Cara Mengatasi Bluetooth Hidup Sendiri

Bluetooth saat ini sangat jarang sekali digunakan untuk men-transfer file, itu karena kecepatan pengiriman data yang terbilang lambat, yang mana kurang effisien dipakai di jaman modern ini. Namun Bluetooth masih sering dipakai dalam hal lain, seperti mendengarkan musik.

Di ponsel Android, rata-rata untuk menghidupkan Bluetooth dapat dilakukan melalui panel notifikasi. Tapi bagaimana jika masalahnya adalah fitur Bluetooth ini tiba-tiba hidup sendiri meski tidak sedang dihidupkan?

Tentunya hal tersebut bukan hal yang diinginkan oleh sebagian orang. Mengingat bahwa Bluetooth juga dapat menguras baterai dalam skala minim. Dan beberapa orang akan langsung menganggap bahwa masalah ini merupakan kerusakan pada HP. Tetapi pada dasarnya terdapat setelan yang harus diubah.

Mengatasi Bluetooth yang Hidup Sendiri di HP

Dari beberapa kasus yang pernah terjadi, masalah ini disebabkan karena fitur Pemindaian Bluetooth aktif, tepatnya itu digunakan untuk memindai perangkat yang ada di sekitar, bahkan meski kondisi Bluetooth sedang nonaktif. Dan hal ini bisa terjadi untuk HP Android apa saja, baik itu Xiaomi, Oppo, Vivo, Samsung, Realme, dan lain-lain.

Dan berikut ini langkah mudah untuk mengatasinya:

  1. Buka Pengaturan.
  2. Ketuk pada menu Lokasi.

    Ketuk Menu Lokasi

  3. Lalu ketuk menu Pemindaian Wi-Fi dan Bluetooth.

    Ketuk Menu Pemindaian WiFi dan Bluetooth

  4. Setelah itu nonaktifkan pada opsi Pemindaian Bluetooth.

    Mengatasi Bluetooth Hidup Sendiri

  5. Selesai, kini Pemindaian Bluetooth telah berhasil dinonaktifkan.

Secara default fitur Pemindaian Bluetooth aktif untuk sebagian ponsel, khususnya Xiaomi. Karena kebanyakan masalah ini terjadi pada ponsel Xiaomi. Dan untuk ponsel lainnya mungkin memiliki menu yang berbeda dalam mengatasinya.

Jika kesulitan dalam menemukan menunya, silakan buka Pengaturan dan ketuk tombol pencarian dan ketik Pemindaian Bluetooth, dan nantinya pasti menunya akan muncul, dan bisa kamu nonaktifkan fiturnya.

Baca juga: Cara Menggunakan Bluetooth Tethering di Android

Apa itu Pemindaian Bluetooth?

Di Android 6 keatas, terdapat teknologi bernama Exposure Notification yang menggunakan Bluetooth sebagai alat untuk mendeteksi perangkat yang saling berdekatan dengan cepat. Biasanya untuk menggunakan fitur ini, fitur Lokasi juga harus diaktifkan.

Akan tetapi semenjak pembaruan Android 10, fitur lokasi tidak perlu diaktifkan dan bisa langsung menggunakan Bluetooth saja.

Bluetooth dapat aktif sendiri apabila fitur Pemindaian Bluetooth ini mulai digunakan oleh suatu aplikasi. Namun ketika fitur Pemindaian Bluetooth di-nonaktifkan, maka aplikasi apapun takkan bisa langsung membuat Bluetooth di ponsel aktif lagi secara otomatis, dan biasanya akan muncul dialog terlebih dahulu untuk menghidupkan Bluetooth secara manual.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.