≡ Menu

Trik Mengisi Formulir Secara Otomatis di Suatu Website

Trik Mengisi Formulir Secara Otomatis di Suatu Website

Pada seluruh browser memiliki fitur untuk menyimpan suatu informasi yang diketikkan pada formulir website, contohnya seperti username dan password. Hanya saja untuk informasi selain itu tidak akan ikut tersimpan. Sehingga ketika kamu ingin masuk kembali ke website itu, tidak perlu mengetikkan informasi tersebut lagi dan bisa langsung menekan tombol Masuk saja.

Tapi beberapa orang membutuhkan yang lebih dari itu, dimana fitur pengisi otomatisnya berfungsi untuk segala kolom. Jadi bukan hanya untuk informasi untuk masuk saja, namun untuk segalanya, seperti kolom untuk mengisi alamat, nama lengkap, dan sebagainya.

Dan hal tersebut tidak lah mustahil untuk dilakukan. Karena terdapat ekstensi yang telah dibuat untuk itu dan pastinya gratis. Jadi apabila kamu sering mengisi formulir yang sama di suatu website secara terus-menerus, tentunya ekstensi ini akan sangat berguna sekali.

Mengisi Formulir Secara Otomatis dengan Autofill

Autofill adalah nama ekstensi yang akan dibahas di artikel ini. Tersedia untuk browser Chrome dengan ikon berbentuk petir berwarna kuning. Fitur yang disediakan sangatlah sederhana namun sangat berguna sekali.

Kamu bisa menyimpan teks pada seluruh formulir di website, sehingga nantinya kamu tak perlu mengetiknya lagi ketika me-refresh halaman atau mengunjungi website itu kembali.

Fungsional dari ekstensi Autofill ini sangatlah pintar, sehingga teks yang tersimpan akan diterapkan secara akurat pada kolom yang ada. Jadi kamu takkan menemukan kesalahan sama sekali.

Cara Menggunakan Ekstensi Autofill

Silakan pasang dulu ekstensinya di halaman Chrome Webstore. Atau jika kamu memakai Firefox, silakan menuju halaman Add-Ons Firefox.

Dan jika ekstensi sudah terpasang, silakan ikuti cara penggunaanya dibawah ini:

  1. Pertama-tama silakan isi formulir pada suatu website.

    Mengisi Formulir di Website

  2. Kemudian klik kanan dan klik menu Autofill.

    Klik Kanan dan Pilih Autofill

  3. Lalu klik pada submenu Add rules for this page.

    Mengisi Formulir Secara Otomatis

  4. Akan muncul notifikasi dibagian atas, silakan langsung klik tombol Generate Autofill Rules.

    Klik tombol Generate Autofill

Selesai, sekarang cobalah untuk me-refresh halaman dan memastikan apakah kolom yang telah tersimpan benar-benar diterapkan pada formulir. Biasanya akan muncul suara efek apabila ekstensi Autofill bereaksi atau melakukan tindakannya terhadap formulir.

Baca juga: Cara Mudah Membuat Form Kontak di WordPress

Apakah Aman Menggunakan Ekstensi Autofill?

Ekstensi ini dibuat oleh developer yang terpercaya dan terbuka kepada publik dengan menyediakan akses tanya jawab di Grup Google. Selain itu, ekstensi Autofill hanya akan menyimpan data ke penyimpanan lokal saja, tanpa ada sinkronisasi online.

Jadi ketika ekstensi dihapus, maka seluruh data formulir yang pernah disimpan akan terhapus sepenuhnya. Dan di lain sisi, terdapat fitur impor dan ekspor profil autofil, yang menurut Saya cocok dipakai ketika kamu hendak berganti browser.

Secara keseluruhan, ekstensi ini aman untuk digunakan, akan tetapi ada baiknya untuk tidak menyimpan informasi yang terlalu sensitif, misalnya kartu kredit atau informasi dompet online lainnya sebagai upaya jaga-jaga.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment

Copy link
Powered by Social Snap