≡ Menu

Cara Mencadangkan Data Ponsel dengan Samsung Cloud

Cara Mencadangkan Data Ponsel dengan Samsung Cloud

Mulai sejak tahun 2017, seluruh ponsel Samsung dimulai dengan OS Android versi 7 (Nougat) keatas akan mendapatkan fitur tambahan berupa penyimpanan cloud gratis sebesar 15 GB. Ini berguna untuk menyimpan beberapa hal seperti foto, video, dan lain-lain dengan aman.

Selain dipakai untuk melakukan sinkronisasi foto, fitur penyimpanan cloud tersebut juga berfungsi untuk mencadangkan data penting ponsel. Itu termasuk setelan, kontak, pesan, dan lain sebagainya. Sehingga jika kamu ingin me-reset ponsel, setelan sebelumnya masih dapat dipulihkan dengan bantuan fitur ini.

Jadi secara keseluruhan, fitur Samsung Cloud ini sangat berguna bagi kamu yang memiliki ponsel Samsung. Dan artikel ini akan menjelaskan bagaimana cara mencadangkan data ponsel ke Samsung Cloud dengan mudah.

Tutorial Cadangkan Data Ponsel ke Samsung Cloud

Secara umum pencadangan dilakukan secara otomatis oleh sistem setidaknya seminggu sekali. Tapi sebenarnya kamu dapat melakukannya secara manual dan menyeleksi jenis data apa saja yang akan dicadangkan nantinya. Silakan ikuti caranya berikut ini:

  1. Buka Pengaturan dan menuju menu Akun dan Pencadangan

    Memilih Menu Akun dan Pencadangan

  2. Kemudian ketuk pada Pencadangan dan Pemulihan

    Menuju ke Menu Pencadangan dan Pemulihan

  3. Untuk mulai mencadangkan, ketuk menu Data Cadangan

    Mengetuk Menu Data Cadangan

  4. Sekarang pilih data apa yang ingin dicadangkan

    Menyeleksi Data yang Akan di Cadangkan ke Samsung Cloud

  5. Dan kemudian lanjutkan menekan tombol Cadangkan dibagian bawah.

    Ketuk Tombol Cadangkan
    Proses Mencadangkan Data ke Samsung Cloud

Setelah itu tunggu hingga prosesnya selesai. Ini hanya membutuhkan waktu beberapa menit, namun itu juga tergantung dari besarnya data pada ponselnya. Jika total data yang hendak dicadangkan ratusan MB, tentunya itu akan membutuhkan waktu yang sedikit lama.

Baca juga: Apa Itu Samsung Pass dan Bagaimana Cara Kerjanya

Memulihkan Data Cadangan

Jika kamu baru saja mereset ponsel, tentunya setelan, kontak, dan lain-lain sebelumnya akan menghilang. Tapi dengan memulihkan data cadangan, akan membuat ponsel kamu kembali seperti semula.

Caranya sangatlah mudah, cukup ikuti cara diatas sampai langkah ke-2 dan kemudian pilih menu Pulihkan Data. Lalu ketuk tombol Pulihkan dan tunggu prosesnya sampai selesai.

Mengetuk Tombol Pulihkan

Untuk proses pemulihan, ini mungkin membutuhkan waktu yang lebih lama, karena aplikasi yang dicadangkan sebelumnya akan diunduh ulang. Jadi pastikan koneksi internet stabil untuk membuat prosesnya lebih cepat.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment

Copy link
Powered by Social Snap