≡ Menu

Cara Cek Kecepatan Website Secara Akurat

Cara Cek Kecepatan Website Secara Akurat

Website yang dapat diakses dengan cepat memiliki kelebihan tersendiri di mata mesin pencari dan juga untuk para pengunjung. Maka dari itulah kecepatan website harus diprioritaskan sembari men-design tampilan halaman.

Kadang ada sebuah situs web yang sangat berat untuk diakses, dan bisa jadi hal tersebut akibat banyaknya resource yang termuat dalam satu waktu. Sehingga browser tampak kwalahan akibat koneksi yang tak memadai. Hal tersebut juga bisa di minimalisir dengan berbagai cara supaya lebih ringan.

Mengecek kecepatan website sebenarnya juga bisa dilakukan dengan bantuan developer mode yang ada di browser, mengatur simulasi koneksi menjadi cepat atau lambat. Tapi selain itu ada cara yang lebih mudah dan juga akurat, dan cara tersebut akan dibagikan pada artikel ini.

Cek Kecepatan Website Secara Akurat

Dibanding melakukan cek kecepatan secara manual yang membutuhkan waktu yang tidak sebentar, kamu bisa mengecek secara otomatis dengan bantuan alat pihak ketiga yang pasti hasilnya sangat akurat.

Selain cuma mengecek saja, kamu juga bisa membetulkan apa saja yang sekiranya membuat halaman tersebut susah untuk dimuat atau objek yang membebani, bisa jadi suatu gambar, script external, atau lain sebagainya.

1. Melalui Google PageSpeed Insights

PageSpeed Insights adalah fitur yang disediakan oleh Google sejak lama. Fitur tersebut dapat mengecek seberapa situs kamu dari nilai 0 sampai 100. Jika dibawah 50, tentunya situs web terbukti lambat dan harus segera dioptimisasi.

Untuk mulai mengeceknya, silakan menuju situs web PageSpeed Insights. Kemudian isikan kolom dengan URL situs web dan klik tombol Analyze. Tunggu prosesnya selesai dan nantinya akan muncul hasilnya.

Mengecek Kecepatan Situs Web dengan PageSpeed Insights Google

Fitur tersebut dapat mendeteksi kecepatan untuk perangkat ponsel maupun dekstop. Dan ada bagian bernama Opportunities, itu adalah saran untuk mempercepat situs web dengan mengikuti petunjuk yang diberikan.

Baca juga: 7 Manfaat Menggunakan Cloudflare untuk Website

2. Melalui GTMetrix

GTMetrix juga merupakan situs website yang cukup berpengalaman dalam mengecek kecepatan website. Hasilnya juga tidak jauh berbeda dengan PageSpeed Insights, hanya saja satu kekurangan dari GTMetrix adalah tidak mendukung perayapan perangkat ponsel.

Silakan menuju ke situs web GTMetrix dan masukkan URL situs kamu pada kolom, kemudian klik tombol Test Your Site dan tunggu proses analisa selesai. Dibagian PageSpeed dan juga YSlow akan muncul seberapa cepat situs kamu berdasarkan persentase yang ditampilkan.

Cek Kecepatan Website dengan GTMetrix

Serta dibawahnya terdapat petunjuk yang bisa kamu terapkan untuk mengurangi kecepatan website lebih baik lagi. Dan satu hal lagi, kamu bisa mendaftar di situs GTMetrix untuk dapat mengatur lokasi server pengecekkan website. Jadi misalnya server websitemu ada di Indonesia, maka silakan pilih server Asia pada setelan GTMetrix.

Saat ini memang ada banyak situs web untuk mengecek kecepatan website, namun kedua daftar diatas adalah yang paling akurat dalam menunjukkan data kecepatan dan juga petunjuk dalam meningkatkan situs web. Jika sekiranya kamu memiliki kendala saat melakukannya ataupun pertanyaan lain sesuai topik diatas, silakan untuk berkomentar

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment

Copy link
Powered by Social Snap