≡ Menu

Solusi Mengatasi SEC_ERROR_UNKNOWN_ISSUER pada Firefox

Solusi Mengatasi SEC_ERROR_UNKNOWN_ISSUER pada Firefox

Jika di-total, ada banyak sekali jenis masalah yang bisa terjadi pada browser Firefox. Tapi kebanyakan dari itu sangat jarang sekali terjadi atau nyaris tidak pernah dialami. Jika pun terjadi, itu disebabkan karena setelan saja dan tentunya masih dapat diatasi.

Seperti munculnya notif “SEC_ERROR_UNKNOWN_ISSUER“, hal ini sangat jarang sekali terjadi. Dan apabila ini terjadi pada perangkat yang kamu gunakan, itu mungkin karena terdapat data sertifikat yang hilang (missing).

Apabila masalah ini hadir ketika kamu sedang melakukan testing terkait proxy, maka hal ini sangat normal terjadi. Itu disebabkan karena proxy tersebut membutuhkan sertifikat (SSL) yang terpasang untuk bisa mengakses situs berbasis HTTPS. Sedangkan jika kamu tidak sedang melakukan testing apapun, kemungkinan masalahnya terjadi akibat program lain, misalnya antivirus atau program pengelola proxy/VPN.

Tak usah khawatir, karena disini akan Saya bagikan beberapa solusi untuk mengatasinya. Silakan ikuti mulai dari solusi yang pertama.

1. Pasang Sertifikat di Firefox Secara Manual

Solusi yang pertama ini hanya dikhususkan bagi pengguna yang sedang melakukan testing proxy. Misalnya baru saja membeli proxy dan dipasang untuk mengakses ke suatu situs web, namun gagal akibat munculnya notif SEC_ERROR tersebut.

Jadi solusinya adalah memasang sertifikat dari proxy tersebut. Kamu bisa mendapatkannya dari layanan penyedia proxynya. Dan untuk memasangnya sangatlah mudah, cukup ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

  1. Buka Options pada Firefox.
  2. Pada kolom pencarian, silakan ketik Certificate.
  3. Kemudian klik pada tombol View Certificates.
  4. Pada tab Authorities, klik tombol Import.
  5. Sekarang cari dan pilih file sertifikat yang telah diunduh.
  6. Selanjutnya akan muncul dialog, silakan centang pada kedua opsi yang tampil, dan kemudian tekan tombol Import sekali lagi untuk menambahkannya.
  7. Selesai, sertifikat berhasil ditambahkan.

Setelah melakukan langkah diatas, cobalah untuk mengakses suatu website. Jika sertifikat yang ditambahkan benar, pastinya takkan muncul pesan kesalahan lagi di Firefox, dan bisa mengakses situs berbasis HTTPS tanpa ada kendala lagi.

2. Matikan Fitur HTTPS Scanning di Antivirus

Beberapa program antivirus seperti ESET, Avast, atau AVG memiliki fitur bernama HTTPS Scanning. Sebenarnya fitur itu memiliki niat atau tujuan yang baik untuk memastikan website yang dikunjungi benar-benar terpercaya.

Jadi ketika website yang kamu kunjungi sertifikat SSL-nya tidak terpercaya, maka antivirus akan memblokir akses ke website tersebut dan muncullah notif SEC_ERROR pada browser.

Untuk mengakalinya, kamu bisa menonaktifkan sementara fitur HTTPS Scanning pada antivirus selagi mengakses situs web tersebut. Atau apabila situs web tersebut dirasa benar-benar aman, silakan tambahkan pengecualian pada antivirus, supaya tidak ada lagi pemindaian ketika diakses.

3. Hentikan Proses dari Program Proxy/VPN

Siapa sangka jika kendala ini disebabkan dari program pengelola proxy atau penghubung ke jaringan VPN yang sedang kamu gunakan pada komputernya. Misalnya tidak sadar jika sedang mengaktifkan Proxifier, dan sejenisnya. Atau terjadi malfungsi terhadap program VPN yang berpengaruh ke jaringan internet yang digunakan.

Maka dari itu, cobalah untuk mengecek kembali proses dari program proxy/VPN apa saja yang sedang berjalan sekarang melalui Task Manager, dan kemudian hentikan.

Baca juga: Cara Menggunakan Tamper Data di Firefox Quantum

4. Instal Ulang Firefox

Jika ketiga cara diatas sudah dilakukan namun notif kesalahan masih muncul, Saya sangat menyarankan untuk melakukan instal ulang browsernya. Kemungkinan besar data sertifikat pada browsernya hilang, jadi seluruh website yang diakses tampak dari sertifikat yang tidak terpercaya, sehingga browser menolak untuk melanjutkannya.

Tentunya dengan menginstal ulang browser Firefox akan mengembalikan data sertifikat yang hilang tersebut.


Kesimpulannya, masalah dari munculnya kesalahan SEC_ERROR_UNKNOWN_ISSUER pada Firefox ini mengacu pada sertifikat (SSL) yang tidak dikenali. Kendalanya bisa disebabkan dari proxy yang digunakan, atau justru sertifikat pada browsernya hilang. Tapi dengan mencoba beberapa langkah diatas, Saya jamin masalahnya dapat teratasi.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment