Cara Upgrade Versi Ubuntu Melalui Terminal

Memperbarui versi pada Ubuntu bisa dilakukan dengan cepat tanpa harus menginstal ulang. Dan bagian terbaiknya adalah kamu bisa langsung melakukannya dari terminal. Tapi sebelum itu, ada hal-hal yang harus disiapkan.

Yaitu melakukan backup atau mencadangkan seluruh file penting. Karena itu adalah hal yang paling disarankan sebelum meng-upgrade versi Ubuntu. Walau kamu yakin prosesnya akan berjalan lancar, tapi hal ini wajib dilakukan untuk menghindari segala sesuatu yang tak diharapkan terjadi.

Proses memperbarui versi Ubuntu pada dasarnya memang bisa dilakukan secara graphical, tapi tidak semua orang menggunakan Ubuntu untuk keperluan desktop, contohnya di VPS. Sehingga melakukannya melalui terminal merupakan satu-satunya pilihan terbaik.

Memperbarui Setiap Package atau Aplikasi

Setiap package/aplikasi yang terpasang harus diperbarui terlebih dahulu sebelum memulai untuk meng-upgrade. Karena jika belum diperbarui, nantinya sistem akan meminta memperbarui terkait hal ini.

Berikut ini perintah untuk memperbarui seluruh package/aplikasi:

sudo apt-get update
sudo apt-get upgrade -y

Proses memperbarui ini hanya berlangsung sebentar selama koneksi internet cepat, maka saya pastikan hanya berlangsung hitungan menit saja. Dan apabila sudah, silakan lanjut ke langkah berikutnya.

Upgrade Versi Ubuntu

Untuk mengetahui versi Ubuntu yang tersedia untuk di-upgrade, gunakan perintah dibawah ini.

sudo do-release-upgrade -c

Cek Ketersediaan Upgrade

Pada contoh gambar diatas, versi yang tersedia adalah 20.04 dan kondisinya saat ini sedang memakai versi 18.04. Jadi untuk melanjutkannya, silakan gunakan perintah berikut ini.

sudo do-release-upgrade -y

Proses upgrade memakan waktu sekitar 30 menit sampai 1 jam tergantung dari koneksi internet dan juga spesifikasi perangkat. Selama proses berlangsung, jangan sampai mematikan perangkat supaya tidak ada data sistem yang corrupt atau bermasalah.

Cek Versi Ubuntu Setelah Upgrade

Setelah proses upgrade sudah selesai, kini saatnya untuk memastikan versi Ubuntu yang digunakan sekarang, gunakan perintah berikut.

lsb_release -a

Cek Versi Ubuntu Sekarang

Atau alternatifnya apabila muncul balasan “lsb_release command not found”, silakan pakai perintah ini.

cat /etc/os-release

Alternatif Cek Versi Ubuntu Sekarang

Pastinya kini sudah tampil versi yang terinstal sekarang.


Baca juga: Cara Membuka Port pada Ubuntu dan Debian

Terdapat alasan orang untuk menetap atau meng-upgrade ke versi Ubuntu yang lebih terbaru. Jika saya sendiri, keperluan melakukan upgrade ini bertujuan untuk menjalankan program yang kebetulan membutuhkan versi GLIBC diatas 2.29 yang mana itu tidak didukung pada Ubuntu versi 18.04, sehingga harus upgrade ke versi 20.04.

Dan melakukan upgrade ini tidak bisa langsung loncat ke versi Ubuntu paling terbaru. Jadi harus satu-per-satu memasang versi stabil. Sebagai contoh, saat ini kamu menggunakan versi 16,04 dan ingin ke 20.04, maka harus memasang upgrade dari versi 18.04 terlebih dulu.

Jika kamu memiliki pertanyaan tentang langkah upgrade diatas, langsung saja tuliskan itu pada komentar untuk mendapatkan solusinya.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *