Pengalaman Mining Koin di Nicehash

Pengalaman Mining Koin di Nicehash

Nicehash dikenal sebagai layanan penambangan koin kripto populer di dunia. Situs tersebut memberikan cara termudah dalam melakukan mining koin, dan hasilnya akan dikonversi sebagai Bitcoin. Dan layanan tersebut mulai beroperasi sejak 2014 lalu, dan terus berkembang hingga sekarang.

Dari banyaknya situs untuk melakukan mining koin (pool), justru Nicehash merupakan layanan yang paling banyak diminati. Tentunya ada kelebihan tersendiri yang dimiliki oleh website tersebut. Dan saya sendiri pun sudah 2 tahun lebih melakukan mining koin disana.

Di artikel ini, saya ingin membagikan pengalaman saya dalam menggunakan Nicehash. Jika kamu ingin memulai untuk melakukan mining disana, mungkin tulisan ini akan membantu kamu lebih dalam terhadap Nicehash.

Pengalaman Mining Bitcoin pada Nicehash

Banyak Algoritma yang Didukung

Ada lebih dari 10 algoritma yang bisa kamu pilih untuk keperluan mining. Semua algoritma itu disediakan untuk memberikan hashrate dan potensi hasil paling maksimal terhadap perangkat yang akan kamu pakai untuk mining, baik itu GPU atau CPU.

Saya sendiri menggunakan algoritma daggerhashimoto dan autolykos untuk GPU, serta randomx untuk CPU. Sementara kamu bebas memilih algoritma apa saja sesuai kalkulasi terbaik terhadap perangkat mining yang dipakai.

Nicehash Menyediakan Program Miner

Cara paling termudah dalam melakukan mining di Nicehash adalah menggunakan program miner official, namanya adalah QuickMiner. Jadi sistem akan langsung mendeteksi algoritma apa yang paling terbaik dan memberikan potensi hasil yang maksimal.

Dulu saya menggunakan program tersebut untuk melakukan mining pertama kali. Namun pada akhirnya berganti ke program miner biasa karena terdapat perbedaan hashrate yang menurut saya cukup signifikan. Kurang lebihnya satu tahun ini saya memakai program lolminer untuk melakukan mining di Nicehash, dan hasilnya pun memuaskan.

Tersedia Halaman Kalkulasi Hashrate

Nicehash juga menyediakan halaman untuk mengukur kecepatan GPU atau CPU yang kamu pakai. Dengan begitu kamu bisa mengetahui algoritma apa yang paling cepat dalam melakukan mining tanpa harus mencobanya secara manual.

Kalkulasi yang disediakan Nicehash kemungkinan besar berdasarkan dri program QuickMiner. Hasil akan berbeda tipis jika menggunakan program miner yang lain. Namun itu tak masalah, karena halaman tersebut sangat diperlukan bagi seseorang yang ingin memulai melakukan mining koin untuk mengetahui algoritma yang tepat untuk digunakan.

Statistik Hashrate Realtime

Setiap kali miner mengirimkan share, maka Nicehash akan langsung meng-kalkulasi hashrate tersebut pada halaman statistik. Begitupula dengan saldo pending juga akan langsung diperbarui pada saat itu juga.

Jika miner melakukan share berkali-kali atau bisa dikatakan mendapatkan keberuntungan, tentunya hashrate yang dimunculkan akan semakin tinggi dan tentunya saldo yang didapat juga semakin banyak. Tapi hal tersebut juga bisa berlaku sebaliknya, contohnya program miner tak mengirimkan share dalam jangka waktu normal, maka hashrate yang ditampilkan akan turun.

Banyak Tindakan yang Bisa Dikelola Terhadap Rig

Jika menggunakan program QuickMiner atau Nicehash OS, maka pengguna bebas untuk melakukan tindakan terhadap rig tersebut secara remote. Contohnya pengguna ingin menonaktifkan seluruh miner, maka itu bisa dilakukan dengan sekali klik pada website atau aplikasi Nicehash.

Namun fitur ini tidak berlaku bagi pengguna yang memakai program miner lain. Bahkan saya sendiri tidak memakai fitur ini mengingat rig yang saya kelola tidak begitu banyak.

Baca juga: Tips Mining Koin Kripto Supaya Hasil Maksimal

Terdapat Fitur Penukaran Koin

Walau hasil mining berupa Bitcoin, akan tetapi itu bisa ditukarkan lagi ke koin yang lain. Inilah yang membuat Nicehash spesial karena memiliki layanan exchange sendiri di situsnya. Kalau saya sendiri sering menukarkannya ke XMR (Monero) untuk meminimalisir biaya pada saat payout.

Saya cuma menggunakan fitur ini untuk menukar Bitcoin saja dan tidak mencari keuntungan layaknya trading. Dan setahu saya, harga yang ditawarkan setiap koin mengikuti harga pasaran saat ini. Jadi meski melakukan trading disana pun sebenarnya fair.

Payout di Nicehash Cepat Diproses

Hanya butuh hitungan menit saja dan proses payout di Nicehash berhasil diterima pada wallet. Sampai saat ini saya hanya melakukan payout koin XMR menuju wallet di Indodax dan selalu berjalan lancar tanpa ada masalah sedikit pun.

Setiap beberapa hari sekali saya melakukan payout, alias tidak menunggu lama-lama karena tak ingin ada resiko harga koin mengalami penurunan. Sedangkan untuk Bitcoin, hanya pernah payout sekali ke Coinbase pada awal pertama kali mining, dan prosesnya juga lancar.

Kesimpulan

Selama menggunakan Nicehash, tak ada masalah yang pernah terjadi, alias seluruhnya sempurna. Walau kadang seminggu sekali terdapat maintenance, namun itu tidak mempengarui kinerja mining sama sekali.

Selama tak ada masalah, saya tidak pernah menghubungi pihak Nicehash terkait hal apapun. Jadi kurang tau apakah layanan support mereka responsif atau tidak.

Barangkali kamu memiliki pengalaman baik atau buruk terhadap Nicehash, tak ada salahnya untuk berbagi juga kepada seluruh pengguna di kolom komentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.