dev/null | gpg --dearmor - | sudo tee /etc/apt/trusted.gpg.d/kitware.gpg >/dev/null

Setelah itu pasang repository Kitware ke source list sistem:

sudo apt-add-repository "deb https://apt.kitware.com/ubuntu/ $(lsb_release -cs) main"

Sebagai tambahan, instal juga kitware-archive-keyring untuk memastikan Keyring dari Kitware tetap up-to-date:

sudo apt update
sudo apt install kitware-archive-keyring
sudo rm /etc/apt/trusted.gpg.d/kitware.gpg

Apabila ketika menggunakan perintah apt-update diatas muncul kesalahan seperti “The following signatures couldn’t be verified because the public key is not available: NO_PUBKEY 6AF7F09730B3F0A4“, silakan gunakan perintah dibawah ini untuk mengatasinya:

sudo apt-key adv --keyserver keyserver.ubuntu.com --recv-keys 6AF7F09730B3F0A4

Setelah itu saatnya memasang CMake:

sudo apt update
sudo apt install cmake

Setelah pemasangan selesai, jangan lupa untuk mengecek versinya dengan perintah cmake --version untuk sekedar memastikan.

3. Memasang dari Source

Cara ketiga adalah memasang CMake dari source yang tersedia Github. Dan cara ini bisa berlangsung lama tergantung dari spesifikasi perangkat, karena kondisinya tidak langsung meng-instal, melainkan melakukan kompil terhadap CMake itu sendiri.

Dan berikut ini perintahnya, harap untuk mengubah 3.24.0 dengan versi CMake terbaru saat ini.

sudo apt install build-essential libssl-dev -y
wget https://github.com/Kitware/CMake/releases/download/v3.24.0/cmake-3.24.0.tar.gz
tar -zxvf cmake-3.24.0.tar.gz
cd cmake-3.24.0
./bootstrap
make
sudo make install

Tunggu sampai prosesnya selesai, dan seketika CMake akan langsung terpasang sesuai versi yang kamu tuliskan. Dari contoh diatas saya menggunakan versi 3.24.0. Jadi apabila ada versi yang lebih baru, silakan untuk diganti.

Baca juga: Cara Praktis Menghapus File Sampah di Linux

Kesimpulan

Dari ketiga cara diatas, kamu dapat memilih salah satu cara yang terbilang mudah untuk dilakukan. Jika bagi saya, cara pertama memakai Snappy sangat simpel dan juga cepat. Namun tak ada salahnya apabila kamu memilih cara kedua atau ketiga, karena setiap orang memiliki selera yang berbeda-beda.

Adapun cara mudah lainnya, yakni melalui PIP (Python) dengan perintah pip install cmake. Hanya saja setelah saya cek kembali, versi yang disediakan masih berbeda jauh, alias kurang update.

Jika kamu memiliki pertanyaan atau mungkin tambahan cara lain, sangat dipersilakan untuk menuliskannya pada kolom komentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.