Cara Menambah Sidik Jari Baru di HP Samsung

Cara Menambah Sidik Jari Baru di HP Samsung

Fitur sidik jari atau fingerprint yang ada di ponsel memiliki peranan yang tinggi dalam melindungi ponsel. Selain untuk melindungi, fitur tersebut juga dapat mempermudah pengguna dalam membuka ponsel lebih cepat tanpa harus mengetuk tombol lagi.

Data sidik jari tersimpan secara lokal di ponsel, sehingga pengguna dapat menambah atau menghapus kapan pun. Dan di ponsel Samsung, rata-rata pengguna bisa menambahkan hingga maksimal 2 sampai 3 jari untuk mempermudah dalam membuka layar ponsel.

Jadi dibanding hanya menambahkan satu jari telunjuk pada tangan kanan saja, kamu bisa menambahkannya juga pada tangan kiri. Sehingga kapanpun memegang ponsel, kamu bisa langsung untuk membukanya tanpa harus berpindah tangan.

Tutorial Menambah Sidik Jari Baru pada Ponsel Samsung

Semua ponsel Android Samsung yang menggunakan One UI memiliki cara yang sama dalam menambahkan data sidik jari yang baru. Dan disini akan saya bagikan cara untuk melakukannya beserta gambaran untuk mempermudah dalam mengikuti setiap langkahnya.

  1. Pertama-tama silakan menuju Pengaturan.
  2. Selanjutnya ketuk pada menu Biometrik dan Keamanan.

    Ketuk Menu Biometrik dan Keamanan

  3. Setelah itu menuju menu Sidik Jari.

    Ketuk Menu Sidik Jari

  4. Masukkan PIN/Pola yang sedang dipakai sekarang untuk melanjutkannya.
  5. Lalu ketuk pada menu Tambah Sidik Jari.

    Menambah Sidik Jari Baru pada Samsung

  6. Sekarang silakan ikuti prosedur pada layar untuk menambahkan data sidik jarinya.

Prosedur penambahan sidik jari rata-rata nyaris sama untuk semua ponsel. Itu karena pengguna hanya perlu mengusap jari pada sensor fingerprint di ponsel dan setelah itu menggerakkan jari ke kiri atau ke kanan untuk membuatnya lebih akurat.

Dan ketika proses pendeteksi telah mencapai tingkat 100%, maka proses penambahan data sidik jari dinyatakan berhasil. Dan kamu pun dapat langsung mencoba sidik jari yang baru itu dengan cara mengunci ponsel terlebih dahulu dan kemudian usap sensor fingerprint di ponsel menggunakan jari yang baru ditambahkan. Pastinya kini ponsel akan langsung terbuka.

Baca juga: Begini Cara Lindungi WhatsApp dengan Sidik Jari

Solusi Penambahan Sidik Jari Macet di 90%

Adakalanya kamu mengalami masalah dimana pada prosedur penambahan sidik jari, justru tingkat persentasenya cuma berhenti di 90% saja. Hal ini karena sistem masih membutuhkan data sidik jari lebih untuk membuatnya akurat meski dibuka pada jari tidak pas sekalipun.

Jadi solusinya adalah mencoba menggosok perlahan sambil memutarkan jari pada sensor fingerprint, Nantinya sistem akan mulai mendeteksinya dan tingkat persentasenya akan langsung 100%.

Kamu juga bisa menambahkan satu jari sebagai dua profil data sidik jari untuk membuatnya lebih akurat dan cepat ketika membuka ponsel. Jadi ponsel akan langsung mengenali sekejap tanpa harus salah dalam mendeteksi.

Akhir Kata

Proses penambahan sidik jari sebenarnya sangatlah mudah, itu karena pengguna dibantu oleh prosedur yang disediakan oleh sistem untuk memperoleh tingkat akurasi data yang tinggi. Bahkan dibanding memakai sensor pendeteksi wajah, justru memakai sensor sidik jari ini menurut saya lebih cepat dan praktis.

Jadi apakah kamu telah berhasil menambahkan sidik jari yang baru pada ponselnya? Apabila belum dan memiliki kendala, maka ada baiknya untuk bercerita masalahnya pada kolom komentar untuk mendapatkan solusi secepatnya.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.