≡ Menu

Cara Melakukan Live Streaming di Facebook

Cara Melakukan Live Streaming di Facebook

Pernah kah kamu melihat teman melakukan siaran langsung atau live streaming di Facebook? Kamu pun juga dapat melakukan hal yang sama. Terdapat banyak hal yang bisa dilakukan pada live streaming tersebut, seperti membuat polling, bermain game, berjualan, dan banyak hal lainnya lagi.

Fitur live streaming di Facebook pada dasarnya telah ada sejak lama. Dan kini hampir seluruh ponsel sudah dapat menikmati fitur tersebut. Yang diperlukan hanyalah koneksi internet yang stabil beserta aplikasi Facebook saja.

Baik itu aplikasi Facebook versi besar ataupun versi Lite, semuanya dapat melakukan siaran langsung. Namun di artikel ini Saya akan menjelaskan tutorialnya khusus untuk Facebook versi besar. Walau begitu, tata cara ini sebenarnya nyaris sama untuk versi Lite.

Tutorial Live Streaming di Facebook

Pertama-tama yang harus disiapkan betul adalah koneksi internet yang cepat & stabil. Karena jika kecepatan jaringan tergolong lambat, pasti akan mengakibatkan macet-macet kepada penonton yang melihat nantinya. Jadi peranan jaringan sangat penting disini.

Jika koneksi internet telah disiapkan. Silakan ikuti langkah-langkah melakukan live streaming Facebook dibawah ini:

  1. Buka aplikasi Facebook.
  2. Ketuk pada opsi Siaran Langsung.

    Ketuk Opsi Siaran Langsung

  3. Sekarang kamu bisa menyiapkan beberapa hal, seperti letak kamera, efek filter, dan sebagainya.
  4. Jika dirasa sudah, ketuk tombol Mulai Video Siaran Langsung untuk memulainya.

    Klik Tombol Mulai Video Siaran Langsung

  5. Selesai, kini kamu berhasil melakukan live streaming.

Selain video, kamu juga dapat membuat audio siaran langsung. Sehingga itu akan menjadi layaknya radio. Cara melakukannya sangatlah mudah, cukup tekan tombol opsi titik tiga disebelah ikon flash, dan setelah itu ketuk opsi Audio Siaran Langsung.

Setelah siaran langsung dimulai, kamu akan bisa mengetahui siapa saja yang sedang menonton dan berkonversasi pada komentar. Setiap like ataupun reaksi pemirsa juga akan ditampilkan pada layar.

Setelah video siaran langsung dihentikan, video tersebut akan masih tersimpan pada arsip facebook dan kamu bebas memilih untuk membiarkannya atau menghapusnya secara permanen.

Minimal Kecepatan Internet untuk Live Streaming

Kecepatan upload lah yang lebih dibutuhkan, mengingat ini adalah siaran langsung. Sehingga ini ibarat kamu mengunggah video secara terus-menerus sampai kamu mengakhirinya. Dan untuk mendapatkan pengalaman yang lebih baik, minimal kecepatan internet yang dibutuhkan adalah 10Mbps.

Lebih dari itu tentunya akan jauh lebih baik lagi. Dan jika dibawah itu, kemungkinan akan terjadi penuruanan kualitas pada gambar atau audio yang menyebabkan gambar menjadi sedikit buram dari biasanya.

Baca juga: Cara Mengubah Bahasa pada Facebook dan Messenger

Kesimpulan

Melakukan live streaming di Facebook bisa dilakukan oleh siapapun tanpa ada batasan. Bahkan kamu dapat melakukannya hanya untuk sekedar bersenang-senang atau menginginkan teman untuk ngobrol sambil menyelesaikan aktivitas.

Selebihnya jika kamu menggunakan fitur live streaming ini untuk bisnis, misalnya berjualan. Maka akan lebih baik lagi untuk menyiapkan koneksi yang cepat supaya pelanggan dapat melihat gambar dengan jelas untuk membuatnya tertarik terhadap produk yang ditawatkan.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment