≡ Menu

Cara Mengaktifkan Cortana pada Windows 10

Cortana merupakan aplikasi asisten pribadi cerdas yang tersedia untuk Windows 10. Layaknya aplikasi asisten yang lainnya, terdapat fitur-fitur menarik yang ada pada Cortana, seperti menyetel pengingat, mengenali suara secara alami, dan menjawab pertanyaan melalui informasi yang didapat dari Bing.

Saat ini Cortana hanya mendukung untuk beberapa negara saja dan belum tersedia untuk Bahasa Indonesia. Tapi kamu pun juga bisa menggunakannya dalam Bahasa Inggris. Dan jika sebelumnya kamu pernah mencoba fitur asisten di Windows Phone, seperti itulah kegunaan Cortana ini.

Secara default, Cortana akan langsung aktif apabila Bahasa pada komputer diatur sebagai US (Inggris). Namun apabila diatur sebagai Indonesia, pastinya Cortana akan dinonaktifkan akibat belum mendukung.

Tutorial Mengaktifkan Cortana di Windows 10

Apakah bisa mengaktifkannya meski pada Bahasa Indonesia? Jawabannya adalah bisa, akan tetapi Cortana tetap berjalan dari Bahasa yang telah diatur, sebagai contohnya adalah Inggris. Jadi nantinya segala aktivitas di Cortana hanya bisa dikontrol dengan Bahasa Inggris saja.

Berikut ini beberapa tahap untuk mengaktifkan Cortana:

  1. Silakan buka Windows Settings.
  2. Lalu klik pada menu Cortana.

    Klik Menu Cortana

  3. Pada opsi Language, pilih English (United States).

    Mengaktifkan Cortana di Windows 10

  4. Seketika ikon Cortana akan tampil di Taskbar.

    Cortana Siap untuk Digunakan.

  5. Klik ikon tersebut dan ikuti petunjuknya untuk mengaturnya lebih lanjut.

Selain dengan suara, Cortana juga bisa melakukan segalanya dari tulisan. Ini layaknya kamu mengggunakan fitur pencarian di Windows, dan kemudian Cortana akan menampilkan informasi sesuai yang diinginkan.

Jika apabila kamu ingin menonaktifkannya, cukup klik tombol Default Language pada halaman Cortana di Windows Settings. Dan setelah itu ikonnya pasti akan menghilang di taskbar.

Baca juga: Cara Mengubah Ukuran Ikon di Desktop dan Taskbar

Kesimpulan

Saat ini Cortana masih dalam tahap pengembangan untuk banyak bahasa. Sama halnya seperti BixBy (Samsung) yang sampai saat ini masih belum mendukung Bahasa Indonesia. Namun semoga saja Cortana segera mendukung Bahasa Indonesia nantinya.

Sementara itu Google Assistant sebenarnya juga bisa dipasang di Windows 10, hanya saja itu lebih ribet lagi karena harus memasang segalanya secara manual. Namun itu bisa menjadi pilihan yang terbaik apabila kamu membutuhkan aplikasi asisten dengan Bahasa Indonesia.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment