Cara Ampuh Mengatasi Lupa Password di Mikrotik Tanpa Reset

Cara Ampuh Mengatasi Lupa Password di Mikrotik Tanpa Reset

Mikrotik menjadi pilihan utama bagi para pengelola jaringan berkat fleksibilitas dan fitur keamanannya yang solid. Namun apa jadinya jika tiba-tiba password untuk mengakses router ini tidak diingat? Situasi ini bisa menjadi mimpi buruk, terutama jika setelan yang ada terbilang sangat krusial untuk operasional sehari-hari.

Jangan panik dulu, karena ada cara efektif untuk mengatasi masalah ini tanpa harus melakukan reset pada router yang berarti kehilangan semua konfigurasi. Artikel ini akan mengulas beberapa metode yang bisa digunakan untuk mengembalikan akses ke Mikrotik tanpa melakukan reset.

Mengatasi Lupa Password Mikrotik

Secara total ada tiga solusi yang dapat dicoba. Semua cara ini memang ampuh, namun masih terbatas pada beberapa kondisi, yaitu versi firmware dan kondisi hardware. Dan tentunya seluruh cara ini aman untuk diterapkan dan tidak memiliki efek samping apapun. Langsung saja kita ke topik pembahasannya di bawah ini.

1. Menggunakan WinboxExploit

Untuk firmware yang tergolong lama, kamu bisa memanfaatkan alat bernama WinboxExploit yang tersedia secara gratis di Github. Alat ini mampu meng-ekstrak informasi login admin dengan sekali eksekusi perintah saja.

Sebelum bisa menggunakannya, silakan download terlebih dahulu file WinboxExploit. Dan instal juga Python versi terbaru di Windows. Dan apabila itu sudah terlaksanakan, berikut ini langkah-langkah cara menggunakannya:

  1. Buka folder letak WinboxExploit tadi di ekstrak.
  2. Klik pada direktori, dan ketik cmd lalu ENTER.
  3. Setelah itu command prompt akan terbuka, silakan ketik perintah ini:

    python3 WinboxExploit.py 192.168.5.1

    Harap ubah alamat IP sesuai pada IP lokal Mikrotik.

  4. Kemudian ENTER dan tunggu beberapa saat sampai muncul informasi login seperti ini:

    Connected to 192.168.5.1:8291
    Exploit successful
    User: admin
    Pass: password

    Apabila sudah muncul seperti itu, berarti kamu telah berhasil mengetahui password Mikrotik saat ini.

Apabila sekiranya Mikrotik tidak memiliki alamat IP, kamu juga bisa menggunakan Mac Address dengan perintah berikut ini:

python3 MACServerExploit.py MAC-ADDRESS

Dan untuk mengetahui Mac Address-nya, silakan deteksi langsung dari Winbox saja supaya lebih mudah. Untuk informasi berhasil tidaknya, akan muncul sesuai seperti di atas tadi. Namun apabila tidak berhasil dan justru menampilkan informasi lain setelah mengeksekusi perintah di atas, maka dapat dipastikan routernya tidak mendukung menggunakan cara ini.

2. Menggunakan Mikrotik Password Recovery Tool

Cara selanjutnya adalah memakai alat online bernama Mikrotik Password Recovery Tool. Alat ini dapat menampilkan password admin berdasarkan file cadangan yang memiliki format .backup namun terbatas pada firmware di bawah 6.13.

Langkah-langkahnya sederhana, silakan akses situs web MikroTik Password Recovery, kemudian unggah file cadangannya dan isi kode captcha. Lalu klik tombol Upload and show me passwords dan tunggu sampai password tampil pada layar.

Alat online ini juga menjelaskan bahwa segala file cadangan yang kamu unggah di sana tidak akan disimpan dan langsung terhapus otomatis. Jadi tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Namun apabila ingin cara yang lebih aman untuk keperluan privasi dan berbasis offline, silakan menuju langkah berikutnya.

3. Menggunakan RouterOS Backup Tools

Cara ketiga ini menurut saya sangat ampuh untuk mengetahui password yang lupa namun masih memiliki file cadangannya. Jika menggunakan alat online di atas tadi hanya mendukung versi firmware lama, justru cara ini dapat berfungsi bahkan untuk versi firmware yang tergolong baru.

Langkah pertama, silakan download terlebih dahulu file RouterOS Backup Tools dan ekstrak ke suatu folder. Pastikan Windows sudah terinstal Python versi 3, apabila belum silakan download terlebih dahulu. Kemudian buka CMD pada folder tersebut dan ketik perintah di bawah ini:

python3 ROSbackup.py info -i NAMAFILE.backup

Silakan ubah NAMAFILE sesuai dengan nama file cadangannya. Dan apabila sekiranya file cadangannya ter-enkripsi memiliki password, silakan dekrip terlebih dahulu menggunakan perintah ini:

python 3ROSbackup.py decrypt -i NAMAFILE.backup -o HasilDekrip.backup -p PASSWORDNYA

Harap untuk mengubah bagian parameter NAMAFILE, dan PASSWORDNYA dengan sesuai. Maka nantinya ketika dieksekusi, akan muncul file baru bernama HasilDekrip.backup yang mana itu adalah file cadangan yang sudah didekrip.

Selanjutnya, kamu hanya perlu mengeksekusi ulang perintah pertama tadi untuk mengetahui passwordnya menggunakan file cadangan yang sudah didekrip, berikut ini perintahnya:

python3 ROSbackup.py info -i HasilDekrip.backup

Dan selesai, kini informasi login admin beserta passwordnya akan muncul pada layar.

Baca juga: Cara Backup dan Restore Konfigurasi Mikrotik

Kesimpulan

Ketiga cara di atas dapat kamu coba untuk mengatasi lupa password pada Mikrotik. Perlu diketahui juga bahwa seluruh cara di atas merupakan program atau alat pihak ketiga saja, jadi itu tidak disediakan oleh Mikrotik.

Justru, apabila kamu mencari informasi langsung dari web Mikrotik, maka solusi yang tepat untuk mengatasi masalahnya adalah dengan meresetnya. Jadi beberapa langkah di atas dapat menjadi cara yang tepat untuk mengatasinya apabila kamu tidak ingin repot-repot mereset lagi. Apabila ada yang ingin ditanyakan, langsung saja berkomentar ya.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *