≡ Menu

Begini Cara Melaporkan Grup Facebook yang Mengganggu

Sebuah grup Facebook bertujuan untuk membangun komunitas terhadap sesuatu yang sesuai dengan minat seseorang. Sehingga mereka dapat berkomunikasi dan menjalin hubungan lebih erat terhadap minat yang sama. Namun tidak semua grup tampak seperti itu.

Adapun sebuah grup yang hanya didirikan untuk menyebarkan hal-hal yang menganggu. Contohnya adalah unsur berita palsu, kalimat sara, penipuan, dan lain-lain. Tentunya jenis grup yang seperti itu telah melanggar ketentuan atau standar komunitas Facebook dan beresiko dihapus.

Apabila kamu menemukan grup semacam itu, kamu bisa melaporkannya ke Facebook untuk ditinjau. Selama grup itu benar melanggar ketentuan, pastinya Facebook tidak segan akan langsung menghapusnya dan takkan dapat diakses lagi.

Bagaimana Cara Melaporkan Grup Facebook yang Mengganggu?

Dengan melaporkan grup yang melanggar ketentuan Facebook, kamu telah membantu banyak orang terhadap konten negatif yang ada didalamnya. Dan sehubungan banyaknya pengguna menggunakan perangkat ponsel, tutorial dibawah ini bisa dilakukan melalui aplikasi Facebook di ponsel.

  1. Buka grup yang akan dilaporkan.
  2. Ketuk tombol opsi titik tiga dibagian kanan atas.

    Ketuk Opsti Titik Tiga

  3. Akan muncul dialog, pilih opsi Laporkan.

    Pilih Opsi Laporkan

  4. Selanjutnya pilih jenis pelanggaran yang ada di grup tersebut.

    Memilih Jenis Pelanggaran Grup

  5. Kemudian ketuk opsi Laporkan Grup.

    Melaporkan Grup Facebook yang Mengganggu

  6. Selesai, kamu berhasil melaporkannya.

    laporan Berhasil Dikirimkan

Suatu saat kamu akan mendapatkan pembaruan dari Facebook apakah grup tersebut benar melanggar atau tidak. Jika pun melanggar, pastinya akan langsung dihapus dari sistem dan semua orang termasuk admin grup tersebut takkan dapat mengaksesnya lagi.

Apakah Grup Facebook yang Dihapus Masih Bisa Aktif Kembali?

Jawabannya adalah TERGANTUNG. Sebab admin grup masih dapat melakukan banding terhadap grup tersebut. Namun kesempatan untuk membuat grup tersebut aktif kembali sangatlah kecil dan nyaris mustahil.

Kecuali jika terdapat kesalahan teknis yang membuat grup tersebut dihapus tanpa adanya unsur yang jelas, maka dengan melakukan banding pastinya grup itu akan dapat hidup lagi.

Baca juga: Cara Mencari Kiriman Orang di Grup Facebook

Kesimpulan

Grup publik ataupun privasi yang melanggar dapat dilaporkan ke Facebook untuk ditinjau lebih lanjut. Namun pastikan juga bahwa kamu tidak menyalahgunakan fitur untuk melaporkan ini. DAn segala laporan biasanya akan mendapatkan respon dalam beberapa hari, paling cepat adalah 24 jam.

Jika kamu merupakan seorang admin grup, ada baiknya untuk dibuat peraturan untuk mencegah terjadinya pelanggaran. Misalnya anggota tidak boleh mengunggah konten berbau sara atau menggunakan kata-kata kotor/terlarang. Dengan begitu, grup akan aman dan tidak sampai dihapus oleh Facebook.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment