Pengalaman Mining Koin di Unmineable

Pengalaman Mining Koin di Unmineable

Unmineable adalah situs web yang menyediakan layanan pool mining terhadap banyak koin yang pada dasarnya tak bisa di-mining. Jadi bisa dipastikan sistemnya merupakan auto-exchange dari koin yang di-mining oleh sistem menuju koin yang sedang kamu pilih.

Contohnya kamu memilih koin TRX dan melakukan mining menggunakan algoritma Ethash. Jadi pada dasarnya sistem sedang melakukan mining ke koin Ethereum, namun nantinya ditukar ke TRX. Alias tidak langsung mining ke koin TRX.

Di artikel ini, saya ingin membagikan pengalaman dalam menggunakan layanan Unmineable untuk mining koin. Dan sepenuhnya tak ada maksud dalam mempromosikan layanan tersebut.

Pengalaman Menggunakan Unmineable untuk Mining Koin

Tersedia Banyak Koin untuk Dipilih pada Unmineable

Ada lebih dari 20 koin atau token yang bisa dipilih. Saya sendiri memilih untuk menggunakan TRX karena biaya pembayaran yang rendah dan juga harganya terbilang stabil. Seiring berjalannya waktu, koin/token yang disediakan terus bertambah.

Memilih koin yang tepat memang perlu, karena sebagian token harganya bisa naik kapan saja, sehingga pengguna akan mendapatkan keuntungan lebih dari sekedar mining. Tapi resiko juga tinggi apabila koin tersebut tiba-tiba harganya anjlok, sehingga pengguna harus holding sementara waktu sampai itu naik lagi sebelum menjualnya.

Inilah mengapa saya memilih untuk menggunakan token dengan harga yang terbilang stabil dan selalu menukarkannya 2 hari sekali untuk menghindari resiko harga anjlok tiba-tiba.

Tersedia Program Miner dan Intruksi Penggunaan

Unmineable menyediakan program miner GUI untuk Windows, sehingga pengguna bisa melakukan mining dengan mudah. Tetapi mereka juga menyediakan URL stratum apabila sekiranya pengguna ingin melakukan mining menggunakan program lain.

Saya sendiri menggunakan program lain karena terasa lebih cepat untuk mendapatkan share. Yakni memakai lolMiner pada algoritma Ethash. Dan XMRig untuk algoritma randomx.

Memilih program miner sangatlah penting untuk mendapatkan hashrate paling maksimal terhadap GPU atau CPU yang dipakai untuk mining. Walau perbedaan dari program lainnya hanya sedikit, tapi itu tak menjadi masalah selama hashrate tidak sampai terbuang percuma.

Statistik Realtime

Sama seperti pada pool kebanyakan, bahwa statistik hashrate yang ditampilkan tergantung dari seberapa sering program mining mendapatkan share. Jadi pengguna perlu menunggu beberapa saat sampai program mining mendapat share, dan setelah itu pasti total hashrate akan muncul pada statistik.

Hashrate Terkadang Tidak Akurat

Hal yang saya bingungkan dari Unmineable adalah terkadang tidak menampilkan statistik hashrate yang akurat. Walau memang benar sistemnya realtime dan kalkulasinya berdasarkan share, namun nyatanya hal ini juga dialami oleh banyak pengguna pada waktu itu.

Inilah yang membuat saya meninggalkan Unmineable untuk sesaat dikarenakan hashrate yang ditampilkan tidak akurat. Sebagai contohnya seperti ini, pertama-tama program mining mendapatkan share dan hashrate pada statistik Unmineable tampil 5Mh/s. Awalnya saya pikir itu sudah biasa untuk satu share, namun setelah mendapatkan beberapa share pada waktu dekat (tanpa ada reject share), tapi hashratenya tidak berubah dan menetap.

Normalnya ketika mendapatkan share dalam waktu dekat dengan pengaturan difficulty sama, akan membuat total hashrate meningkat, tapi setelah saya tunggu sampai 1 jam, hashratenya masih belum berubah. Dan parahnya lagi, hal ini mempengaruhi ke hasil mining, dimana rewardnya hanya berdasarkan statistik tersebut.

Sulit Menghubungi Layanan Support

Atas kejadian yang saya alami di Unmineable, maka saya berasumsi untuk menghubungi layanan support untuk memastikan kepada mereka bahwa sistemnya bermasalah karena tidak menampilkan statistik dengan benar, yang mana hal tersebut benar-benar merugikan apabila terus dilanjutkan.

Setelah saya menghubungi mereka melalui Email dan Twitter, namun sayangnya tak ada respon sama sekali. Di hari inilah saya langsung berhenti mengguankan Unmineable dan kembali mining di Nicehash.

Proses Payout Cepat dan Selalu Lancar

Kelebihan dari Unmineable adalah proses payoutnya yang sangat cepat. Pada dasarnya pengguna hanya perlu menunggu beberapa menit semenjak me-request pembayaran. Dan setelah itu pembayaran akan diproses dan tertera bukti transaksi ID.

Semenjak saya menggunakan Unmineable, tak ada masalah sama sekali terkait pembayaran, seluruh hasil mining dibayar tanpa ada saldo yang kurang sedikit pun.

Baca juga: Tips Mining Koin Kripto Supaya Hasil Maksimal

Akhir Kata

Itulah sedikit pengalaman saya dalam menggunakan Unmineable untuk melakukan mining koin. Kurang lebihnya 3 bulan saya menggunakan layanan tersebut sampai akhirnya mendapatkan masalah dan mulai meninggalkannya.

Entah apakah kedepannya Unmineable dapat berubah untuk memberikan layanan yang lebih baik lagi kepada penggunanya. Dan satu hal yang paling saya jengkelkan adalah tidak mendapatkan respon pada saat bertanya di Twitter, sementara orang lain bisa mendapatkan jawaban.

Jika kamu ingin membagikan pengalaman juga terhadap layanan Unmineable, maka tak ada salahnya untuk berbagi pada komentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.