Review Mysterium VPN: Bisa Dapat IP Residential

Review Mysterium VPN: Bisa Dapat IP Residential

Pernah tahu belum tentang VPN yang berjalan secara Peer-To-Peer (P2P)? Ini sama seperti gabungan dari TOR dan VPN regular, dan itulah Mysterium. Alih-alih membayar untuk VPN biasa, justru di sini pengguna membayar peers dalam jaringan terdistribusi untuk terhubung ke alamat IP Residential mereka.

Berkat arsitektur P2P ini, secara teknologi tidak mungkin bagi Mysterium untuk mencatat aktivitas pengguna dengan cara apa pun. Atau dengan kata lain, layanan ini aman untuk digunakan untuk membuka sensor atau blokir di internet secara maksimal tanpa takut ada log aktivitas yang sekiranya mengganggu privasi pengguna.

Sebulan yang lalu saya mencoba menggunakan layanan VPN ini. Dengan pengalaman yang saya dapatkan, di sini akan saya bagikan review terhadap layanan ini.

Tersedia Ribuan IP Residential dari Berbagai Negara

Tampilan Awal Mysterium VPN

Nyaris tidak ada VPN yang menyediakan IP dengan jenis Residential, karena kebanyakan dari itu menyediakan IP Datacenter saja. Inilah yang menjadi satu keunggulan dari VPN Mysterium, di mana tersedia ribuan hingga puluhan ribu IP Residential yang siap untuk digunakan di berbagai negara.

Dengan memakai IP Residential, layanan manapun tidak akan mengira bahwa pengguna menggunakan VPN, karena seolah sedang memakai jaringan dari suatu ISP. Cukup menarik bukan? Apalagi di Mysterium diberikan opsi untuk mengubah alamat IP dengan cepat tanpa ada batasan.

Terhubung ke VPN Secepat Kilat

Protokol Wireguard yang Dipakai Mysterium VPN

Mysterium dibangun dengan protokol WireGuard. Itu merupakan jenis protokol yang digunakan pada kebanyakan VPN populer saat ini karena terbukti cepat dalam proses terhubung serta sangat aman dalam hal mengenkripsi jaringan supaya anti sadap.

Nyatanya hanya butuh sekitar 5 detik atau paling lama mungkin 10 detik untuk bisa terhubung dan mendapatkan alamat IP dari negara yang diinginkan. Apakah itu tergolong lama menurutmu? Sebab ini sangat cepat bagi saya, ya hampir sama seperti protokol OpenVPN, tapi sedikit lebih cepat.

Kestabilan dan Kecepatan Koneksi

Karena VPN ini berbasis P2P, maka kestabilan dan koneksi internet masih tergantung dari para peers yang menyalurkan koneksinya. Itu bisa cepat atau lambat, akan tetapi pengguna memiliki opsi untuk berganti peers, yaitu dengan mengubah alamat IP dari fitur yang disediakan.

Dari pengalaman saya sendiri, memang ada sebagian yang lambat dan kurang layak dipakai untuk menonton streaming, tapi itu jarang dan kebanyakan memenuhi atau layak digunakan untuk keperluan browsing atau streaming.

Jika dipakai untuk mengunduh sesuatu dalam ukuran besar di internet, tentunya kecepatannya berbeda dari koneksi normalnya. Saya tidak menyarankan Mysterium VPN untuk hal semacam itu. Jika dipakai untuk mengunduh secara cepat, saya lebih menyarankan memakai VPN biasa.

Tersedia untuk Berbagai Perangkat

Aplikasi client tersedia untuk banyak perangkat, yaitu Android, iOS, Windows, dan Mac. Tampilannya yang sederhana membuat setiap orang paham terhadap fitur yang tersedia di dalamnya.

Proses daftar dan masuk untuk sekarang ini hanya menggunakan email. Jadi pengguna hanya perlu memasukkan alamat email dan kemudian melakukan konfirmasi dengan menekan link dari pesan yang dikirimkan oleh Mysterium.

Tidak ada pertanyaan lain kecuali alamat email saja. Jadi seluruh pengguna terdaftar secara anonim, tanpa nama, dan menurut saya ini sangat bagus untuk menjaga privasi bagi seluruh pengguna.

Baca juga: 5 Ekstensi VPN Terbaik untuk Browser

Harga Terjangkau

Harga Layanan Mysterium VPN

Dan yang terakhir adalah harga dari layanan Mysterium VPN yang menurut saya terjangkau. Apabila dibandingkan dengan layanan Proxy yang menyediakan IP Residential. Ditambah lagi terdapat akses uji coba selama 7 hari, jadi apabila pengguna tidak tertarik terhadap layanannya, maka itu bisa dibatalkan pada masa itu tanpa harus membayar terlebih dahulu.

Menurut saya masa uji coba seperti ini sangat penting diterapkan untuk mengetahui kenyamanan pengguna dan mendapatkan feedback dari orang-orang yang membatalkan tanpa harus mengeluarkan uang terlebih dahulu, dengan begitu mereka dapat memahami dari ulasan itu dan mengetahui apa yang sebenarnya para pengguna inginkan. Berbeda dari layanan VPN yang mengatakan dengan embel-embel 30 day risk free yang mana justru dipersulit dalam mengklaim kembali saldonya.

Ketika artikel ini dibuat, harga bulanan Mysterium dibanderol sekitar $10 USD. Namun membeli untuk jangka panjang justru harganya lebih terjangkau. Cukup pilih paket mana yang sesuai untuk kebutuhan.

Cukup sekian dari review yang saya bagikan terhadap layanan Mysterium VPN. Jika kamu memiliki pengalaman lain terhadap layanan ini, boleh-boleh saja kok untuk membagikannya di kolom komentar untuk membantu para pengguna lainnya memahami terhadap layanan ini secara mendalam.

Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *