≡ Menu

Mengatasi “failed to create transaction” Ketika Mengirim Saldo Monero

Monero (XMR) adalah koin dengan jenis CryptoNight yang telah ada sejak lama, kurang lebihnya dimulai dari tahun 2014 dan sampai saat ini masih terus berkembang. Koin yang satu ini menonjolkan cara transaksinya, dimana pengirim dan penerima dapat melindungi privasi dengan baik, dan tidak seperti Bitcoin.

Dompet Monero juga tersedia untuk berbagai operasi sistem, baik itu di Android sekalipun. Proses mengirim atau menerima saldo juga terbilang mudah, hanya saja jika terdapat kendala, itu akan menjadi sesuatu yang membingungkan.

Seperti contohnya gagal dalam mengirim saldo dan muncul notif seperti berikut ini:

Error: Failed to find a way to create transactions. This is usually due to dust which is so small it cannot pay for itself in fees, or trying to send more money than the unlocked balance, or not leaving enough for fees

Hal yang seperti itu memang jarang sekali terjadi. Tapi apabila kamu mengalaminya, sebaiknya tenangkan pikiran terlebih dahulu. Sebab di artikel ini akan diberikan beberapa solusi untuk mengatasinya supaya kamu dapat mengirim saldo Monero dengan normal kembali.

Mengatasi failed to create transaction Ketika Mengirim Saldo Monero

1. Kurangi Jumlah Pengiriman

Barangkali kamu ingin mengirim seluruh saldo yang dimiliki, namun itu takkan bisa karena terdapat fee yang harus ditanggung pengirim. Jumlah fee yang dibutuhkan biasanya tidaklah tinggi, tapi itu tergantung dari seberapa besar saldo yang akan kamu kirimkan.

Jadi misalnya saat ini kamu memiliki 10 XMR, maka supaya transaksi berhasil, kamu bisa mengirim sekitar 9.8 XMR dan sisanya adalah fee. Jadi kesimpulannya, sisakan sedikit untuk fee kepada miner supaya transaksi berhasil dibuat.

2. Akibat Blockchain Height Tidak Sinkron

Kendala ini juga kerap terjadi apabila seseorang tidak sadar terhadap blockchain height yang tidak sinkron saat ini. Bisa saja local node bermasalah sehingga itu tidak lagi mendeteksi block yang baru. Jadi solusinya adalah me-refresh dompet.

Jika di terminal, kamu cukup menggunakan perintah refresh saat dompet terbuka dan kemudian ketika prosesnya berlangsung, silakan samakan block height saat ini di network Monero. Dengan begitu kamu akan bisa melihat actual balance atau saldo sebenarnya pada dompet.

3. Akibat Saldo Monero Masih Terkunci

Jika saldo masih terkunci, tentunya kamu takkan bisa mengirimkan itu kepada alamat manapun. Yang harus dilakukan hanyalah menunggu sampai saldo terbuka atau unlocked. Proses menunggu tidaklah lama, kurang lebihnya hanya 15 menit sampai maksimal 30 menit.

Saldo yang terkunci normalnya membutuhkan 10 konfirmasi, jadi kamu bisa melakukan track terhadap transksi ID yang terkunci itu dan menunggu sampai mendapat 10 konfirmasi. Lalu cobalah mengirim saldo Monero lagi, pasti kini akan berhasil.

Baca juga: Cara Mengirim dan Menerima Saldo Monero XMR

4. Coba Kirim Saldo Melalui WEB Wallet

Apakah saat ini kamu memakai local node? Jika iya, cobalah untuk menggunakan WEB Wallet. Itu disediakan langsung oleh tim Monero, jadi tidak perlu diragukan lagi tentang keamanannya. Alamatnya adalah berikut ini:

https://wallet.mymonero.com/

Lakukan impor dompet terlebih dahulu dan kemudian tunggu beberapa saat, setidaknya 10 menit sampai block height ter-sinkron. Lalu cobalah untuk mengirimkan saldo.

Menggunakan WEB Wallet sama halnya dengan memakai remote node. Dan selama node itu disediakan langsung dari official, maka takkan ada yang perlu dikhawatirkan, segala data akan aman, dan begitupula saldo.


Jadi itu saja beberapa solusi yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kendala gagal ketika mengirim saldo Monero. Secara normal, cara paling utama harusnya sudah dapat mengatasinya, karena dilihat dari error yang tampil, itu hanyalah kekurangan biaya fee saja. Tapi tidak ada salahnya juga mencoba cara selanjutnya apabila cara utama tidak berhasil.

Namun apabila semua cara diatas masih tidak berhasil untuk mengirimkan saldo. Saaya sangat menyarankan untuk menghubungi pihak Monero melalui forum Reddit atau Discord. Mereka selalu aktif disana dan tidak lama pertanyaanmu akan segera mendapat respon langsung dari tim Monero.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment