≡ Menu

Cara Menonaktifkan Getar pada Notifikasi Tertentu di Android

Cara Menonaktifkan Getar pada Notifikasi Tertentu di Android

Getar pada ponsel biasanya akan terasa ketika terdapat notifikasi masuk, baik itu SMS, Telepon, atau dari suatu aplikasi. Itu sangat berguna ketika ponsel sedang ditaruh pada saku dan berada di tempat yang ramai, sehingga kamu takkan pernah ketinggalan notifikasi tersebut.

Namun getar pada ponsel kadang dirasa menganggu pada notifikasi tertentu. Misalnya dari aplikasi berita yang menampilkan pemberitahuan yang terlalu sering, sehingga terasa tidak nyaman menggunakan ponsel di saku akibat merasakan getar terus-menerus.

Solusi untuk itu adalah menonaktifkan getar tersebut hanya pada notifikasi yang dirasa tidak terlalu penting. Dan ada dua cara untuk melakukan itu, yang mana kedua itu akan dibagikan pada artikel ini. Silakan simak mulai dari yang pertama dibawah ini.

Menonaktifkan Getar pada Notifikasi Tertentu Melalui Pengaturan

Cara yang pertama adalah melakukannya dari pengaturan. Disini kamu bisa memilih jenis notifikasi apa yang ingin dinonaktifkan getarnya. Dan ini hanya akan berpengaruh ke aplikasi yang dipilih saja. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Silakan menuju Pengaturan.
  2. Ketuk menu Aplikasi.

    Ketuk Menu Aplikasi

  3. Pilih aplikasi sesuai yang diinginkan. Sebagai contoh disini Facebook.

    Memilih Aplikasi

  4. Kemudian ketuk menu Pemberitahuan.

    Ketuk Menu Pemberitahuan

  5. Lalu pilihlah jenis atau kategori pemberitahuan. Contohnya komentar.

    Menonaktifkan Getar pada Notifikasi Tertentu

  6. Gulir kebawah dan jangan aktifkan pada Suara Getar.

    Mematikan Suara Getar pada Notifikasi Tertehtu di Android

  7. Selesai, kini Getar pada pemberitahuan jenis tersebut akan ditiadakan.

Kamu juga bisa melakukan hal yang sama pada jenis atau kategori notifikasi yang lainnya. Dan diatas adalah contoh Saya mematikan getar terhadap pemberitahuan jenis komentar pada Facebook.

Sayangnya untuk beberapa ponsel dibawah versi Android 8 tak dapat mengatur hal ini. Solusinya adalah mencoba cara ke-dua.

Menonaktifkan Getar Pemberitahuan dari Dalam Aplikasi

Jika cara pertama tak dapat kamu lakukan akibat versi Androidnya tidak mendukung, maka solusi kedua ini mungkin bisa kamu ikuti. Yaitu langsung mematikan getar pemberitahuan dari dalam aplikasi.

Kebanyakan aplikasi sekarang ini menyediakan pengaturan notifikasi yang bisa kamu ubah guna untuk mendapatkan kenyamanan saat memakai ponsel. Baik itu mematikan notifikasi, mengubah suaranya, atau mematikan hanya pada getarnya.

Untuk itu, silakan coba cek pada pengaturan dalam aplikasi yang diinginkan. Biasanya ada menu untuk mengatur pemberitahuan atau notifikasi. Dan juga setelan untuk menonaktifkan getaran yang memungkinkan tersedia disana.

Sebagai contoh pada aplikasi Telegram, kamu bisa menemukan opsi untuk menonaktifkan getar notifikasi pada menu berikut: Pengaturan > Notifikasi dan Suara > Getaran.

Baca juga: Cara Ganti Nada Dering dan Notifikasi di Android

Kesimpulan

Sepastinya cara yang pertama lebih efektif untuk menonaktifkan getaran pada notifikasi tertentu, karena pengguna dapat memilih jenis pemberitahuan apa saja yang ingin disenyapkan getarannya.

Sedangkan cara kedua bisa dijadikan alternatif apabila cara yang pertama tak bisa dilakukan akibat versi Androidnya tak mendukung untuk melakukan itu. Sebab fitur kategori pemberitahuan ini hadir mulai dari Android versi 8 (Oreo) keatas.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment

Copy link
Powered by Social Snap