≡ Menu

Cara Membuat WiFi Hotspot di Windows 10

Cara Membuat WiFi Hotspot di Windows 10 untuk Berbagi Internet

Ada banyak cara untuk berbagi koneksi dari komputer ke ponsel. Bisa melalui kabel USB, bluetooth, atau hotspot. Sedangkan jika ingin berbagi ke banyak perangkat lainnya, tentu menggunakan hotspot adalah pilihan yang tepat.

Sama seperti di ponsel, pada komputer pun juga bisa membuat WiFi Hotspot untuk berbagi internet, dan yang diperlukan hanyalah adapter WiFi eksternal saja. Kecuali jika menggunakan laptop, maka tidak perlu memasang alat tambahan lagi.

Kamu juga tidak perlu untuk memasang program tambahan, karena pada Windows 10 sudah tersedia fitur untuk membuat Mobile Hotspot sederhana yang bisa diatur dengan beberapa klik saja.

Tutorial Membuat WiFi Hotspot di Windows 10

Fitur Hotspot pada Windows 10 sangatlah sederhana layaknya di ponsel, tapi pengguna bisa memilih jaringan WiFi untuk disebarkan ulang alias tidak terbatas dengan jaringan modem atau LAN. Jadi ketika komputer/laptop tersambung ke suatu jaringan WiFi, itu bisa disebarkan kembali dari Hotspot layaknya Akses Poin atau Repeater.

Berikut ini cara mudah membuat Hotspot di Windows 10:

  1. Silakan menuju Windows Settings.
  2. Klik menu Network & Internet.

    Klik Menu Network dan Internet

  3. Selanjutnya klik menu Mobile Hotspot.

    Klik Menu Mobile Hotspot

  4. Pada bagian Mobile Hotspot, klik tombol Edit.

    Klik Tombol Edit

  5. Isikan Nama/SSID WiFi dan juga passwordnya. Pada bagian Network band sebaiknya tetap diatur Any Available.

    Membuat WiFi Hotspot di Windows 10

  6. Jika sudah klik tombol Save.
  7. Sekarang hidupkan Hotspotnya.

    Menghidupkan Mobile Hotspot

  8. Selesai, kini Hotspot telah diaktifkan dan nama perangkat akan terdeteksi apabila ada yang tersambung.

    Cara Membuat WiFi Hotspot pada Windows 10

Keamanan Hotspot yang digunakan pada Windows 10 ini adalah WPA2-PSK, dan sayangnya itu tidak bisa diubah ke jenis keamanan yang lainnya. Selain itu, tidak ada batasan berapa total maksimal perangkat yang bisa tersambung.

Dari percobaan saya membagikan ulang koneksi WiFi 20Mbps ke beberapa perangkat, hasilnya memuaskan dan pembagian kecepatan internetnya juga bagus. Namun masih ada kekurangan, dimana ketika perangkat lain mengunduh file besar, maka kecepatan internet akan berdampak ke perangkat lainnya.

Baca juga: Solusi Hotspot Tidak Bisa Dihidupkan di Android

Kesimpulan

Fitur Hotspot pada Windows 10 lebih dikhususkan untuk penggunaan pribadi, karena tidak memiliki fitur untuk pembagian kecepatan. Jika kamu membutuhkan fitur yang lebih banyak, ada baiknya untuk memasang program pembuat WiFi Hotspot.

Dan satu tambahan lagi, yaitu fitur Mobile Hotspot pada Windows 10 tidak bisa diaktifkan apabila komputer/laptop tidak terhubung ke jaringan internet sama sekali. Jadi apabila kamu tidak bisa mengaktifkannya, penyebabnya adalah koneksi internet yang tidak tersedia pada komputernya.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment