Berbagai Cara Menghentikan Task atau Proses di Windows

Berbagai Cara Menghentikan Task atau Proses di Windows

Setiap menjalankan suatu program di komputer, akan tercipta proses atau task baru yang sedang berjalan. Dan ketika menutup program tersebut, task tersebut biasanya akan terhapus atau mungkin masih berjalan di background (latar belakang).

Semua itu bisa diketahui melalui Task Manager yang merupakan alat bawaan Windows untuk melakukan monitoring secara rinci terhadap program apa saja yang sedang berjalan saat ini. Baik itu program yang sedang dipakai sekarang, misalnya browser, atau bahkan program lain yang berjalan pada latar belakang.

Tahukah kamu bahwa ada berbagai macam cara untuk menghentikan task atau proses pada Windows. Rata-rata semuanya mudah untuk dilakukan dan disini akan saya bagikan beberapa cara tersebut.

3 Cara Menghentikan Task atau Proses di Windows

1. Menghentikan Proses Berjalan Melalui Task Manager

Seperti yang telah saya jelaskan diatas, bahwa Task Manager merupakan program bawaan Windows yang memiliki fungsional untuk mengelola segala program yang berjalan. Jadi dengan bantuan program tersebut, kamu dapat dengan mudah mengecek program apa saja yang berjalan dan juga menghentikannya.

Untuk membuka Task Manager dengan cepat, silakan klik tombol CTRL+SHIFT+ESC secara bersamaan pada keyboard. Dan nantinya Task Manager akan muncul dan kamu bisa langsung melihat program apa saja yang sedang berjalan.

Mencari Program yang Berjalan di Task Manager

Sementara itu apabila ingin menghentikannya, silakan pilih programnya, dan setelah itu klik tombol End Task.

Menghentikan Program Melalui Task Manager

Dan seketika program tersebut berhasil dihentikan.

Baca juga: Mengatasi Task Manager Tidak Bisa Dibuka di Windows 10

2. Menghentikan Proses Menggunakan Taskkill

Taskkill adalah alat yang dikhususkan untuk menghentikan program pada Windows tanpa GUI, alias melalui command prompt (CMD). Langsung saja silakan buka command prompt dan ketik terlebih dahulu perintah dibawah ini dan kemudian jalankan.

tasklist | more

Perintah diatas berguna untuk mengecek program apa saja yang sedang berjalan. Dan kamu dapat menyalin Nama atau PID pada suatu program untuk menghentikannya. Berikut ini perintah untuk menghentikan program menggunakan PID.

taskkill /F /PID NOMORPID

Silakan ubah NOMORPID sesuai dengan nomor PID program yang akan dihentikan. Sementara itu apabila kamu ingin menghentikan program berdasarkan nama, berikut ini perintahnya:

taskkill /IM "NAMAPROGRAM.exe" /F

Ganti NAMAPROGRAM.exe sesuai nama dari progam yang ingin dihentikan. Jadi disini kamu bisa memilih ingin menggunakan cara yang mana dalam menghentikan proses, apakah melalui PID atau langsung dari nama programnya.

Sebagai tambahan, apabila program yang berjalan membutuhkan akses administrator, harap untuk menjalankan comand prompt sebagai administrator juga, dengan begitu proses tersebut akan benar-benar berhenti. Dan silakan cek dua kali terhadap program yang sedang berjalan untuk mengetahui hasilnya.

3. Menghentikan Proses Melalui PowerShell

Nyaris sama seperti melalui CMD, hanya saja PowerShell sebenarnya lebih baik dalam mengalihkan sesuatu khususnya di sistem Windows. Baiklah langsung saja, pertama-tama silakan buka Windows PowerShell dan lihat terlebih dahulu program apa saja yang sedang berjalan menggunakan perintah ini.

Get-Process

Selanjutnya catat nomor PID atau nama program yang ingin dihentikan nantinya. Dan berikut ini perintah untuk menghentikan proses program menggunakan PID:

Stop-Process -ID NOMORPID -Force

Dan berikut ini perintah untuk menghentikan menggunakan nama dari program:

Stop-Process -Name "NAMAPROGRAM.exe" -Force

Sama seperti di CMD, harap untuk mengubah NOMORPID dan NAMAPROGRAM,exe sesuai yang telah dicatat, dan jalankan PowerShell sebagai administrator apabila program yang ingin dihentikan membutuhkan tingkat akses administrator.

Dari kedua cara (antara PID atau nama program) kamu bisa memilih salah satu dari itu, alias tidak semuanya harus dijalankan.

Apabila menurut saya lebih cepat menghentikan program berdasarkan nama dari programnya, karena tak harus bolak-balik mencatat nomor PID. Karena nomor PID ini selalu berubah-ubah tiap kali program tersebut dijalnkan, sedangkan nama dari program takkan dapat berubah dengan sendirinya.

Jika kamu memiliki pertanyaan atau mungkin tambahan lain mengenai tutorial diatas, jangan ragu untuk menuliskan pertanyaan tersebut pada kolom komentar dibawah ini.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.