Tips Supaya Kiriman di Facebook Tidak Dianggap SPAM

5 Tips Supaya Kiriman di Grup Facebook Tidak Dianggap SPAM

Untuk sekarang ini, Facebook tidak hanya dipakai untuk berkomunikasi sesama teman saja. Tapi juga dipakai untuk melakukan hal yang lebih daripada itu. Contohnya seperti berjulan dan membagikan produknya di grup yang membahas dengan topik yang sama.

Namun sebuah akun Facebook juga banyak disalah gunakan dalam melakukan promosi di grup yang mana sistem Facebook akan menganggapnya sebagai tindakan SPAM. Dan sistem Facebook sangat benci terhadap hal yang berbau otomatis, apalagi menganggu kenyamanan pengguna lain.

Sebenarnya untuk mencegah supaya kiriman tidak dianggap sebagai sampah oleh sistem sangatlah mudah. Yaitu tidak berlebihan dalam membagikannya. Dengan maksud adalah melakukan promosi dengan cara yang sehat. Dan berikut ini beberapa tips yang bisa dipelajari.

Baca juga: Cara Mencari Kiriman Orang di Grup Facebook

1. Tidak Perlu Menggunakan Bantuan Pihak Ketiga

Memakai bantuan pihak ketiga dalam mengirimkan postingan di banyak grup dalam waktu sekaligus bukanlah cara yang bagus untuk berpromosi. Memang dengan cara ini pengguna bisa merasakan bahwa terdapat tindakan lebih banyak, tapi tidak lama kemudian kiriman akan ditandai sebagai spam secara otoamtis oleh sistem.

Dan parahnya lagi, akun kadang akan diblokir sementara sehingga tidak dapat membagikan kiriman lagi sampai waktu yang ditetapkan. Dan apabila pengguna terus melanggar kebijakan Facebook terkait hal ini, akun dapat ditumbangkan suatu saat atau dengan maksud diblokir permanen.

2. Jangan Mengirimkan ke Banyak Grup dalam Waktu Dekat

Tak masalah jika membagikan kiriman kedalam “dua” grup dalam waktu dekat. Tapi jangan melakukan hal ini lebih dari “lima” grup, sebab tindakan itu tidak akan ditoleransi oleh sistem dan akan langsung dianggap sebagai postingan tidak berguna.

3. Selalu Menggunakan kalimat yang Sama

Sekali kiriman ditandai sebagai SPAM, maka sistem akan mengingat kalimat yang pengguna lontarkan tersebut. Sehingga jika pengguna mengirimkan lagi atau bahkan orang lain yang melakukannya, itu akan tetap saja.

Cara untuk terhidar dari algoritma ini adalah mengetik setiap kiriman secara manual dan pastinya dengan kalimat yang berbeda dari sebelumnya. Akan lebih bagus jika pengguna membuat posting yang berbeda-beda pada setiap grup.

4. Kemungkinan Tautan Telah Masuk ke Daftar Hitam Facebook

Sistem Facebook dapat mendeteksi secara rinci terhadap link atau tautan yang pengguna bagikan. Bahkan tidak hanya digrup saja, tapi jika pengguna bagikan di status pun juga akan ditandai sebagai SPAM.

Tak ada solusi untuk masalah ini selama tautan itu diblokir oleh Facebook, maka segala kiriman yang mengandung link tersebut tidak akan diterima. Sehingga jika pengguna mencoba membagikannya di grup, sangat besar kemungkinan kiriman tersebut akan terdeteksi dan segera dihapus oleh pengurus grup.

Baca juga: Cara Menyimpan Kiriman di Facebook

5. Menerapkan Tehnik Menyimpan Kiriman

Untuk apa melakukan posting terus-menerus di grup Facebook apabila pengguna bisa membuat kiriman itu seolah baru dibagikan. Dan caranya sangat mudah, yakni pengguna hanya perlu menyimpan kiriman tersebut dan untuk membuatnya diposisi atas grup, cukup komentari sendiri.

Pengguna bisa mengomentari dengan kata “up” atau “bump” atau terserah. Karena setiap komentar yang hadir, akan membuat kiriman tersebut merambat di posisi teratas. Sampai saat ini hanya tehnik ini yang paling aman dari pendeteki SPAM di Facebook.

Kesimpulan

Facebook tidak akan menganggap kiriman sebagai tindakan yang salah selama pengguna melakukan promosi di grup-grup yang terkait dengan produk yang dibagikan. Dan biasanya setiap grup juga memiliki peraturan tersendiri dimana tidak diperbolehkan jual-beli dan sebaiknya pengguna harus menaati peraturan tersebut untuk melancarkan promosi.

Sebab jika pengguna melanggar ketentuan yang dibuat oleh pengurus grup. Besar kemungkinan banyak anggota yang akan melaporkan kiriman itu ke Facebook dan ini berdampak pada akun.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

28 comments
  1. Kak..Knpa Yasa setiap jualan postingan saya jarang orang liat apakah FB sy Kena spam juga?
    Dan sekarang saya mau join ke grup Dagang yang lain “Maaf terjadi masalah..silahkan coba lagi”

    1. Dari banyaknya kasus, hal seperti ini memang dapat terjadi gan. Itu karena kemungkinan agan melakukan tindakan postingan yang terlalu cepat dari batasan normal sehingga sistem Facebook menganggap itu sebagai aktivitas yang tidak wajar. Tapi untuk memastikannya lagi, silakan coba buka grup tersebut memakai akun Facebook yang lain, misalnya punya teman atau kerabat dirumah hanya untuk memastikan.

      Biasanya masalah ini akan normal dengan sendirinya seiring jalannya waktu, tapi kemungkinan maksimal adalah sekitar 1 minggu.

    1. Benar gan, agan hanya perlu menunggu setidaknya beberapa hari atau maksimal 1 minggu supaya tindakannya tidak dianggap spam lagi oleh sistem. Dan sebagai saran, jangan mem-posting terlalu cepat di suatu grup, atau bahkan ke banyak grup sekaligus, sebab hal tersebut akan menyebabkan kendala ini terjadi.

  2. Dari tanggal 8 Januari 2021 FB saya kena spam. “Anda tidak dapat menggunakan fitur ini sekarang” kami membatasi seberapa sering anda dapat memposting,berkomentar,atau melakukan hal hal lain dalam jumlah waktu tertentu. Guna membantu melindungi komunitas dari sepam.anda bisa mencoba lagi nanti.

    Kalo seperti itu gimana solusinya kak?? Mohon info n bimbingnnya🙏

    1. Dikarenakan agan melakukan suatu tindakan secara terus-menerus, maka sistem memblokir sementara terhadap tindakan tersebut. Tak perlu khawatir, agan hanya perlu menunggu beberapa hari saja dan kemudian fitur atau tindakan tersebut akan bisa digunakan kembali.

  3. Bang kenapa ya setiap saya live di akun toko saya,viewer nya naik nya lama. Apakah akun toko saya terkena spam atau tidak yaa. Bagaimana caranya supaya saya tau akun saya terkena spam atau tidak nya

    1. Untuk aktivitas live streaming, saya lebih menyarankan untuk menggunakan akun Halaman. Karena setiap pelanggan akan diberikan notifikasi apabila agan sedang melakukan live streaming. Jika sekiranya live streaming tersebut terindikasi spam, tentunya agan akan mendapatkan notifikasi dari Facebook untuk menyelesaikan masalahnya. Namun selama tidak menerima notifikasi tersebut, segalanya normal.

    1. Ada berbagai metode untuk menaikkan viewer live streaming di Facebook. Salah satunya adalah melakukannya pada sebuah halaman (fanspage) dan kemudian membagikan tayangan live stream tersebut ke suatu grup.

    1. Secara umum notifnya masih ada, namun jika beberapa teman tidak menerima notifikasi live stream tersebut, kemungkinan besar mereka sedang tidak mengaktifkan notifikasi terhadap video. Itu berada pada bagian Pengaturan > Notifikasi > Video.

    1. Coba logout/keluar dari akunnya kemudian masuk lagi. Biasanya kendala ini disebabkan dari cache aplikasi/browser. Atau bisa juga untuk mencoba buka pengatura grup pada komputer/laptop.

  4. Gan, saya kan admin dan telah mensetting setiap postingan harus disetujui admin. Apakah jika admin menolak yg memposting tahu kalau postingannya ditolak? Terimakasih.

    1. Anggota tidak akan mendapatkan pemberitahuan jika postingannya ditolak, namun anggota akan menyadarinya ketika tidak ada notif postingan yang menunggu persetujuan saat membuka grup.

  5. Gan, istri saya aktif live di grop jual beli dan setiap live saya dan teman saya sllu membagi kan postingan nya kr banyak group, akhir” ini dapat notif dari fb postingan istriku gak bisa di liat siapa pun karena spam, solusi nya kira kira gimana ya agar bisa normal. Lagi
    Maksh gan

    1. Kadang Facebook menampilkan pemberitahuan kapan tepatnya (waktu) batasan itu berakhir. Bisa seminggu atau sebulan, tergantung seberapa sering akun tersebut mendapatkan peringatan. Namun jika ini pertama kali, kemungkinan cukup menunggu 1 minggu pasti normal.

  6. Gan saya posting jualan di grub tapi muncul ”penawaran ini mungkin melanggar peraturan kami” padahal saya baru pertama memosting di grub tersebut dan jualan saya barang positif dan tidak berbahaya..

    Kira2 kenapa ya dan sampai kapan bisa spam tersebut hilang?

    1. Bisa jadi agan pernah melakukan hal serupa sebelumnya di grup yang berbeda sehingga aktivitas itu dianggap spam. Cobalah untuk mengubah kalimat dan juga gambar apabila ingin posting di banyak grup.

  7. Gan difacebook saya muncul tulisan
    “Anda tidak dapat menggunakan facebook sekarang. Kami sedang meninjau pengiriman anda”

    Kira2 bisa pulih gak ya?

    1. Sepertinya akibat terlalu sering membagikan link situsnya gan. Karena itu bisa berpotensi spam. Akan lebih baik membagikan link artikel hanya pada halaman/fanspage saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *