≡ Menu

Solusi Lokasi Tidak Bisa Dihidupkan di Android

Solusi Lokasi Tidak Bisa Dihidupkan di Android

Lokasi atau GPS yang ada di ponsel Android memiliki kegunaan yang sangat banyak. Antara lain adalah untuk mendeteksi lokasi pengguna saat ini se-akurat mungkin. Selain itu, fitur lokasi juga bisa digunakan untuk keadaan darurat, misalnya ketika ponsel hilang.

Penggunaan lokasi memang sedikit menguras baterai, tapi itu tergantung dari seberapa sering fitur ini dipakai. Sedangkan ada pula ponsel yang tak dapat mengaktifkan fiturnya, dan pastinya hal tersebut akan mmebuat semua aplikasi tak dapat mendeteksi posisi pengguna sekarang.

Menghidupkan lokasi pada dasarnya dapat dengan mudah dilakukan dari panel notifikasi. Akan tetapi jika fitur tersebut tidak mau aktif, biasanya terdapat kendala lain. Jadi ada beberapa solusi untuk mengatasi hal ini, yang mana Saya rasa sangat ampuh untuk dilakukan. Silakan simak artikel ini untuk mengetahui solusi tersebut.

Mengatasi Fitur Lokasi Android Tidak Bisa Dihidupkan

Ada tiga solusi yang bisa kamu terapkan untuk mengatasi hal ini. Yang pasti, kendalanya disebabkan dari sistem atau software di ponsel, yang mana itu masih memungkinkan untuk diatasi. Silakan ikuti langkah-langkahnya mulai dari yang pertama.

1. Menghidupkan Ulang Ponsel

Cara paling mudah dan praktis adalah memulai ulang perangkat, atau bisa dikenal sebagai reboot. Kebanyakan masalah pada ponsel pun kadang dapat diatasi dengan trik ini. Jadi kamu hanya perlu mematikan ponsel dan kemudian menghidupkannya lagi.

Kejadian malfungsi sederhana biasanya akan langsung teratasi setelah ponsel dimulai ulang. Selama ponsel tidak dalam kondisi diroot, maka kemungkinan cara pertama ini akan berhasil untuk mengatasi masalahnya.

2. Aktifkan Fitur Lokasi Melalui Pengaturan

Siapa sangka masalah ini timbul dari panel notifikasi pada ponsel. Sehingga shortcut yang tampil disana tidak bisa digunakan untuk mengaktifkan fitur lokasi. Untuk itu, kamu dapat mencoba mengaktifkannya melalui pengaturan dengan langkah sebagai berikut:

  1. Buka Pengaturan.
  2. Ketuk menu Lokasi.

    Ketuk Menu Lokasi

  3. Selanjutnya aktifkan pada bagiian Lokasi.

    Menghidupkan Fitur Lokasi Melalui Pengaturan Android

Kini fitur lokasi telah aktif, dan kamu dapat mencoba untuk menggunakannya pada aplikasi yang diinginkan.

Namun apabila sampai cara ke-dua ini belum kunjung bisa mengaktifkannya, maka Saya sangat menyarankan untuk melanjutkan ke cara terakhir,

3. Mereset Ponsel Secara Penuh

Mereset ponsel, berarti menghapus segala setelan pada perangkat dan mengembalikannya ke versi pabrik. Ini adalah opsi terakhir apabila kedua cara diatas tidak membuahkan hasil.

Sebelum meresetnya, ada baiknya untuk menacadangkan terlebih dahulu data penting pada ponsel, seperti nomor telepon, percakapan SMS atau WhatsApp dan sebagainya supaya nantinya tidak kehilangan.

Apabila sudah, silakan lakukan reset ponsel dengan cara menuju Pengaturan > Reset > Reset Data Pabrik.

Mungkin beberapa ponsel memiliki opsi yang berbeda-beda, namun opsi me-reset pastinya selalu berada pada Pengaturan. Atau apabila kamu kesulitan, silakan cari langkah-langkah mereset sesuai tipe ponselnya di pencarian Google.

Baca juga: Menonaktifkan Lokasi untuk Aplikasi Tertentu di Android

Kesimpulan

Masalah dari tidak bisa menghidupkan fitur lokasi biasanya tidak parah. Kecuali jika ponselnya sudah diroot, memungkinkan terdapat sistem yang berubah dan harus di-flash supaya mendapatkan sistem asli ponselnya.

Adapun masalah yang membuat lokasi tidak dapat mendeteksi lokasi kamu saat ini, yang mana itu berbeda kasus dengan yang dibahas pada artikel ini.

Dan jika kamu memiliki kendala terhadap beberapa cara diatas atau mungkin memiliki tambahan lain, sangat dipersilakan untuk berkomentar pada kolom dibawah.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment