≡ Menu

Cara Menampilkan Widget Kalender di Situs WordPress

Cara Menampilkan Widget Kalender di Situs WordPress

Semua orang yang baru saja mempelajari tetang WordPress pasti memiliki keinginan untuk mencoba-coba hal baru untuk menghiasi situsnya. Seperti menambahkan gambar pada tampilan awal, atau menampilkan suatu widget pada sidebar.

Jika kamu berkunjung ke suatu situs web, pasti kadang menemui adanya widget kalender. Sebenarnya itu juga bisa kamu buat sendiri pada situs WordPress yang kamu miliki. Karena fitur widget kalender sudah tersedia dari bawaan.

Di artikel ini akan dijelaskan bagaimana cara menampilkan widget kalendar pada sidebar. Dan cara ini bisa diterapkan pada situs WordPress.com maupun WordPress Self Hosted. Tutorial ini sangat dikhususkan bagi para pemula.

Tutorial Menampilkan Widget Kalender di WordPress

Pembuatan kalender secara manual mungkin akan membingungkan karena pengguna harus paham mengenai javascript. Tapi berbeda jika dilakukan secara otomatis, karena hanya sebatas drag and drop saja dan kemudian widget sudah muncul.

Silakan ikuti tutorial dibawah ini untuk mulai menampilkan widget kalender di websitenya:

  1. Masuk ke halaman admin (Dasbor) pada situsnya.
  2. Sorot pada menu Tampilan.

    Sorot Menu Tampilan

  3. Kemudian klik sub-menu Widget.

    Klik Submenu Widget

  4. Pada bagian Widget yang Tersedia, silakan seret Kalender ke kanan menuju Sidebar.

    Menampilkan Widget Kalender di Situs WordPress

  5. Setelah itu beri Judul sebagai Kalender dan klik tombol Simpan.

    Beri Judul

  6. Selesai, kini kalender berhasil ditampilkan pada Sidebar website.

    Kalender Berhasil Tampil pada Sidebar

Selain di Sidebar, kamu juga bisa menaruh Kalender di bagian bawah apabila tema mendukungnya. Dan selain kalender, kamu juga bisa menambahkan widget yang lain-lain, seperti Kategori, Galeri, Video, Teks, atau kode HTML.

Baca juga: Menyembunyikan URL WP-Admin dan WP-Login pada WordPress

Kesimpulan

Secara keseluruhan, kamu hanya perlu menyeret opsi kalender ke sisi kanan menuju Sidebar untuk bisa menampilkannya. Dan fitur kalender bawaan ini hanyalah berupa widget biasa. Jika kamu meng-inginkan widget kalender yang bisa menampilkan semacam acara, itu akan membutuhkan plugin tambahan.

Sampai disini tentunya kamu sudah berhasil memasang widget kalendar pada website WordPressnya. Apakah kamu memiliki pertanyaan mengenai tutorial diatas? Jangan ragu untuk menanyakannya pada kolom komentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment