≡ Menu

Mengubah Browser Utama di Windows 10

Mengubah Browser Utama di Windows 10

Tanpa adanya browser (peramban), menjelajahi suatu website di internet akan terasa sulit. Saat ini sudah tersedia banyak sekali jenis browser yang bisa digunakan secara gratis. Beberapa dari itu memiliki keunggulan tersendiri yang tak dimiliki pada browser lainnya, sehingga salah satu dari itu yang akan membuat kita tertarik untuk menggunakannya.

Ada yang lebih nyaman menggunakan Firefox, Chrome, Opera, atau bahkan merk browser lainnya. Tentu itu tergantung dari selera masing-masing. Dan setiap orang pastilah memiliki yang namanya browser favorit, dimana browser tersebut lebih sering digunakan ketimbang yang lain.

Secara default di komputer Windows 10, browser utama diatur sebagai Microsoft Edge. Namun kamu memiliki hak untuk mengubahnya menjadi browser favorit. Sehingga ketika membuka sesuatu yang terkait dengan situs web, maka browser utama tersebut yang akan digunakan untuk membukanya.

Cara Ubah Browser Utama (Default) di Windows 10

  1. Klik START dan menuju Settings

    Menuju Pengaturan Windows 10

  2. Lalu klik menu Apps

    Klik Menu Apps

  3. Pilih menu Default Apps

    Klik Menu Default Apps

  4. Pada bagian Web Browser, silakan ubah dengan browser favorit.

    Ubah Browser Utama di Windows 10

Setelah mengubahnya, mulai sekarang apapun yang kamu buka dan terkait dengan situs web, akan langsung dialihkan ke browser utama yang telah diatur tadi.

Sebagian peramban kadang juga memiliki fitur untuk mengubahnya menjadi browser utama melalui Pengaturan. Contohnya pada Google Chrome yang terletak pada bagian Pengaturan Default Browser, begitupula pada Opera dan browser Chromium lainnya.

Baca juga: Opera GX: Browser Spesial untuk Gamer

Kesimpulan

Cara diatas hanya dikhususkan untuk Windows 10 saja. Sedangkan untuk versi Windows dibawahnya kemungkinan memiliki opsi atau menu yang berbeda. Selain hanya browser saja, pada bagian Default Apps di Windows 10 juga berguna untuk mengubah suatu program utama.

Contohnya seperti program Email, Peta, Pemutar Musik, Video, dan lain-lain. Dan apabila kamu ingin mengubah peramban utama menjadi semula (Microsoft Edge), cukup ikuti cari diatasi sampai langkah ke-3 dan kemudian pada Web Browser silakan ubah kembali sebagai Microsoft Edge.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment