≡ Menu

Cara Mengubah File Word Menjadi Gambar JPG

Cara Mengubah File Word Menjadi Gambar JPG

Word memiliki banyak jenis format untuk menyimpan dokumen yang dibuat. Dan kebanyakan orang memilih untuk menyimpannya sebagai DOC, DOCX, atau PDF. Namun dari semua pilihan yang ada, tidak ada satu pun opsi untuk menyimpannya sebagai file gambar.

Cara paling mudah untuk membuat dokumen menjadi gambar adalah menggunakan fitur screenshot yang ada di Windows. Yakni cukup menekan tombol WINDOWS+SHIFT+S dan nantinya opsi untuk mengambil gambar di layar akan muncul.

Tapi terdapat batasan dari menggunakan fitur screenshot tersebut yang mana mengakibatkan teks terputus apabila dokumen terlalu panjang. Sementara itu ada cara lain yang lebih effisien untuk menjadikan dokumen ke gambar JPG/PNG dengan mudah. Dan cara tersebut akan dibagikan disini.

Mengubah File Dokumen Word Menjadi Gambar JPG

Program yang akan digunakan untuk mengubah word menjadi gambar adalah Microsoft Paint. Itu merupakan program bawaan Windows. Meski itu adalah program untuk mengedit gambar, tapi juga dapat melakukan cara ini, dan pastinya sangat mudah.

  1. Buka dokumen pada Word.
  2. Tekan tombol CTRL+A untuk menyeleksi seluruh teks.

    Menyeleksi Seluruh Teks di Word

  3. Kemudian tekan tombol CTRL+C untuk menyalinnya.
  4. Sekarang buka program Paint.

    Buka Program Paint

  5. Klik opsi Paste.

    Klik Opsi Paste di Paint

  6. Seluruh teks dan gambar pada dokumen akan muncul. Silakan cek terlebih dahulu.

    Ubah Word ke JPG dengan Paint

  7. Jika dirasa sudah benar, silakan klik opsi File, lalu Save As, dan pilih sebagai JPEG Picture.

    Mengubah File Word Menjadi Gambar JPG

File dokumen telah berhasil diubah menjadi sebuah gambar. Dan ukuran gambar pun akan menyeuaikan dari banyaknya teks yang ada didalam dokumen. Jadi jika teks terlalu panjang, maka ukuran atau resolusi gambar pun juga akan memanjang.

Meski pun gambar memanjang kebawah, tapi teks akan masih dapat terbaca dengan baik. Dan kamu juga bebas untuk memotong gambar tersebut apabila ingin dipisah menjadi beberapa bagian. Apabila ingin memisah gambar, gunakan fitur Crop yang ada di Paint.

Ubah Word ke JPG Secara Online

Apabla menurut kamu cara utama diatas terlalu ribet, mungkin menggunakan cara yang satu ini akan terasa praktis. Karena dengan melakukannya secara online, kamu hanya perlu melakukannya dengan beberapa klik saja.

Berikut ini cara mengubah Word ke JPG Secara online:

  1. Silakan buka situs web PDFConverOnline.
  2. Setelah itu drag & drop file dokumen ke website tersebut.
  3. Tunggu proses upload dan konversi sampai selesai.
  4. Jika sudah selesai, hasil file akan muncul di bagian Conversion Results.

Secara default hasil file dikompres sebagai ZIP (file arsip). Kamu juga bisa mengaturnya supaya langsung muncul sebagai hasil gambar dengan mengubah dibagian Settings, tepatnya di opsi After Conversion dan pilih sebagai Do Nothing.

Situs tersebut juga menyediakan opsi selain JPG untuk format gambarnya, dan tersedia pula opsi untuk memotong gambar secara otomatis per halaman pada dokumen, silakan atur sesuai kebutuhan.

Baca juga: Cara Membuka File CSV pada Excel Agar Tidak Berantakan

Kesimpulan

Dari kedua cara diatas, tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Cara pertama memiliki kekurangan dalam proses konversi yang tergolong lambat, akan tetapi kelebihannya adalah file dokumen akan tetap aman.

Sementara itu cara kedua memiliki kelebihan dalam meng-konversi, dimana itu bisa dilakukan dengan cepat menggunakan berbagai opsi yang disediakan. Namun kekurangannya ada pada privasi dokumen yang saya rasa tidak aman, karena telah diunggah ke server website tersebut. Walau pun website itu terpercaya, namun jika file dokumen terlalu penting, silakan pikir-pikir terlebih dahulu.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment