≡ Menu

Cara Menambah Pengelola Akun pada Google Analytics

Cara Menambah Pengelola Akun pada Google Analytics

Google Analytics merupakan layanan statistik website yang disediakan gratis oleh Google. Statistik yang diberikan cukup akurat dan juga lengkap. itu meliputi halaman website yang diakses, jenis perangkat, lokasi, dan sebagainya.

Memantau statistik website bisa dilakukan dengan mudah. Selain itu, kamu juga bisa lho membagikan akses statistik tersebut kepada orang lain secara aman. Jadi mereka dapat mengetahui segala hal tanpa perlu cemas adanya perubahan.

Misalnya seperti seseorang yang hendak menjual situs webnya, dan calon pembeli ingin mengetahui terlebih dahulu detail statistik situs tersebut di Google Analytics. Jadi cara paling tepat adalah menambahkan akun pembeli ke akun statistik penjual dan membatasi beberapa tindakan supaya tetap aman.

Menambahkan Pengelola Akun di Google Analytics

Sebelumnya ketahui terlebih dahulu, bahwa ada 4 jenis perizinan yang dapat kamu berikan terhadap akun yang ingin ditambahkan. Secara default, itu diatur sebagai Baca dan Analisis yang mana akun tersebut hanya bisa melihat data statistik saja.

Sedangkan jika kamu mencentang keseluruhan 4 perizinan tersebut. Itu tandanya akses admin juga diberikan kepada akun yang ditambahkan. Jadi berhati-hatilah dalam mengaturnya, dan jangan sampai salah.

Berikut ini tata cara menambahkan pengelola akun di Google Analytics:

  1. Silakan buka situs web Google Analytics.
  2. Klik pada menu Admin dibagian bawah.

    Klik Menu Admin

  3. Setelah itu klik menu Pengelolaan Pengguna Akun.

    Klik Menu Pengelolaan Pengguna Akun

  4. Lalu klik tombol PLUS (Tambah) dibagian atas dan pilih Tambahkan Pengguna.

    Klik Tombol PLUS

  5. Kini kamu bisa mulai mengisi beberapa hal, dari alamat email akun yang ingin ditambahkan dan juga perizinan yang ditentukan.

    Menambah Pengelola Akun di Google Analytics

  6. Apabila sudah, klik tombol Tambahkan dibagian atas.

    Menambahkan Pengelola Akun pada Google Analytics

Suatu akun yang ditambahkan akan menerima email dari sistem Google Analytics berupa pemberitahuan dan juga tautan. Dan kamu dapat mengelola akun yang ditambahkan pada bagian Pengelolaan Pengguna Akun, seperti mengedit perizinan atau bahkan menghapusnya.

Baca juga: 3 Cara Melihat Total Pengunjung Website

Kesimpulan

Secara keseluruhan yang terpenting dalam menambahkan akun adalah memilih perizinan dengan benar. Tapi jika kamu ingin menjadikannya sebagai admin baru, maka mencentang seluruh perizinan tersebut adalah hal yang benar. Kecuali jika hanya ingin melakukan pengecekan statistik saja, maka cukup pilih perizinan Baca dan Analisis saja.

Jika ada yang ingin ditanyakan mengenai tata cara menambahkan pengelola akun di Google Analytics, silakan untuk berkomentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment