Cara Membatasi Kecepatan Internet Modem Di Windows

Bandwidth Meter

Internet di indonesia ini sudah menjadi populer sejak terlahirnya social media bermacam-macam dari facebook, friendster, hingga twitter, bahkan sekarang ada banyak yang lebih bagus lagi dan akan terus bertambah seiring jalannya waktu. Di dalam hal yang modern ni pastilah kita ingin menghemat supaya tidak kelabakan jika sudah kehabisan sesuatu tidak lain yaitu kuota internet. Kuota sudah menjadi bahan pokok untuk menimati internet dengan kecepatan tersendiri dengan maksud tergantung dari provider yang dipakai pengguna. Ada yang membagikan paket unlimited namun jatah kecepatannya dibatasi FUP, ada juga yang tidak membagikan paket unlimited yang secara kesuluruhan kecepatannya diberikan maksimal.

Jika pengguna ponsel mungkin tidak terlalu bermasalah terhadap kuota karena pengeluaran data tidak terlalu banyak, karena dengan signal edge saja, diponsel sudah lumayan cepat setara normal penggunaan. Namun dikomputer (modem) pasti pengeluaran data sangat banyak yang menimbulkan kuota cepat habis secara tidak sadar. Bisa jadi browsing terlalu kencang, atau mengunduh sesuatu yang berukuran besar atau streaming jelas itu bukan pertanyaan. Jadi diartikel ini akan Saya bagikan tata cara untuk membatasi pegeluaran tersebut yang bisa menghemat kuota (bandwitdh), meskipun menggunakan WCDMA, atau LTE. Berikut tata caranya silahkan lihat dibawah ini. (Berlaku untuk koputer Windows).

  1. Pertama silahkan klik tombol start dan ketikan gpedit.msc dan klik ENTER
  2. Maka akan muncul popup, dibagian kanan silahkan menuju menu ini Computer Configuration => Administrative Templates => Network => QoS Packet Scheduler.
  3. Lalu akan tampil sekitar tiga menu silahkan klik dua kali pada menu Limit Reservable bandwidth
  4. Silahkan klik Enable dan dibawahnya akan terdapat persen (%) silahkan pilih 50%. Atau sesuai keinginan. Lebih besar maka lebih kecil pengeluaran data.
  5. Jika sudah silahkan restart PC dan cobalah melihat statistik, pasti berbeda dari sebelumnya.

Hanya dengan sedikit cara diatas sudah bisa mengubah kecepatan maksimal saat browsing, download, maupun upload. Untuk mematikan cukup klik Disable pada menu Limit Reservable bandwidth tadi. Cara ini terbukti aman untuk digunakan dan tidak berpengaruh pada apa-apa kecuali kecepatan internet saja. Sesuai pengalaman Saya, lebih baik cara ini digunakan untuk modem yang menggunakan koneksi 3G keatas, karena jika hanya jaringan edge, maka akses internet akan semakinlambat, ini dari pengalaman Saya sendiri.

Sebenarnya ada software untuk mengedit kecepatan bandwidth, namun seperti yang Saya ketahui, fungsinya juga sama saja seperti cara diatas tadi. Jadi lebih baik menggunakan cara ini supaya storage space tetap banyak dan tidak kebanyakan software. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan komentar. :mrgreen:

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

9 comments
  1. Maaf om,pemula mau cerita dan tanya boleh y om..
    Kan ane punya wifi dr indihome om,nah itu kan komputer ane make lan sisanya teman ane make wifi..ketika ane main game online ane lag bgt klo ada yg buka youtube gtu om,tp klo browse biasa ga lag..
    Nah klo gitu cara bagi keceptannya biar ane ga lag gmn y om?mohon bantuannya dan makasih om.

    1. Kurang tau Saya jika soal pembagian data koneksi WiFi, soalnya masih jarang ditemukan firmware untuk melakukan opsi itu, kecuali jika difilter pasti bisa membatasi siapa saja yg bisa menggunakan WiFi tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.