≡ Menu

Cara Mengatasi Android Tidak Terdeteksi di ADB

Cara Mengatasi Android Tidak Terdeteksi di ADB

Peranan ADB (Android Debug Bridge) sangatlah tinggi terhadap ponsel. Itu bisa digunakan untuk melakukan banyak hal, seperti memasang atau menghapus aplikasi, mereset ponsel, atau bahkan melakukan flashing.

Mengecek perangkat terhubung atau tidaknya bisa menggunakan perintah adb devices. Namun ada kalanya ponsel tersebut tidak dapat terhubung. Entah itu muncul notif “unauthorizated” atau bahkan tidak muncul ponselnya sama sekali pada daftar.

Jika ID ponselnya tidak muncul sama sekali, maka Saya dapat memastikan bahwa kendala itu disebabkan karena driver ponselnya belum terpasang di komputer. Sementara itu jika kendalanya adalah muncul notif unauthorizated, maka berarti ponselnya belum mengkonfirmasi perizinan yang muncul diponselnya.

Solusi Ponsel Android Tidak Terdeteksi di ADB

Solusinya akan dibagi menjadi dua bagian sesuai kendala seperti Saya sebutkan diatas. Jadi silakan terapkan langkah-langkah dibawah ini sesuai dari kendala yang kamu alami.

1. ID Ponsel Tidak Terdeteksi pada ADB Devices

ADB Tidak Mendeteksi Perangkat Android

Seperti yang Saya jelaskan sedikit diatas bahwa masalah ini disebabkan karena driver ponsel yang belum terpasang. Jadi yang perlu kamu lakukan hanyalah memasang driver tersebut di komputernya.

Untuk mencari driver sesuai ponselnya bisa melalui Google atau situs resmi merk ponselnya. Atau kamu juga bisa mendapatkannya dari komunitas/forum yang membahas mengenai ponselnya, contohnya dari Grup Facebook.

Setelah driver berhasil dipasang, sangat disarankan untuk me-restart komputernya dan setelah itu coba lagi untuk mengecek perangkatnya pada ADB. Pasti kini sudah terdeteksi dengan baik.

2. Muncul Unauthorized pada ID Ponsel di ADB

Mengatasi Android Tidak Terdeteksi di ADB

Jika muncul “Unauthorized“, pastinya perintah ADB takkan direspon pada ponselnya. Itu karena ponselnya belum menyetujui perizinan ADB tersebut. Dan untuk mengatasi hal ini sangatlah mudah, silakan ikuti caranya berikut ini:

  1. Lepas kabel USB yang terhubung dari ponsel ke komputer.
  2. Lalu buka Pengaturan di ponsel.
  3. Ketuk menu Opsi Pengembang (Developer Mode).
  4. Gulir kebawah dan ketuk opsi Cabut otorisasi debug USB.
  5. Jika muncul dialog, ketuk saja opsi OK.
  6. Sekarang sambungkan lagi kabel USB-nya ke komputer.
  7. Pada komputer, ketik perintah dibawah ini untuk menghentikan ADB:

    adb kill-server

    Dan setelah itu gunakan perintah dibawah ini untuk memulai proses ADB dan mendeteksi ponsel:

    adb devices
  8. Maka akan muncul dialog konfirmasi pada ponselnya, silakan ketuk Izinkan.
  9. Selesai, kini ponselnya pasti telah terdeteksi di ADB.

Jika kamu berganti komputer lainnya, mungkin perlu untuk melakukan langkah diatas sekali lagi supaya nantinya ponsel dapat terdeteksi di ADB. Karena jika tidak mencabut otorisasi debug USB tersebut, maka dialog konfirmasi atau perizinan ADB takkan muncul di ponsel.

Baca juga: Cara Instal dan Uninstal Aplikasi Android Melalui ADB

Akhir Kata

Dari banyaknya kasus, kedua hal yang Saya sebutkan diatas tadi adalah masalah yang sering terjadi. Walau solusinya sedikit ribet, tapi setidaknya itu berhasil 100%.

Dan satu tambahan lagi, apabila sudah memasang driver yang sesuai namun ADB belum dapat mendeteksi ponselnya, silakan cek driver tersebut melalui “Device Manager” pada komputernya. Jika sekiranya muncul tanda seru berwarna kuning, silakan diperbarui driver tersebut supaya dapat berfungsi dengan baik.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment