≡ Menu

Review Coinomi: Dompet Kripto yang Praktis

Review Coinomi: Dompet Kripto yang Praktis

Banyak sekali dompet kripto yang tersedia gratis saat ini, dan semua itu memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri didalamnya. Dengan bantuan dompet tersebut, kamu bisa menyimpan segala koin atau token dalam satu tempat, alias tidak perlu membuat banyak dompet untuk per koin.

Coinomi adalah salah satu dompet multi kripto yang menawarkan pengguna terhadap akses termudah dalam menyimpan koin di satu tempat. Coinomi mendukung banyak sekali jenis altcoin, sehingga kamu bisa langsung membuat alamat dompet sesuai koin yang dipilih.

Artikel ini akan me-review beberapa hal terhadap Coinomi. Dan pada akhirnya kamu dapat memutuskan ingin berganti atau membuat dompet kripto di Coinomi atau sebaliknya. Review ini dibuat berdasarkan pengalaman Saya selama ini memakainya.

Coinomi Mendukung Banyak Koin

Koin populer semacam Bitcoin, Litecoin, dan Ethereum juga tersedia di Coinomi. Ada 20 lebih koin dan beberapa token yang bisa dibuat dalam satu dompet Coinomi. Dan siapa tahu itu akan terus bertambah seiring jalannya waktu.

Coinomi Mendukung Banyak Koin

Seluruh koin yang didukung bisa dilihat pada halaman Supported Assets di website Coinomi.

Pembuatan dompet per koin juga bisa dilakukan dengan cepat, hanya membutuhkan beberapa klik dan kamu sudah bisa mulai menerima saldo dengan alamat dompet yang tertera di layar.

Dompet dengan Keamanan Ketat

Saat hendak membuka akun atau dompet di Coinomi, pengguna akan diminta untuk menyimpan semacam mnemonic phrase yang dipakai sebagai kunci akun tersebut. Pengguna diharapkan untuk menyimpan dengan baik kunci itu supaya tidak sampai kehilangan dompetnya.

Dan didalam aplikasinya juga memiliki fitur proteksi ganda berupa PIN atau Sidik Jari untuk membuka dompet. Sehingga tidak ada orang lain yang dapat mengakses aplikasi tersebut kecuali pemilik ponsel.

Proses Sinkronisasi Cepat

Saat membuka dompet, proses sinkronisasi akan langsung berjalan untuk memperbarui Block Height dan juga harga pada setiap koin. Dari pengalaman Saya ini berlangsung sangat cepat selama koneksi stabil.

Terdapat indikator berwarna hijau yang berarti koin tersebut telah ter-sinkron. Sementara jika masih merah, berarti proses sinkronisasi belum selesai dan silakan tunggu beberapa saat sampai berubah menjadi hijau.

Proses Sinkronisasi Cepat

Kadang proses sinkronisasi juga bisa memakan waktu sedikit lama apabila kamu memiliki banyak koin didalam satu dompet. Jadi tunggulah sedikitnya 2 menit pasti semua koin sudah ter-sinkron dengan baik.

Coinomi Tersedia untuk Banyak Perangkat

Sampai saat ini Coinomi dapat digunakan pada perangkat Android, iOS, Windows, Mac, dan juga Linux. Serta didalamnya memiliki tampilan yang nyaris sama, baik itu di perangkat ponsel ataupun komputer.

Mengenai tampilannya, menurut Saya sangat minimalis dan menu yang ditampilkan sangat rapi dan mudah untuk dipahami. Tapi hal bagusnya adalah sudah mendukung mode gelap. Jadi membuka dompet kapan saja meski pada malam hari tidak akan silau.

Layanan Support yang Responsive

Inilah yang membuat Saya betah menggunakan Coinomi sampai sekarang. Karena dompet kripto ini memiliki layanan support yang responsive, sehingga segala kendala pasti akan mendapatkan solusi dari mereka.

Dan ketahuilah bahwa Coinomi tidak memiliki akses ke semua dompet yang terdaftar. Jadi dompet yang kamu miliki, hanya kamu saja yang bisa mengelolanya. Jika pun kamu ingin mengeluarkan atau meng-export dompet per koin dari Coinomi ke dompet lainnya juga bisa, itu tersedia panduannya di website Coinomi.

Baca juga: Cara Percepat Proses Transaksi Bitcoin

Beberapa Pertanyaan Mengenai Coinomi

Ada beberapa hal yang umum ditanyakan terhadap Coinomi, dan disini Saya berusaha untuk membantu memberikan sedikit penjelasan untuk meredakan keresahan pengguna ketika memiliki kendala pada dompet.

Mengapa saldo koin tidak bertambah meski sudah dikirim?

Pastikan Block Height pada koin yang digunakan ter-sinkron dengan benar. Kamu bisa mencocokkannya dengan yang ada di Explorer Koin yang dipakai. Jika sekiranya Block Height tidak ter-sinkron dengan baik, silakan kontak layanan support Coinomi.

Block Height di Coinomi

Pada dasarnya Coinomi akan langsung memunculkan saldo apabila ada transaksi yang masuk, dengan syarat harus memiliki setidaknya 1 konfirmasi.

Mengapa saldo tiba-tiba menjadi nol?

Beberapa orang awam akan beranggapan bahwa saldonya hilang atau sebagainya. Padahal ini hanya masalah sinkronisasi saja. Bisa jadi kamu tidak sengaja menekan opsi ReSynchronize yang membuat dompet di-sinkronisasi ulang.

Sinkronisasi Ulang Saldo Dompet

Sementara itu saldo akan tetap aman. Kamu bisa melihatnya di explorer untuk memastikannya. Selama kamu menyimpan kunci (mnemonic phrase) secara aman, tidak ada yang perlu dikhawatirkan terhadap saldo yang dimiliki.

Kenapa tidak bisa mengirim saldo?

Kendala ini biasa ditemui apabila kamu sedang menggunakan aplikasi Coinomi versi lama. Untuk itu, silakan perbarui ke versi terbaru supaya bisa memulai untuk mengirimkan saldo koin tertentu.

Dan untuk beberapa hal, ini juga bisa disebabkan karena saldo yang dikirimkan sangat kecil sehingga tidak bisa memberikan fee yang sesuai untuk para miner.

Kenapa muncul tidak ada koneksi pada dompet?

Cek terhadap koneksi internet yang kamu gunakan. Apakah kondisinya stabil? Munculnya notif tidak ada koneksi atau “no connection” menandakan bahwa proses sinkronisasi belum dimulai.

Kamu juga bisa menggunakan layanan VPN untuk memastikan ISP yang dipakai tidak sedang memblokir server Coinomi. Banyak tersedia VPN gratis yang ada di Play Store ataupun Apps Store, cukup gunakan salah satu saja.

Akhir Kata

Coinomi merupakan dompet kripto yang profesional. Disini pengguna lah yang bisa mengelola dompet. Bahkan Coinomi takkan dapat mengakses ke dompet setiap penggunannya. Didalamnya juga terdapat fitur penukaran mata uang digital dari beberapa layanan populer sejenis Changelly.

Selama Saya menggunakan Coinomi, segalanya berjalan dengan baik. Adapun kendala yang kadang terjadi, namun itu jarang dan hanya masalah maintenance terhadap Block Height saja. Selain itu tidak ada kendala serius yang saya dapatkan selama ini.

Mungkin kedepannya akan lebih baik lagi jika Coinomi memberikan informasi semacam berita didalam aplikasi untuk mengetahui adanya koin yang mengalami maintenance, untuk mengurangi keresahan penggunanya.

Semoga bermanfaat

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment

Copy link
Powered by Social Snap