Cara Menggabungkan Foto di HP Android

Cara Menggabungkan Foto di HP Android

Ingin menggabungkan foto tapi bingung bagaimana cara melakukannya di ponsel? Tenang, karena ada banyak sekali aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk melakukan itu. Baik itu untuk membuat kolase, atau sekedar mengedit foto tersebut supaya menjadi lebih baik.

Meski ada banyak aplikasi yang mendukung untuk menggabungkan foto menjadi satu, namun disini saya ingin membagikan satu aplikasi terbaik dari itu semua yang memiliki fitur paling lengkap dan juga ringan untuk seluruh ponsel Android.

Bahkan apabila kamu belum pernah mengedit foto sebelumnya, pasti akan dipermudah ketika memakai aplikasi ini. Jadi apakah kamu ingin tahu lebih lanjut mengenai aplikasinya? Untuk itu, silakan terus simak artikel ini.

Tutorial Menggabungkan Foto Menjadi Satu di Android

Aplikasi yang akan digunakan pada tutorial kali ini adalah GridArt. Itu merupakan aplikasi gratis dan bisa digunakan mulai dari Android versi 5 keatas. Menu-menunya yang mudah memungkinkan pengguna akan cepat memahami pada setiap fitur yang ada didalam aplikasinya.

Sementara itu, aplikasi GridArt juga menonjolkan fitur pembuatan kolase. Jadi terdapat fitur-fitur khusus untuk itu, seperti mempercantik penggabungan foto supaya desainnya lebih baik. Dan berikut ini cara menggunakannya untuk menggabungkan foto.

  1. Pasang terlebih dahulu aplikasi GridArt di Play Store.

    Download Aplikasi GridArt

  2. Setelah itu buka aplikasinya, dan ketuk menu Kolase.

    Ketuk Menu Kolase

  3. Setelah itu pilih foto yang ingin digabungkan.

    Pilih Foto yang Ingin Digabungkan

  4. Jika sudah memilih foto-fotonya, ketuk tombol Berikutnya.
  5. Selanjutnya, kamu bisa memilih tata letak sesuai keinginan.

    Memilih Tata Letak Kolase

  6. Kamu juga bisa mengatur desain lainnya di menu Rasio, Margin, dan Tepi.
  7. Apabila sudah, ketuk opsi centang.

    Ketuk Tombol Centang

  8. Dan ketuk tombol Menyimpan untuk menyimpan gambar kolase tersebut.

    Menyimpan Hasil dari Menggabungkan Foto

  9. Selesai, kini kamu bisa melihat hasil gambarnya di Galeri.

Mudah sekali kan? Hanya perlu mengikuti tutorial diatas sekali saja, dan kamu sudah bisa membuat foto kolase lainnya dengan mudah dan cepat. Aplikasi GridArt saat ini memuncaki aplikasi editor gambar paling atas dengan rating rata-rata 4.9, dan itu nyaris sempurna.

Apa Saja Kegunaan dari Menggabungkan Foto Menjadi Satu?

Selain dipakai untuk memperbagus tampilan foto, menggabungkan gambar menjadi satu bisa juga dipakai untuk menghemat penyimpanan. Karena satu file foto yang biasanya memiliki ukuran rata-rata 3MB bisa diperkecil menjadi kurang dari 1MB. Bayangkan jika totalnya ada 5 foto, itu berarti kamu akan hemat sekitar 14MB.

Kolase juga sering dipakai dalam kegiatan di sekolah, misalnya dalam melakukan print terhadap tugas yang melibatkan pemotretan seperti praktek supaya tidak memakai banyak kertas dan lebih praktis saat mengumpulkannya.

Baca juga: Cara Memperjelas Foto yang Blur Menggunakan Aplikasi

Apakah GridArt Bisa Dipakai untuk Semua Ponsel Android?

Aplikasi GridArt bisa digunakan mulai dari Android versi 5.0 (Lolipop) keatas. Jadi ponsel Android keluaran 2016 keatas bisa memakai aplikasi ini dengan baik. Dan ukuran dari aplikasi ini hanya 13MB saja.

Dengan ukuran sekecil itu, membuat aplikasi ini tetap ringan saat digunakan dan tidak memandang spesifikasi ponsel, bahkan meski untuk ponsel kelas low-end sekalipun akan tetap lancar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.