≡ Menu

Cara Mengatasi Avast Antivirus Tidak Bisa Dibuka

Cara Mengatasi Avast Antivirus Tidak Bisa Dibuka

Avast dikenal sebaagi antivirus ringan untuk komputer Windows yang memiliki banyak fitur didalamnya. Ditambah lagi untuk pengguna premium yang membeli produk Avast Premier atau Internet Security, pastinya fiturnya akan lebih banyak guna untuk melindungi segala hal di komputer lebih ketat lagi.

Seperti antivirus yang lainnya, Avast kadang juga mengalami masalah yang terjadi secara tak terduga. Salah satu contohnya adalah tidak dapat membuka programnya. Kadang muncul notifikasi, dan kadang juga tidak sama sekali.

Jika kamu mengalami hal yang serupa, maka ada beberapa langkah yang bisa kamu ikuti guna untuk membuat antivirus tersebut berfungsi kembali. Tak perlu menuggu lama lagi, inilah beberapa solusi yang bisa kamu terapkan.

1. Restart Windows Explorer

Cara paling tercepat adalah cukup me-restart Windows Explorer. Ini bisa dilakukan melalui task manager. Jadi silakan menuju Task Manager dengan cara menekan tombol CTRL+SHIFT+ESC dan kemudian cari proses Windows Explorer.

Jika sudah ketemu, silakan klik kanan dan pilih opsi Restart. Setelah itu tunggu sekejap kurang lebihnya 1 menit, dan setelah itu cobalah untuk membuka Avast Antivirus kembali.

Restart Windows Explorer

Me-restart Windows Explorer juga bisa memulihkan ikon yang tidak muncul di toolbar atau taskbar akibat kesalahan sistem. Dan cara ini lumayan efektif apabila kamu tidak ingin me-restart komputer.

2. Restart Komputer

Jika me-restart Windows Explorer masih tidak bisa mengatasinya, kini cobalah untuk me-restart komputernya. Dan tentu saja cara ini sangat ampuh untuk mengatasi masalah sejenis ini, bahkan tak hanya untuk Avast saja.

Restart Explorer

Bisa jadi Avast memiliki kendala ketika hendak berjalan pada startup saat komputer booting, sehingga programnya tidak bisa dibuka atau muncul semacam notifikasi “Avast UI failed to load“.

Baca juga: Tutorial Memperbarui Antivirus Avast pada Komputer

3. Gunakan Fitur Repair di Avast Antivirus

Program antivirus ini telah dibekali dengan alat untuk memulihkan dirinya sendiri apabila terjadi semacam kesalahan internal yang menyebabkan programnya tak bisa bekerja seperti biasanya. Dan fiturnya pun tidak diakses dari dalam program Avast itu sendiri, melainkan melalui file uninstall.

Untuk mulai menggunakannya, silakan menuju Windows Settings > Apps, lalu klik tombol Uninstall pada program Avast. Dan selanjutnya pilih opsi Repair.

Mengatasi Avast Antivirus Tak Bisa Dibuka

Proses repair tidaklah lama, dan mungkin hanya sekitar beberapa menit saja. Dan apabila sudah selesai, silakan restart komputer dan kemudian coba buka Avast kembali. Dan cek apakah kini sudah dapat dibuka?

4. Lakukan Instal Ulang Program Sepenuhnya

Cara terakhir adalah melakukan instal ulang Avast secara penuh. Dan lakukan cara ini hanya apabila beberapa solusi diatas masih tidak membuahkan hasil. Untuk tata cara uninstallnya sangatlah mudah.

Silakan download Avast Uninstall Utility pada website Avast. Itu merupakan program yang khusus digunakan untuk melakukan uninstall penuh program Avast melalui Safe Mode. Cara penggunannya nyaris sama seperti mencopot suatu program, hanya saja nantinya komputer akan masuk ke safe mode guna untuk menghapus beberapa komponen Avast secara menyeluruh.

Dan setelah itu, silakan pasang lagi program Avast. Dan pastinya kini antivirus tersebut dapat dibuka kembali dengan baik. Kesempatan berhasil pada cara terakhir ini sangatlah tinggi, jadi sangat mustahil apabila masih gagal.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment