≡ Menu

Cara Mengaktifkan Clipboard di Windows 10

Cara Mengaktifkan Clipboard di Windows 10

Clipboard atau papan klip berguna untuk menyimpan berbagai teks atau gambar yang disalin untuk digunakan nanti. Dulunya untuk melakukan hal tersebut membutuhkan program tambahan, namun di Windows 10 telah tersedia fitur Clipboard bawaan yang mudah untuk digunakan.

Fitur ini memungkinkan kamu untuk menyimpan segala salinan teks ataupun gambar yang pernah dilakukan. Dengan begitu kamu takkan kehilangan salinan tersebut dan bisa digunakan lain kali. Tentunya ini sangat diperuntungkan bagi seseorang yang sering merangkum.

Secara default fitur Clipboard ini dimatikan di Windows 10, sehingga pengguna harus mengaktifkannya secara manual di pengaturan untuk menggunakannya. Dan berikut ini tata cara mengaktifkannya.

Cara Mengaktifkan Fitur Clipboard di Windows 10

  1. Klik START dan klik Settings (ikon roda gigi).
  2. Klik pada menu Systems.

    Klik Menu Systems

  3. Selanjutnya klik menu Clipboard.

    Klik Menu Clipboard

  4. Pada bagian Clipboard History, silakan aktifkan.

    Mengaktifkan Clear di Windows 10

  5. Selesai, kini Clipboard berhasil diaktifkan pada Windows 10.

Menggunakan Fitur Clipboard di Windows 10

Setelah mengaktifkannya, kamu bisa mencoba untuk menyalin suatu teks. Dan setelah itu klik tombol WINDOWS+V untuk menampilkan salinan teks yang pernah dilakukan sebelumnya.

Menggunakan Clipboard di Windows 10

Kotak dialog akan muncul dan menampilkan semua salinan teks seperti gambar diatas. Dan kamu bisa memilih salinan yang ingin digunakan dengan mouse atau bisa memilih lebih cepat dengan tombol arah panah di keyboard.

Opsi Clear All dibagian kanan atas berguna untuk menghapus seluruh salinan teks yang pernah dibuat. Dan terdapat pula fitur Pin untuk mengunci suatu salinan supaya tidak sampai terhapus ketika kamu menekan opsi Clear All.

Baca juga: 5 Program Clipboard Manager Terbaik untuk PC Windows

Menyinkronisasi Clipboard dengan Perangkat Lain

Kamu bisa menyinkronisasi salinan teks atau gambar pada clipboard ke komputer yang lain dengan cara masuk ke akun Microsoft yang sama. Jadi selama komputer sama-sama menggunakan Windows 10 dan masuk di akun Microsoft yang sama, maka Clipboard dapat disinkronisasi.

Tentunya untuk melakukan sinkronisasi ini membutuhkan akses internet. Dan sayangnya fitur ini hanya bisa diterapkan untuk sesama Windows 10 saja. Atau dengan maksud, Clipboard tersebut masih tidak bisa disinkronisasi langsung ke keyboard ponsel.

Sampai disini, apakah kamu sudah paham mengenai cara mengaktifkan dan menggunakan fitur Clipboard di Windows 10? Dan jika pun kamu mengalami kendala atau kesulitan pada langkah yang dijelaskan diatas, ada baiknya untuk berkomentar untuk mendapatkan solusi.

Semoga bermanfaat dan Selanat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment

Copy link
Powered by Social Snap