Penyebab Muncul Notif Jaringan Mungkin Dipantau di HP

Penyebab Muncul Notif Jaringan Mungkin Dipantau di HP

Apakah di ponsel kamu muncul notif “jaringan mungkin dipantau” pada panel notifikasi? Tentunya beberapa orang mungkin khawatir adanya pemberitahuan itu dan merasa bahwa jaringan internetnya saat ini tidak aman untuk digunakan.

Untuk itu, disini saya ingin menjelaskan beberapa hal mengenai notif tersebut, khususnya penyebab dari munculnya notif itu. Karena apabila ponsel mengindikasikan jaringan sedang dipantau, maka memungkinkan adanya proses tersembunyi yang berjalan untuk mendapatkan riwayat browsing kamu.

Apa Penyebab Notif Jaringan Mungkin Dipantau?

Notif tersebut dimunculkan secara otomatis oleh sistem ketika terdapat sertifikat TLS yang terpasang secara manual di ponsel. Sedangkan sertifikat ini bisa dipakai untuk mendapatkan informasi browsing, khususnya website yang menggunakan protokol aman (HTTPS) sekalipun.

Jika sertifikat tersebut dipakai oleh aplikasi di latar belakang (tersembunyi), maka ponsel berpotensi di-sadap, sehingga apa yang kamu akses menggunakan jaringan internet, datanya akan dikirim melalui aplikasi tersembunyi itu.

Tapi itu hanya contoh dari suatu skenario saja, sedangkan kebanyakan sertifikat pengguna adalah dari aplikasi semacam packet capture yang digunakan untuk mendapatkan HTTP request supaya bisa melewati protokol HTTPS atau sedang melakukan debugging.

Penggunaan sertifikat itu juga merujuk pada VPN, jadi apabila VPN sedang tidak aktif, maka sertifikat itu juga tidak sedang digunakan. Sementara itu, kamu juga bisa menghapusnya apabila dirasa tidak membutuhkan sertifikat tersebut.

Menghilangkan Notif Jaringan Mungkin Dipantau pada Ponsel

Cara untuk menghilangkan notifnya adalah menghapus sertifikat sesuai yang baru saja saya katakan tadi. Dan langkah-langkahnya silakan ikuti dibawah ini.

  1. Buka Pengaturan.
  2. Ketuk menu Biometrik & Keamanan.

    Ketuk menu Biometrik dan Keamanan

  3. Selanjutnya pilih menu Pengaturan keamanan lainnya.

    Pilih menu Pengaturan Keamanan Lainnya

  4. Lanjut lagi pilih menu Sertifikat pengguna.

    Pilih menu Sertifikat Pengguna

  5. Nah disini silakan hapus sertifikat yang pernah ditambahkan sebelumnya. Contohnya disini adalah HTTP Toolkit CA.

    Menghilangkan Notif Jaringan Mungkin Dipantau

  6. Apabila sudah dihapus, kini notif tersebut akan hilang pada panel notifikasi.

Langkah diatas diterapkan pada ponsel Samsung, sedangkan untuk ponsel lainnya mungkin memiliki menu yang berbeda. Tapi bagian sertifikat pengguna selalu ada di menu Keamanan. Jika ada fitur pencarian di pengaturan, silakan ketik kata kunci “sertifikat”, dan nantinya pasti akan muncul menunya.

Baca juga: Cara Menonaktifkan Getar pada Notifikasi Tertentu di Android

Apakah Tidak Masalah Membiarkan Notif Itu Muncul?

Jika kamu merupakan seorang developer yang membutuhkan informasi HTTP request atau scrapping data pada konten di aplikasi, maka membiarkan notif itu muncul bukan menjadi masalah besar, karena kita sudah tahu bahwa yang mengambil datanya adalah diri sendiri.

Sedangkan apabila kamu tidak mengerti terkait hal ini sama sekali karena dulunya sertifikat itu ditambahkan karena ada aplikasi yang meminta izin, maka saya sarankan untuk menghapusnya saja supaya privasi di internet tetap terjaga.

Jadi itu saja penjelasan yang bisa saya bagikan. Jika kamu memiliki pertanyaan lain, silakan untuk berkomentar.

Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.