≡ Menu

Solusi Terjadi Kesalahan Jaringan yang Tidak Diketahui pada Instagram

Solusi Terjadi Kesalahan Jaringan yang Tidak Diketahui pada Instagram

Banyak sekali kendala yang kadang muncul pada Instagram yang mana menampilkan kesalahan yang bisa dikatakan kurang akurat. Contohnya seperti notif “Terjadi kesalahan jaringan yang tidak diketahui”, padahal koneksi internet stabil dan tidak mengalami kendala apapun.

Entah itu kesalahan dari aplikasi atau justru dari server Instagram. Akan tetapi, kamu dapat mencoba dengan beberapa hal untuk mengatasinya. Yang terpenting sekarang adalah memastikan koneksi internet yang kamu gunakan cukup stabil.

Karena notif tersebut normalnya muncul hanya ketika jaringan atau koneksi internet tidak stabil sehingga seolah ponsel tidak dapat terhubung ke server Instagram. Dan berikut ini beberapa cara penyelesaiannya, silakan ikuti mulai dari cara yang pertama.

1. Ubah Jenis Jaringan

Apabila sekarang menggunakan jaringan 4G, cobalah untuk beralih sementara ke 3G, dan sebaliknya. Tentunya ini akan mempengaruhi terhadap alamat IP yang didapat. Sehingga apabila terdapat kendala pada IP sebelumnya, memungkinkan sekarang pasti akan normal.

Atau kamu juga bisa menggunakan jaringan WiFi disekitar apabila ada. Namun apabila masih tetap sama, silakan lanjutkan cara ke-dua.

2. Perbarui Aplikasi Instagram

Versi aplikasi yang lawas juga dapat mengakibatkan hal ini terjadi. Untuk itu cobalah mengecek pembaruan pada Play Store atau Apps Store untuk memastikan versi Instagram yang digunakan sudah mutakhir.

Dengan menggunakan versi terbaru, memungkinkan kamu takkan mendapatkan kesalahan. Dan sebagai saran, hindari aplikasi Instagram mod yang tersebar di internet, karena kebanyakan dari itu masih menggunakan versi yang lama dan juga tidak aman untuk digunakan.

3. Hapus Data Aplikasi Instagram

Menghapus Data pada aplikasi tidak akan mempengaruhi ke akun. Karena ini sama halnya menginstal ulang aplikasinya saja, sehingga nantinya kamu perlu masuk ulang ke akunnya.

Berikut ini tata cara menghapus aplikasi Instagram di ponsel Android:

  1. Buka Pengaturan.
  2. Klik menu Aplikasi.
  3. Ketuk pada Instagram.
  4. Kemudian ketuk tombol Hapus Data.

Setelah itu cobalah masuk kembali ke aplikasi Instagram. Apakah sekarang notif tersebut sudah hilang?

Jika menghapus data terlihat ribet, kamu juga bisa langsung menghapus aplikasi Instagram dan kemudian mengunduhnya ulang di Play Store atau Apps Store.

4. Atur DNS Pribadi pada Ponsel

Dibanding menggunakan VPN, Saya lebih menyarankan menggunakan DNS Pribadi. Kemungkinan fitur tersebut hanya tersedia pada Android Pie keatas. Jadi dengan memakai DNS Pribadi ini, memungkinkan kamu juga bisa membuka situs yang sedang diblokir ISP.

Untuk tata cara mengatur DNS Pribadi sudah pernah dijelaskan pada artikel Cara Mengatur DNS Pribadi di Android, silakan diikuti dan kemudian cek kembali pada aplikasi Instagram apakah kendalanya sudah teratasi atau masih tetap.

5. Pastikan Ponsel Tidak Membatasi Akses Jaringan

Terkadang di suatu ponsel terdapat aplikasi bawaan yang bisa digunakan untuk membatasi penggunaan jaringan terhadap aplikasi tertentu. Atau semacam mode penghematan data. Jadi pastikan kembali untuk mengecualikan aplikasi Instagram pada fitur tersebut.

Selain itu, pastikan juga kamu tidak sedang mengggunakan aplikasi sejenis firewall yang berhubungan dengan pembatasan koneksi internet terhadap suatu aplikasi.


Sementara itu dari kasus yang Saya alami, masalah seperti ini terjadi akibat kesalahan jaringan sementara. Namun telah teratasi setelah saya mengaktifkan DNS Pribadi. Sedangkan jika kendala ini terjadi pada ponsel yang telah diroot, maka saya sarankan untuk mengecek file Hosts pada ponselnya, karena memungkinkan terdapat pemblokiran server Instagram dari aplikasi lain.

Selain itu, masalah ini juga bisa saja terjadi akibat kendala internal dari server Instagram itu sendiri. Untuk memastikannya, silakan tanya ke teman atau kerabat di sekitar mengenai kendala ini. Jika sekiranya mereka mengalaminya juga, maka kamu hanya perlu menunggu saja sampai pihak Instagram menyelesaikan masalahnya.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment