Cara Mematikan Kunci Sidik Jari di WhatsApp

Ada dua jenis proteksi yang tersedia pada WhatsApp, yaitu kunci sidik jari dan autentikasi dua faktor. Keduanya memiliki kegunaan yang berbeda. Jika kunci sidik jari digunakan untuk mengunci aplikasi WhatsApp, sedangkan autentikasi dua faktor digunakan untuk melindungi akun WhatsApp supaya tidak didaftarkan ulang oleh orang lain menggunakan nomor yang sama.

Fitur kunci sidik jari WhatsApp sangat berguna untuk melindungi privasi, khususnya ketika ponsel sedang dipinjam oleh teman. Mereka tidak akan bisa membuka chat karena harus melewati proses konfirmasi sidik jari yang terdaftar pada ponsel tersebut.

Tapi sebagian orang tidak lagi membutuhkan terhadap fitur ini, entah karena telah memakai aplikasi pengaman lainnya atau risih terhadap fitur tersebut. Dan pengguna pun diberi kebebasan oleh WhatsApp untuk menonaktifkannya kapan saja.

Menonaktifkan Kunci Sidik Jari di WhatsApp

Pengguna bisa menonaktifkan fitur ini melalui pengaturan privasi di WhatsApp. Berikut ini tata cara melakukannya:

  1. Buka aplikasi WhatsApp.
  2. Ketuk opsi titik tiga dibagian kanan atas.

    Klik Opsi Titik Tiga WhatsApp

  3. Kemudian pilih Setelan.

    Pilih Setelan

  4. Silakan menuju menu Akun => Privasi.

    Menuju Menu Akun
    Menuju Menu Privasi

  5. Gulir kebawah dan ketuk pada menu Kunci Sidik Jari.

    Ketuk menu Kunci Sidik Jari

  6. Kemudian nonaktifkan pada opsi Buka kunci dengan sidik jari.

    Mematikan Kunci Sidik Jari di WhatsApp

  7. Selesai, kunci sidik jari berhasil dinonaktifkan.

Setelah mengikuti langkah diatas, pastinya kini WhatsApp takkan meminta sidik jari lagi ketika membukanya. Tetapi apabila masih sama, silakan ulangi lagi dengan teliti langkah diatas. Dan pastikan koneksi internet aktif ketika melakukannya.

Baca juga: Cara Hapus Data Sidik Jari di Android

Kesimpulan

Kunci sidik jari pada WhatsApp dapat diaktifkan atau dinonaktifkan kapan saja ketika dibutuhkan. Misalnya pengguna hanya ingin mengaktifkannya pada saat keluar rumah, seperti di sekolah atau lainnya, dan kemudian menonaktifkannya ketika sedang dirumah. Semua itu bisa dilakukan melalui setelan privasi di WhatsApp.

Dan sebenarnya WhatsApp juga menyediakan fitur untuk mengatur tingkat delay terhadap kunci sidik jari tersebut mulai aktif. Secara default itu diatur sebagai 1 menit. Jadi misalnya ponsel terkunci dalam kurun waktu 1 menit, kunci sidik jari di WhatsApp akan langsung aktif. Dan pengguna bebas mengatur interval waktu tersebut di pengaturan.

Apabila ada yang ingin ditanyakan mengenai tutorial diatas, silakan langsung tambahkan komentar dibawah artikel ini untuk mendapatkan solusi.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *