Tutorial Menambah Script pada Chart TradingView

Tutorial Menambah Script pada Chart TradingView

TradingView merupakan layanan untuk menganalisa pergerakan harga mata uang seluruh dunia hingga mata uang crypto secara akurat. Saat ini banyak sekali yang menggunakan layanan tersebut untuk mengatur strategi dalam melakukan trading.

Dengan banyaknya indikator yang tersedia, hal tersebut akan mempermudah bagi para trader untuk membuat strategi. Namun terdapat pula fitur Pine Script yang memiliki kegunaan yang hampir sama, namun disini bedanya pengguna bisa membuat sendiri indikator yang diharapkan untuk ditambahkan ke chart nantinya.

Script Pine TradingView juga banyak disebarkan gratis yang mana memiliki strategi yang berbeda-beda tergantung dari jenis pasar. Itu bisa ditemukan pada halaman Scripts di TradingView, dan kamu bisa menyalin kodenya untuk diterapkan pada chart. Namun apabila kamu belum tahu cara menambahkan kode atau script tersebut, disini akan saya jelaskan tata caranya.

Menambah Script di Chart TradingView

Pada saat artikel ini dibuat, cara ini hanya bisa diterapkan pada TradingView versi desktop (website) saja dan belum tersedia pada aplikasi di ponsel. Jadi pastikan kamu mengikuti langkah ini pada desktop supaya tak ada kesalahan saat melakukannya.

1. Siapkan Script untuk TradingView

Tentunya kamu saat ini pasti telah menyiapkan script pine untuk tradingview. Namun apabila belum, silakan cari kode gratis pada Halaman Script TradingView. Disana terdapat berbagai macam strategi untuk pasar tertentu yang bisa kamu ambil.

Menyiapkan Script untuk TradingView

Apabila script telah disiapkan, silakan lanjut ke langkah berikutnya untuk memulai pemasangannya.

2. Pemasangan Script

Pertama-tama buka chart terlebih dahulu, dan kemudian klik pada opsi Editor Pine yang ada dibagian bawah. Selanjutnya kolom akan muncul, dan silakan tempel script yang disiapkan tadi pada kolom tersebut.

Menambahkan Script pada Chart TradingView

Apabila sudah, silakan klik opsi Tambah kedalam Chart dan tunggu beberapa saat sampai indikatornya tampil pada chart. Apabila sekiranya sudah tampil, silakan lanjut ke langkah berikutnya untuk menyetel indikator yang baru ditambahkan tersebut.

3. Menyetel Indikator dari Script yang Ditambahkan

Tentunya untuk meningkatkan profitabilitas dari indikator tersebut, dibutuhkan setelan ulang. Khususnya terhadap indicator berbasis strategi, dimana pastinya kamu menginginkan hasil profit yang lebih tinggi.

Caranya sama dengan mengatur indikator yang lainnya, dimana kamu hanya perlu mengarahkan kursor pada indikator yang baru ditambahkan, dan kemudian klik pada ikon gear untuk mengatur lebih lanjut.

Menyetel Ulang Indikator dari Script yang Baru Ditambahkan

Setelah itu silakan atur indikator tersebut sesuai yang diharapkan. Dan jangan lupa tekan tombol OK setelah mengatur indikatornya supaya setelan berhasil tersimpan.


Pada dasarnya terdapat banyak sekali script pine yang tersebar gratis untuk menganalisa, membuat strategi, dan lain-lain. Bahkan saking bagusnya, beberapa script sampai dijual dengan harga yang lumayan mahal sampai $100.

Jika kamu mengambil script gratis di halaman TradingView, disana juga disediakan informasi tingkat profitabilitas dan juga tingkat kemenangan dalam melakukan strategi trading. Tapi sebagai saran untuk tidak selalu mempercayakan segala hal pada sebuah script, karena sewaktu-waktu strategi dapat berubah.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *