Cara Menghilangkan Watermark Gambar Mudah dan Cepat

Cara Menghilangkan Watermark Gambar Mudah dan Cepat

Watermark pada suatu gambar merupakan tanda berupa teks atau logo yang memiliki arti kepemilikan terhadap gambar tersebut. Sebagian orang memberi watermark pada karya gambarnya supaya tidak diklaim oleh orang lain. Tapi sebagian lagi menginginkan supaya watermark tersebut dihilangkan saja.

Sebenarnya menghilangkan watermark pada suatu karya bukanlah hal yang bagus, itu berarti kita tidak menghargai dia sebagai pembuat karya. Namun tidak ada masalah apabila sudah diberi izin oleh pemilik karya tersebut untuk menggunakan gambar itu termasuk menghilangkan watermarknya, misalnya dalam hal editing.

Menghilangkan watermark pada gambar bisa dilakukan dengan bantuan program seperti Adobe Photoshop, namun cara paling mudah dan cepat adalah melakukannya secara online. Jadi hanya sebatas klik ini dan klik itu saja, watermark akan hilang dalam sekejap.

Tutorial Menghilangkan Watermark pada Gambar

Layanan yang dipakai dalam menghapus watermark secara online adalah TheInpaint. Website tersebut bukan hanya bisa dipakai dalam hal menghapus watermark saja, bahkan objek pada gambar juga bisa dihapus dengan rapi. Berikut ini tata caranya:

  1. Buka situs web TheInpaint.
  2. Klik pada tombol Upload Image.

    Klik Tombol Upload Image

  3. Pilih gambar mana yang ingin dihilangkan watermarknya.
  4. Pada editor, silakan tandai merah pada watermark.

    Tandai Merah pada Watermark

  5. Dan setelah itu klik tombol Erase.

    Menghilangkan Watermark pada Gambar

  6. Kini watermark akan hilang. Lanjutkan klik tombol Download untuk menyimpannya.

    Klik Tombol Download

  7. Dan pada dialog yang muncul, klik lagi tombol Download Low Resolution.

    Mengunduh Hasil Gambar

  8. Selesai, dialog unduhan akan muncul pada browser.

Mengapa Ukuran Gambar Menjadi Kecil?

Situs web tersebut hanya bisa dipakai gratis untuk mengunduh gambar dalam resolusi kecil. Berbeda jika membeli produknya, maka pengguna bisa mengunduh gambar tersebut dalam resolusi aslinya.

Bagian terbaiknya, pengguna tidak perlu membuat akun hanya untuk menghilangkan watermark. Dan bagian terburuknya adalah ukuran hasil gambar dibatasi 600×400. Dengan ukuran sebesar itu, menurut saya lebih cocok digunakan sebagai gambar thumbnail.

Baca juga: Cara Cepat Menghilangkan Background Gambar Menjadi Transparan

Adakah Cara Lain untuk Memperbesar Resolusi Hasil Gambar?

Ya, tapi dalam proses memperbesarnya tidak menggunakan layanan dari website tersebut, melainkan memakai layanan image upscaling, salah satu contohnya adalah imgupscaler, silakan cari itu di Google.

Jadi hasil gambar dengan resolusi rendah dari TheInpaint bisa kalian perbesar dan perjelas gambarnya menggunakan layanan image upscaling tanpa membuat gambar tersebut pecah. Gambar tersebut akan 4x lebih jelas dari sebelumnya.

Cukup itu saja cara yang bisa saya bagikan pada artikel ini. Jika kamu memiliki kendala atau barangkali memiliki alternatif lain yang lebih baik, sangat dipersilakan untuk menuliskannya di kolom komentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.