≡ Menu

Cara Mengatur Sensitivitas Sentuhan Layar di Android

Sensitivitas sentuhan layar sangat mempengaruhi terhadap penggunaan ponsel. Dan mengaturnya dengan tepat pastinya akan menambah kenyamanan tersendiri, sehingga pengguna bisa betah terus untuk menggunakannya.

Perbedaan sensitivitas sentuhan pada layar kadang bisa dirasakan setelah menggunakan tempered glass atau semacam screen guard. Itu kadang terasa kurang sensitif, sehingga sulit untuk menggerakannya.

Untuk mengatasi hal tersebut, kamu hanya perlu mengatur sensitivitas sentuhan terhadap layar. Dan seluruh ponsel Android memiliki cara yang sama untuk melakukannya.

Mengatur Sensitivitas Sentuhan Layar Android

Fitur yang akan digunakan untuk mengaturnya adalah pointer speed, yang sejatinya digunakan untuk mouse. Namun pada kebanyakan ponsel, itu juga mempengaruhi terhadap sensitivitas sentuhan pada layar. Berikut ini caranya:

  1. Silakan menuju ke Pengaturan.
  2. Ketuk pada menu Bahasa dan Input.

    Ketuk Menu Bahasa dan Input

  3. Selanjutnya gulir kebawah dan amati pada bagian Kecepatan Penunjuk.

    Mengatur Sensitivitas Sentuhan Layar di Android

  4. Silakan geser ke kiri untuk menurunkan sensitivitas, dan geser ke kanan untuk meningkatkannya.

Setelah itu cobalah untuk merasakan perbedaan dari sebelumnya. Jika sensitivitas sentuhan terasa berbeda, berarti cara diatas berhasil diterapkan pada ponselnya. Sementara jika terasa tak ada perbedaan sama sekali, silakan lanjut ke cara berikutnya.

Mengaktifkan Sensitivitas Sentuhan Layar dari Fitur Bawaan Ponsel

Sebagian ponsel telah memiliki fitur bawaan untuk mengaktifkan sensitivitas sentuhan layar. Itu biasanya ada di Pengaturan > Tampilan. Berikut ini contohnya di ponsel Samsung.

Mengaktifkan Sensitivitas Sentuhan Layar di Pengaturan Samsung

Jika tidak ada di bagian Tampilan, cobalah untuk menggunakan fitur pencarian yang ada di pengaturan. Silakan cari dengan kata kunci “sensitivitas layar“. Apabila fiturnya memang tersedia, pastinya akan tampil menunya.

Baca juga: 2 Cara Kalibrasi Layar Sentuh Ponsel Android

Kesimpulan

Cara pertama diatas dapat diterapkan untuk semua ponsel Android, namun tidak menjamin bahwa itu akan berhasil untuk beberapa ponsel. Sementara itu untuk cara yang kedua hanya bisa diterapkan pada sebagian ponsel saja, dan pastinya terjamin berhasil.

Sebenarnya masih ada cara tambahan yang dikhusus untuk ponsel rooted, hanya saja itu sedikit beresiko, mengingat tidak seluruh ROM mendukungnya. Maka dari itu Saya tidak berniat untuk menambahkannya.

Jika kamu bertanya apakah kedua cara diatas aman atau tidak? Jawabannya adalah 100% AMAN. Karena ini hanya menyetel sensitivitas saja dan kamu pun masih dapat mengembalikannya ke semula apabila dirasa kurang nyaman.

Semoga bermanfaat dan Selmaat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment