≡ Menu

Cara Mematikan Fitur Sampah di Galeri Samsung

Cara Mematikan Fitur Sampah di Galeri Samsung

Pada Galeri di ponsel Samsung Android, terdapat fitur bernama Sampah yang berguna untuk menyimpan file jenis gambar atau video yang telah dihapus. Secara default fitur ini diaktifkan, dan file yang tersimpan disana akan terhapus otomatis setelah 30 hari.

Kegunaan dari fitur Sampah ini adalah untuk membantu pengguna untuk mengembalikan foto atau video yang sekiranya masih dibutuhkan lagi. Misalnya tidak sengaja menghapus suatu foto, maka fitur ini sangatlah berguna sekali.

Kekurangan dalam mengaktifkannya adalah penyimpanan memori berkurang karena dipakai sementara oleh file sampah. Jika file sampah tergolong besar, maka penyimpanan pada ponsel akan berkurang drastis. Tapi pengguna juga bisa menghapus permanen langsung file yang ada di Sampah untuk menghemat penyimpanan.

Menonaktifkan Fitur Sampah di Galeri Samsung

Jika kamu merasa fitur Sampah di Galeri ini tidak berguna dan hanya membuat penyimpanan penuh, bukankah lebih baik untuk dinonaktifkan saja? Dan berikut ini tata cara melakukannya.

  1. Buka Galeri.
  2. Ketuk opsi titik tiga.

    Ketuk Opsi Titik Tiga di Galeri

  3. Pilih menu Pengaturan.

    Pilih Menu Pengaturan

  4. Gulir kebawah, dan nonaktifkan pada opsi Sampah.

    Mematikan Fitur Sampah di Galeri Samsung

  5. Jika muncul dialog, ketuk opsi Matikan.

    Ketuk Opsi Matikan

Setelah mematikannya, kini foto ataupun video yang dihapus akan langsung terhapus secara permanen. Alternatifnya apabila kamu tidak ingin suatu foto hilang akibat terhapus secara tidak sengaja, silakan aktifkan sinkronisasi foto di Google Photos atau Samsung Cloud.

Memakai Google Photos atau Samsung Cloud tidak akan mempengaruhi ke penyimpanan memori, karena foto tersimpan pada server cloud, yang mana itu sangat aman dan tidak sampai hilang. Tapi terdapat batasan memori untuk penyimpanan cloud, yaitu sekitar 15 GB.

Baca juga: Cara Menampilkan Persentase Baterai pada Ponsel Samsung

Kesimpulan

Mematikan fitur Sampah di Galeri lebih ditujukan bagi seseorang yang kehabisan penyimpanan memori. Sedangkan apabila penyimpanan memori yang kamu miliki cukup besar, ada baiknya untuk tetap mengaktifkannya.

Selebihnya cobalah untuk memikirkan lagi untuk menonaktifkan fitur tersebut. Sebab pengguna masih dapat menghapus suatu file disana secara mandiri, alias tidak harus menunggu 30 hari untuk dihapus permanen.

Untuk sekarang masih belum ada opsi untuk mengubah waktu penghapusan permanen file yang ada di Sampah Galeri. Namun suatu saat mungkin fitur tersebut akan tersedia. Sehingga pengguna dapat memilih berapa hari file akan dihapus otomatis, dan tidak terbatas dengan 30 hari saja.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment