≡ Menu

Solusi Mengatasi Program Dolby Audio yang Hilang

Solusi Mengatasi Program Dolby Audio yang Hilang

Dolby Audio adalah suatu fitur atau program di komputer yang memiliki kegunaan untuk memperbagus keluaran suara terhadap audio yang diputar. Baik itu musik, film, dan lain sebagainya. Secara keseluruhan, Dolby menghadirkan setelan ekualiser yang pas untuk segala perangkat, seperti headset atau speaker.

Jika komputer atau laptop kamu mendukung Dolby Audio, pastinya kamu dapat membuka programnya dan mengatur beberapa hal disana. Namun jika sudah mencari kemana-mana namun tidak ketemu programnya, berarti Dolby Audio tidak terpasang dengan benar.

Untuk itu, artikel ini dibuat untuk membantu kamu mengembalikan program Dolby Audio yang hilang supaya dapat digunakan kembali untuk mengatur kualitas keluaran suara.

Cara Mengatasi Program Dolby Audio yang Hilang

Kebanyakan pengguna mengalami hal ini setelah melakukan reset Windows atau memperbarui build Windows ke versi terbaru. Tapi tak perlu khawatir, karena ada dua cara yang bisa kamu lakukan supaya Dolby Audio bisa kembali.

1. Instal Ulang Driver Audio

Pada saat proses pemasangan driver audio, biasanya program Dolby Audio juga akan terpasang selama sistem komputer mendukungnya. Dan driver tersebut bisa kamu temukan pada website sesuai merk komputer/laptop yang digunakan.

Proses instalasi driver audio berlangsung cepat. Jika pada jenis Realtek, sistem komputer akan menghapus terlebih dahulu driver audionya dan kemudian me-restart untuk memulai menjalankan instalasi. Jadi apabila ikon speaker di toolbar muncul tanda silang, itu tandanya driver telah berhasil dihapus dan siap untuk proses instalasi dengan driver yang baru saja diunduh.

2. Memasang Dolby Audio Secara Manual

Siapa tahu ketika proses instalasi driver audio justru hanya memasang API-nya saja atau tidak termasuk aplikasinya. Sehingga Dolby Audio kelihatan terpasang hanya saja tanpa adanya program. Jadi tak ada cara lain kecuali memasang programnya secara manual.

Langsung saja silakan menuju ke direktori berikut ini:

C:\Program Files (x86)\Realtek\Audio\DAX2

File Dolby Audio untuk Diinstal

Kemudian klik dua kali pada file bernama dax2_app_release_x64.msi dan ikuti petunjuk instalasinya. Pastinya program Dolby Audio akan langsung kelihatan pada toolbar setelah proses instalasi telah selesai.

Baca juga: Cara Mengaktifkan Dolby Audio di Windows 10

Alternatif dari Dolby Audio

Adapun aplikasi atau program alternatif dari Dolby Audio yang menyajikan kualitas audio yang nyaris sama, yaitu Dolby Access. Itu merupakan Spatial Sound premium yang tersedia untuk seluruh OS Windows 10.

Dolby Access memang tidaklah gratis, akan tetapi kamu dapat mencobanya terlebih dahulu selama 7 hari sebelum mulai membeli produknya. Dan jika kamu tertarik ingin mencobanya, silakan unduh aplikasinya langsung melalui Microsoft Store.

Setelah terpasang, kamu bisa mengaktifkannya dengan cara klik kanan pada ikon speaker di toolbar, lalu klik menu Spatial Sound, dan lanjutkan memilih Dolby Access.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment

Copy link
Powered by Social Snap